Tech

Tips, 3 Langkah Backup Foto ke Google Photo di Smartphone dan Desktop

14

Backup Foto ke Google Photo di Smartphone, Bagi Anda yang suka berfoto menggunakan smartphone, pasti sudah terbiasa dengan layanan cloud Google, yaitu Foto.

Saat ini, penyimpanan menggunakan data awan rasanya lebih aman, karena biasanya perusahaan komputer tidak memberikan peluang bagi orang luar untuk mengakses data yang disimpan awan.

Tidak hanya itu, media penyimpanan eksternal suka kartu memori, perangkat keras, dan SSD (solid state drive) bahkan rentan terhadap kerusakan.

google foto komputer Tips, 3 Langkah Backup Foto ke Google Photo di Smartphone dan Desktop
Cara Backuo google foto di komputer

Selain menawarkan penyimpanan gratis, Google juga menggunakan analisis gambar berbasis kecerdasan buatan (Kecerdasan buatan, AI) untuk mengatur foto dan video Anda, membuatnya lebih mudah untuk ditemukan dan diedit. Tips Menambah Subscriber dan View Youtube dengan Twitter

Lalu, bagaimana jika Anda maucadangan foto dan video ke layanan penyimpanan awan Google, dan akses dari berbagai perangkat ponsel?

Seperti dikutip dari liputan6, Selasa (23/7/2019), berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan foto dan video ke Foto Google menggunakan iOS, Android, dan perangkat desktop.

1. Instal Aplikasi Foto Google

Untuk menggunakan Google Photo di iPhone atau smartphone Android, pastikan Anda telah mengunduh aplikasi dari App Store atau Google Play Store.

Bagi Anda yang menggunakan Mac atau Windows, Anda harus terlebih dahulupengaturan aplikasi sehingga secara otomatis menyinkronkan gambar dan file lain dari komputer Anda ke aplikasi Foto.

Setelah dibuka, ikon Foto Google akan muncul di bilah menu atas browser. Anda dapat mengontrolnya melalui Preferensi.

2. Akses Penataan Backup serta Sync di Mobile

Membuka aplikasi Google Photos di hp iOS serta Android, pilih Settings dari menu penting serta pilih Backup & Sync.

Di sini, kita dapat aktifkan auto backup serta mengendalikan ukuran file upload. High Quality akan menaruh gambar serta vieo dalam jumlahnya tidak hanya terbatas sampai 16MP dengan gratis.

Lebih dari 16MP akan dikompresi di cloud, tapi tidak di desktop atau piranti kita.

3. Pilih Backup lewat Paket Data atau Wi-Fi

Kita bisa pilih untuk mengupload content lewat paket ata atau melalui Wi-Fi. Bila punyai paket data yang tidak hanya terbatas, kita tak perlu cemas kehabisan paket.

Dan juga mempunyai paket data hanya terbatas, sebaiknya untuk menonaktifkan penataan lewat seluler hingga proses upload dikerjakan lewat Wi-Fi. (eketawa/liputan6)

Loading...