Viral

Daftar 7 Politisi Terkaya di Indonesia, Salah Satunya “Anak Presiden”

19

7 Politisi Terkaya di Indonesia, Pada daftar 150 orang paling kaya di Indonesia yang dikeluarkan Globe Asia belakangan ini, ada banyak nama menaril. Dari mulai bos startup yang sukses besar, sampai nama beberapa anak Mantan Presiden Soeharto.

Di daftar itu diketemukan beberapa nama mereka yang aktif di politik praktis. Semua kekayaan mereka berada di rata-rata beberapa ratus juta sampai miliaran dolar Amerika.

Baca Juga: Daftar Kekayaan Ketua KPU Arief Budiman , Yuk Ketahui!

7 Nama Politisi Terkaya di Indonesia

Beberapa dari mereka ialah pendiri serta ketua partai, tapi ada pula yang bukan. Siapa nama pejabat partai paling kaya itu?

.

7. Sandiaga Uno

Sandiaga Uno Daftar 7 Politisi Terkaya di Indonesia, Salah Satunya Anak Presiden
Sandiaga Uno salah satu politisi terkaya indonesia, Foto: jakpost.net

Rangking: 85

Kekayaan: USD 300 juta

Partai Gerindra

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno jadi yang termuda di daftar ini. Pria yang dahulunya jadi Presiden Direktur Saratoga mempunyai harta sebesar USD 300 juta atau seputar Rp 4,3 triliun (1 USD = Rp 14.418).

Walau masih yang paling kaya, tapi tahun ini kekayaan Sandiaga alami penurunan dari mulanya yang sejumlah USD 500 juta. Sekarang, Sandi aktif jadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra serta Ketua Team Pemenangan Pemilihan presiden 2019.

6. Surya Paloh

Surya Paloh Daftar 7 Politisi Terkaya di Indonesia, Salah Satunya Anak Presiden
Surya Paloh orang terkaya Indonesia ke 70, foto: malukupost.com

Rangking: 70

Kekayaan: USD 575 juta

Partai Nasdem

Surya Paloh salah satu dari pejabat media di Indonesia. Pria kelahiran Banda Aceh pada 67 tahun yang lalu ini mempunyai kekayaan sebesar USD 575 juta atau seputar Rp 8,2 triliun.

Tidak hanya pimpin perusahaan media, Paloh Ketua Partai Nasdem yang disebut sisi pokok dari konsolidasi pemerintah. Pada pemilihan presiden akan datang, partai ini telah memiliki komitmen untuk memberi dukungan petahana Presiden Joko Widodo.

5. Hutomo Mandala Putra

Tomy Suharto Daftar 7 Politisi Terkaya di Indonesia, Salah Satunya Anak Presiden
Hutomo Mandala Putra orang terkaya Indonesia ke 60, foto: tagar.ic

Rangking: 60

Kekayaan: USD 670 juta

Partai Berkarya

Putra bungsu Soeharto, Hutomo Mandala Putra, nyatanya termasuk juga barisan politikus paling kaya di Indonesia. Jumlahnya kekayaannya ditaksir sampai USD 670 juta atau seputar Rp 9,6 triliun. Ini membuatnya jadi anak Soeharto yang paling kaya.

Tommy Soeharto mendapatkan kekayaannya dari perusahaan bernama Humpuss yang beroperasi di sektor investasi, pengapalan, serta property. Dia sempat juga membuat ramai mass media sebab jadi ketua Partai Berkarya walaupun awalnya sudah pernah terjebak masalah. Tetapi, Partai Berkarya masih selamat verifikasi KPU untuk Pemilu 2019 serta memperoleh nomer tujuh.

4. Yusuf Kalla

Yusuf Kalla Daftar 7 Politisi Terkaya di Indonesia, Salah Satunya Anak Presiden
Yusuf Kalla orang terkaya Indonesia ke 54, foto indonesianfamous.blogspot.com

Rangking: 54

Kekayaan: USD 900 juta

Partai Golkar

Wakil Presiden RI sekaligus juga bekas Ketua Partai Golkar Jusuf Kalla (JK) ada di tempat seterusnya. Tentu saja, tidaklah terlalu mengagetkan Jusuf Kalla ada di tempat yang lumayan tinggi, pasalnya dia mempunyai jaringan usaha yang besar dibawah Kalla Grup, perusahaan konglomerasi yang diurusnya serta keluarga.

Pilihan usaha JK cukup terdiversifikasi. Dari mulai bidang property, otomotif, daya, konstruksi, keuangan, serta transportasi. Bahkan juga JK mempunyai posisi sepatu sendiri bernama JK Collection.

Pada Penentuan Presiden 2014, harta JK ditaksir sampai Rp 478 miliar. Saat ini, kekayaannya ditaksir naik serta berlipat-lipat sampai USD 900 juta atau seputar Rp 12 triliun.

3. Hashim Djojohadikusumo

Hashim Djojohadikusumo  Daftar 7 Politisi Terkaya di Indonesia, Salah Satunya Anak Presiden
Hashim Djojohadikusumo orang terkaya Indonesia ke 51, Foto: liputan6 

Rangking: 51

Kekayaan: USD 915 juta

Partai Gerindra

Hashim Djojohadikusumo ialah adik Prabowo Subianto. Hashim menekuni di bidang investasi serta daya melalui Arsari Grup. Diluar itu, Arsari Grup bergerak di pertambangan, perkebunan, serta logistik.

Keseluruhan kekayaannya ditaksir sampai USD 915 juta atau seputar Rp 13,1 triliun. Sekarang Dia memegang jadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

2. Hary Tanoesoedibjo

Hary Tanoesoedibjo Daftar 7 Politisi Terkaya di Indonesia, Salah Satunya Anak Presiden
Hary Tanoesoedibjo orang terkaya Indonesia ke 19, foto: Okezone

Rangking: 19

Kekayaan: USD 1,8 miliar

Partai Perindo

Kekayaan Ketua Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) ditaksir sampai USD 1,8 miliar atau seputar Rp 25,9 triliun.

Sampai kini, HT memang populer di usaha media, walaupun nyatanya sumber kekayaannya ada di sektor-sektor lain seperti finansial serta property. Dengan kekayaannya, HT memiliki gelar jadi ketua partai yang paling kaya di Indonesia.

1. Aburizal Bakrie

Abu Rizal Bakrie Daftar 7 Politisi Terkaya di Indonesia, Salah Satunya Anak Presiden
Abu Rizal Bakrie orang terkaya Indonesia ke 12 , Foto: profilbos.com

Rangking: 12

Kekayaan: USD 2,05 miliar

Partai Golkar

Nama Bakrie telah akrab didengar oleh warga. Walau bukan Ketua Umum Golkar, nyatanya harta Aburizal Bakrie (ARB) membuatnya jadi politikus paling kaya di Indonesia. Terhitung, hartanya sampai USD 2,05 miliar atau seputar Rp 29,5 triliun.

Bakrie Grup bergerak di bidang media, property, serta tentu saja daya. Sekarang, ARB memegang jadi Ketua Dewan Pembina Partai Golkar yang masih ada dalam konsolidasi pemerintah. (eketawa/luputan6.com)

“Orang Kaya apapun Bisa Dibeli Kecuali Satu Apa itu?”

Loading...