Awan Topi Gunung Rinjani, Bikin Takjub

24

Rabu 17 Juli 2019, Rinjani berikan pemandangan yang sangat indah. Gunung itu tertutup awan putih yang tak biasa, bentuknya benar-benar halus seperti topi yang indah. Dengan cepat, foto gunung yang langka ini viral di media sosial.

Namun kemunculan awan ini juga diikuti oleh ribuan pertanyaan, mengingat gempa bumi baru-baru ini di beberapa daerah di Indonesia Timur.

Beberapa orang menghubungkan awan topi di Gunung Rinjani dengan gempa bumi. Sebelum parno atau logika pertandingan, ada baiknya untuk memahami fenomena alam ini. 5+ Destinasi Wisata Alam Banyuwangi Yang Mendunia

Itu bukan tanda gempa bumi, itu hanya awan Lenticular

Bikin Takjub Se Indonesia Katanya Sih Ini 3 Arti Munculnya Awan Awan Topi Gunung Rinjani, Bikin Takjub

Apa Cloud Lenticular itu?

Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Mataram (BMKG) Agus Rianto membantah bahwa awan topi di Gunung Rinjani adalah tanda gempa. Karena terjadi dari hasil gerakan angin yang terhalang oleh gunung atau bukit, awan ini memiliki bentuk unik seperti pusaran yang sangat halus (tidak menggonggong seperti awan Cumolonimbus).

Awan ini dapat berlangsung berhari-hari karena ada aliran udara yang terus menerus mengalir melalui awan. 7 Wisata Alam Bandung, No 5 Paling Menantang

Awan momok untuk penerbangan

1563517427 372 Bikin Takjub Se Indonesia Katanya Sih Ini 3 Arti Munculnya Awan Awan Topi Gunung Rinjani, Bikin Takjub
Awan Topi Gunung Rinjani, Foto: google.com

Fenomena ini, juga disebut cloud caping, memang agak berbahaya, tetapi hanya untuk penerbangan. Walaupun hanya lewat di sekitarnya dapat menyebabkan turbulensi, karena pengaturan awan yang lembut dari lapisan terluar ke dalam. Apalagi, sampai nekat untuk melewatinya, tidak disarankan.

Akan ada tokoh penting yang mati

Indonesia sedang mengalami sejumlah besar kalender fenomena alam. Salah satunya adalah gerhana bulan baru-baru ini. Selain gempa, gerhana juga dianggap sebagai salah satu penyebab munculnya topi Gunung Rinjani.

Alih-alih mempercayai ini, warga Sembalun di sekitarnya justru mengamati fenomena ini sebagai tanda bahwa akan ada orang-orang penting di lokasi lokal yang akan mati. Misalnya pejabat atau orang yang lebih tua.

Di balik kecantikannya, alam memiliki seribu cara untuk berbicara. Oleh karena itu, selain dikagumi, fenomena alam langka seperti Gunung Rinjani sering ditafsirkan dalam ilmu geofisika serta oleh adat setempat. 10 Tempat Wisata Alam Bogor Yang Menajubkan

Yang penting adalah jangan terlalu cocok dengan logika yang membuat Boombastis berteman sehingga tidak menjadi tipuan yang mengganggu

Simak Juga>>  Kisah Islami: Pembunuh Cucu Rasul Kepala Terpenggal
Loading...
Loading...