Viral

10 + Makanan Khas Manado yang Ekstrim

25

Makanan Khas Manado yang Ekstrim, Surabaya, Malang, Bali, dan Semarang adalah suranya kuliner, selain itu kota Manado tempatny kuliner ekstrim. Disebut demikian karena di daerah ini ada banyak jenis makanan eksotis dengan rasa yang sangat menggoda.

Nah, yang sedang merencanakan liburan ke Tanah Nyiur, tidak ada salahnya untuk membaca artikel berikut agar tidak menjadi bingung ketika akan berburu kuliner khas Manado nanti.

Makanan Khas Manado

Apa nama dari set menu lezat? Berikut adalah daftar lengkap makanan beserta cara pembuatannya, penjelasannya, resep untuk keunikannya.

1. Kawok

12 Makanan Khas Manado Yang Bikin Ketagihan Meskipun Ekstrim 10 + Makanan Khas Manado yang Ekstrim
Foto oleh sulawesita.com

Makanan khas Manado pertama adalah salah satu jenis kuliner ekstrim. Bagaimana tidak, bahan utama membuatnya menggunakan daging tikus putih.

Untuk membuatnya cukup mudah di mana daging tikus dimasak dengan resep rempah-rempah dan banyak cabai untuk menghasilkan rasa pedas tapi tetap gurih.

Meski bahannya terasa menjijikkan tetapi di tangan ahli memasak, tikus ini ditransformasikan menjadi kelezatan kuliner hewan. Bagaimana, berani Anda mencobanya?

Nah, bagi yang berminat mencicipinya, silakan datang ke area pasar Tomohon di kota Manado, provinsi Sulawesi Utara. Di sini harga Kawok biasanya dijual di kisaran Rp 10.000 / porsi.

2. Babi Putar

1563334997 131 12 Makanan Khas Manado Yang Bikin Ketagihan Meskipun Ekstrim 10 + Makanan Khas Manado yang Ekstrim
Foto oleh SuratKabar.id

Selain tikus atau kucing, ada banyak makanan ekstrem lain yang non-halal di Manado, salah satu contohnya adalah babi babi ini.

Untuk membuat kuliner ini cukup mudah dimana babi dibakar dalam bara api sambil berputar sehingga dimasak secara merata. Masakan ini biasanya menjadi menu favorit masyarakat Manado saat Natal atau Tahun Baru.

Jika Anda ingin menikmatinya, Babi Putar Anna Chin in kel. Kolongan, Lingk.I, kec. Tomohon Tengah adalah tempat paling cocok untuk dikunjungi. Di sini, harga kulinernya dihargai sekitar Rp. 1.300.000 – Rp. 1.800.000 / ekor. Wow, ternyata mahal juga, ya?

3. Mie Cakalang

1563334997 297 12 Makanan Khas Manado Yang Bikin Ketagihan Meskipun Ekstrim 10 + Makanan Khas Manado yang Ekstrim
Foto oleh fimela.com

Makanan khas Manado selanjutnya tidak hanya unik karena terbuat dari cakalang, tetapi juga karena rasanya yang istimewa berkat campuran bumbu spesial.

Kuliner yang diberi nama mie cakalang ini umumnya disajikan dengan kuah bening yang dicampur dengan sedikit lada dan dua jenis cabai yaitu cabai merah dan lombok hijau untuk rasa pedas.

Nah, Anda sudah tahu mengapa banyak kuliner khas Manado mengatakan bahwa rasanya pedas, jadi salah satunya adalah karena bumbu. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Untuk menikmatinya, Lidya Restaurant di Jln.Wakeke No.15, Wenang Utara adalah tempat yang paling banyak dikunjungi direkomendasikan. Ngomong-ngomong soal rasanya, tidak perlu diragukan lagi karena mie cakalang, yang harganya sekitar Rp. 10.000 / porsi, sangat lezat.

4. Ayam Rica-Rica

1563334997 777 12 Makanan Khas Manado Yang Bikin Ketagihan Meskipun Ekstrim 10 + Makanan Khas Manado yang Ekstrim
Foto oleh bisnisayamkita.blogspot.com

Foto oleh bisnisayamkita.blogspot.comDari sejumlah gaya kuliner khas Manado, mungkin yang paling terkenal di Indonesia adalah chicken rica-rica. Tidak hanya di Tanah Nyiur, makanan ringan ini juga dapat ditemukan di restoran atau restoran di berbagai daerah mulai dari Jakarta, Bandung, Medan, Bogor hingga Jogja.

Camilan ini adalah salah satu hidangan berbahan dasar ayam yang dibumbui dengan cabai untuk menghasilkan rasa pedas.

Dan salah satu tempat paling terkenal untuk woku-woku ayam di Manado ini adalah RM Burna Rica di Jalan Bali, Komo Luar, Wenang, Manado. Tempat ini buka mulai pukul 11:00 hingga 01:30. Mengenai harga bisa dibilang masih sangat terjangkau.

5. RW (Kesalahan)

1563334997 730 12 Makanan Khas Manado Yang Bikin Ketagihan Meskipun Ekstrim 10 + Makanan Khas Manado yang Ekstrim
Foto oleh cookpad.com

Selain terkenal karena masakannya yang beraroma pedas, Manado juga populer dengan segudang makanan ekstrem yang dikatakan sangat menggugah selera, salah satunya seperti RW (Erwe).

RW adalah sejenis kuliner tradisional yang bahan utamanya terbuat dari daging anjing. Hidangan ini dimasak seperti memasak daging sapi olahan secara umum dan biasanya, makanan ringan hanya dinikmati oleh orang-orang tertentu.

Untuk mengetahui rasanya, mungkin  dapat mencobanya sendiri di RM.Minahasa di Jalan Sam Ratulangi No. 368, Manado. Di sini, kita hanya perlu menghabiskan sekitar Rp. 25.000 hanya untuk menikmati sebagian dari RW.

6. Binte Biluhuta

1563334997 185 12 Makanan Khas Manado Yang Bikin Ketagihan Meskipun Ekstrim 10 + Makanan Khas Manado yang Ekstrim
Makanan Khas Manado Foto yang dimasak oleh kitchenku.com

Binte biluhuta adalah sebutan untuk makanan khas Manado, bahan dasarnya terbuat dari ongkos jagung manis, udang lezat dan bumbu penyedap.

Meski rasanya sedikit asam dan pedas, namun bubuknya adalah rasa yang sangat menyegarkan saat dimakan. Biasanya, kuliner disajikan sebagai menu pembuka di Manado.

Untuk mencicipinya, silakan mampir ke area kuliner Boulevard di Jalan Pierre Tendean di dekat jembatan Yellow Manado. Soal harga, kuliner umumnya dibanderol Rp.10.000 / porsi.

7. Bobengka

1563334998 71 12 Makanan Khas Manado Yang Bikin Ketagihan Meskipun Ekstrim 10 + Makanan Khas Manado yang Ekstrim
Foto oleh sajiansedap.grid.id

Meski terkenal dengan kelezatan kuliner pedasnya, Manado juga memiliki camilan lezat yang rasanya manis, yaitu Bobengka.

Bahan dasar ini terbuat dari tepung ketan, kelapa muda, gula merah, kayu manis dan komposisi lainnya. Untuk karakteristiknya, bobengka sangat lembut dan tekstur gurih.

Sepintas dari gambar atau foto, makanan ringan ini mirip dengan brownies, itu hanya masalah selera, bahan dan bagaimana mereka dibuat berbeda.

Kue-kue ini dapat dengan mudah ditemukan di restoran atau pasar tradisional dan toko oleh-oleh. Salah satu contohnya adalah di Jalan Raya Manado, Kec.Airmadidi, Bitung. Umumnya, harga dibanderol sekitar Rp2.500-Rp3.000 / benih.

8. Tinutuan

1563334998 352 12 Makanan Khas Manado Yang Bikin Ketagihan Meskipun Ekstrim 10 + Makanan Khas Manado yang Ekstrim
Foto oleh manado.tribunnews.com

Tinutuan adalah hidangan lezat dalam bentuk bubur yang terkenal sebagai ikon kuliner di Minahasa. Hidangan ini hanya berisi sayuran, ikan, kue, dan saus cabai tanpa daging.

Menurut sejarah, tinutuan ini biasanya disajikan sebagai menu sarapan untuk menyehatkan tubuh sebelum melakukan aktivitas.

Bagi yang ingin menikmatinya, Lidya RM di Jln.Wakeke No.15, Wenang Utara adalah tempat paling cocok untuk dikunjungi. Tidak hanya enak, tinutuan di sini juga dibanderol murah hanya Rp.10.000 / porsi.

9. Gohu

1563334998 169 12 Makanan Khas Manado Yang Bikin Ketagihan Meskipun Ekstrim 10 + Makanan Khas Manado yang Ekstrim
Foto oleh cookpad.com

Gohu adalah jenis makanan dalam bentuk salad gaya Manado, yang sering digunakan sebagai menu pencuci mulut dan bahan-bahannya sendiri dibuat dari buah pepaya.

Hidangan yang terbuat dari pepaya yang direndam dalam air yang mengandung cuka, garam, gula, cabai dan jahe memiliki rasa campuran antara pedas, asam dan manis.

Untuk mendapatkan Gohu tidak sulit, karena hampir setiap restoran bahkan berbelanja on line sekitar Manado menjual menu ini. Mengenai harga, biasanya Rp.5.000 / porsi dan Rp.15.000 / cangkir.

10. Woku Belanga

1563334998 467 12 Makanan Khas Manado Yang Bikin Ketagihan Meskipun Ekstrim 10 + Makanan Khas Manado yang Ekstrim
Foto oleh merahputih.com

Kuliner berikutnya adalah salah satu makanan tradisional Minahasa yang terbuat dari ikan yang dimasak menggunakan daun Woku, sejenis daun lebar. Jika dilihat, sangat mirip dengan Pepes.

Pot Woku ini sangat mudah ditemukan di restoran atau restoran di sekitar Manado dan soal harga, umumnya dihargai hanya sekitar Rp. 30.000 – Rp.35.000 / porsi.

11. Beras Jaha

1563334998 460 12 Makanan Khas Manado Yang Bikin Ketagihan Meskipun Ekstrim 10 + Makanan Khas Manado yang Ekstrim
Foto oleh sportourism.id

Rice jaha ini adalah roti rakyat Minahasa. Sama seperti kuliner pada umumnya, jajanan ini juga dibuat dari ketan dan santan yang dimasak menggunakan bambu dan dibakar menggunakan kayu sehingga rasanya lebih khas. 10 Makanan Khas Banjar Yang Bikin Nafsu Makanmu Bertambah

Beras jaha juga dapat dengan mudah ditemukan di restoran atau warung makan di Manado dan harga makanan ringan ini biasanya dibandrol dengan harga Rp25.000 – Rp30.000 / bambu sementara hanya Rp 1.250 per potong.

12. Panada

1563334999 604 12 Makanan Khas Manado Yang Bikin Ketagihan Meskipun Ekstrim 10 + Makanan Khas Manado yang Ekstrim
Foto oleh Berita.baca.co.id

Selain klappertaart, Manado juga masih memiliki kue-kue lezat lainnya yang bisa dijadikan camilan atau oleh-oleh, yaitu Panada.

Sekilas Panada ini terlihat mirip dengan pastel, hanya saja barang-barang itu tidak menggunakan sayuran selain cakalang atau ikan lainnya.

Dan Panada sendiri dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional, di mal atau pedagang kaki lima. Mengenai harga, kue umumnya dihargai sekitar Rp.1.250 / biji.

Nah, selain daftar di atas, sebenarnya ada banyak makanan khas Manado lainnya yang rasanya enak tetapi belum disebutkan, seperti tinoransak, koyabu, dan paniki daging olahan batel. (eketawa/jejakpiknik)

“Yang Muslim Jangan Coba-coba makan ya Gaess”

Kota Manado adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara. Kota Manado disebut sebagai Menado. Manado terletak di Teluk Manado, dikelilingi oleh pegunungan. Kota ini memiliki 408.354 penduduk pada Sensus 2010, kota terbesar kedua di Sulawesi setelah Makassar. Wikipedia
Provinsi: Sulawesi Utara
Cuaca: 29 °C, Angin arah Selatan dengan kecepatan 16 km/h, Kelembapan 63%

Loading...