12 Fakta Gunung Gede ini Harus Diketahui Para Pendaki

32

Gunung Gede ini adalah gunung berapi di Jawa Barat. Ingin tahu apa yang menarik dari gunung ini? Gunung Gede memiliki ketinggian 2.958 mosl, berbatasan dengan Kabupaten Bogor, Sianjur dan Sukabumi.

Lingkungan sekitar yang masih asri membuat banyak jenis tanaman dan hewan.

gunung Gede pangrango jawa barat 12 Fakta Gunung Gede ini Harus Diketahui Para Pendaki
Keindahan gunung Gede-pangrango jawa barat, foto: okezone.com

Fakta-fakta Tentang Gunung Gede

Wisata alam memang mengasikan apalagi dialam bebas denga melakukan pendakian bersama kawan-kawan ke Gunung. Menyapa Dinginya Ranu Kumbolo Semeru di Sambut Embun

1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede termasuk dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, salah satu dari lima taman nasional tertinggi yang dinyatakan di Indonesia.

2. Memiliki 3 Jalur Pendakian

Anda dapat menggunakan 3 jalur jika Anda ingin menjelajahi Mt. Akses gunung dapat menggunakan rute Siboda, jalur putri Gunung Sipanas dan Sukabumi Selabintana Lane.

3. Surya Kenkana Square

Lapangan Surya Kenkana terletak di sebelah timur Gunung Ghee. Alun-alun adalah padang rumput yang dihiasi Edelweiss yang indah.

4. Danau Biru

Telaga Biru dapat dikunjungi di sekitar Gunung Gede. Keindahan danau berasal dari air yang biru. Biru di perairan ini disebabkan oleh jumlah ganggang biru di sekitar danau.

5. Orang Asing yang pertama kali memanjat

Pendaki pertama bukan orang Indonesia, melainkan orang Jerman. Seorang pria bernama CGC Rainward berhasil menaiki Gunung Gede pada April 1819.

6. Ditetapkan sebagai Cagar Biosfer UNESCO

Gunung Gedge menunjuk Pangrango dan seluruh area taman nasional pada tahun 1977 sebagai cagar biosfer UNESCO. Keputusan ini menegaskan keindahan alam gunung itu.

7. Lembah Mandalawangi

Lembah Mandalawangi 12 Fakta Gunung Gede ini Harus Diketahui Para Pendaki
Lembah Mandalawangi wisata Alam yang indah dan sejuk, Foto: travelingyuk.com

Seorang pria yang luar biasa di Indonesia, So Hoek Gee sering menghabiskan waktu di sekitar Lembah Mandalangi.

Simak Juga>>  10 Spot Foto Instagramable di Kota Lama Semarang

Jadi Hoek Gee diberi judul “Mandalawangi-Pangrango”. Ini adalah salah satu tempat khusus yang bisa Anda kunjungi di Lembah Mandalavangi.

8. Menerapkan sistem pemesanan pendakian

pendaki gunung gede pangrango 12 Fakta Gunung Gede ini Harus Diketahui Para Pendaki
pendaki gunung pangrango, foto: wartakota.com

Pendaki gunung yang ingin mengunjungi gunung harus memesan secara online 30 hari sebelum naik. Climbers harus mengisi formulir pendaftaran dengan lampiran sertifikat kesehatan. Climbers dapat meminta izin untuk memasuki kawasan konservasi.

9. Gunung Gede-Pangrango adalah dua gunung yang berbeda

Meski umumnya dianggap bersatu, nyatanya kedua gunung itu tidak sama. Gunung Pangrango lebih tinggi dari Gunung Gede dengan ketinggian 3.019 lumut.

10. Gunung Panrango belum meledak

Gunung Pangrango tidak pernah meledak, seperti yang dikatakan beberapa orang. Ini dibuktikan dengan mount kerucut yang relatif halus. Gunung Gede telah dinyatakan meledak, ditandai dengan keberadaan lubang aktif di sekitarnya.

11. Gunung Gede adalah Destinasi Wisata Alam Terkenal

Anda dapat menikmati beberapa tempat wisata di sekitarnya. Ada sejumlah tempat wisata yang sudah populer di kalangan wisatawan seperti Canopy Trail dan Siberium Falls. Layak anda kunjungi juga 7 Wisata Alam Bandung, No 5 Paling Menantang.

12. Banyak Pedagang Jajanan Khas

Keunikan gunung ini adalah banyaknya orang di sekitarnya yang menjual dagangannya. Anda dapat menemukan pembeli ini di Surya Kenkana Square. Nasi dan nasi goreng menjadi menu utama yang harus Anda nikmati.

Anda bisa bersenang-senang. Dengan keindahannya, eketawer yang hobi pendakian harus di list gunung ini jadi daftar pendakian berikutnya. (eketawa/travel detik)

Gunung Gede merupakan sebuah gunung api bertipe stratovolcano yang berada di Pulau Jawa, Indonesia.

Gunung Gede berada di Taman Nasional Gede Pangrango, merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Wikipedia

Ketinggian: 2.958 m
Letusan terakhir: 1957
Provinsi: Jawa Barat
Letak: Jawa Barat, Indonesia
Jenis gunung: Stratovolcano (aktif)
Rute termudah: Gunung Putri

Lokasi Map Gunung Gede

Originally posted 2019-07-17 08:50:59.

Loading...