Travel

Wisata Alam, Rimba Mangrove Blok Bedul (Amazon Indonesia)

44

Rimba Mangrove Blok Bedul, Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur menaruh bermacam object wisata. Walau pelancong harus lewat jalan “kurang bersahabat” waktu masuk lokasi rimba, tetapi keasrian serta keindahan alamnya demikian menarik untuk wisata diakhir minggu.

Rimba bakau atau mangrove di Blok Bedul yang sekarang tempat wisata mangrove. Tempatnya ada di Dusun Blok Solo, Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo.

Rimba Mangrove Blok Bedul Amazon Indonesia Wisata Alam, Rimba Mangrove Blok Bedul (Amazon Indonesia)
Rimba Mangrove Blok Bedul (Amazon Indonesia) foto: http://blueflametour.com

Rimba Mangrove Blok Bedul (Amazon Indonesia)

Situasi alam di rimba mangrove Blok Bedul betul-betul asri, sebab ada dalam Taman Nasional Alas Purwo. Rimba mangrove tumbuh lebat di selama lokasi dimana oleh masyarakat ditempat diberi nama Segara Anakan, adalah muara sungai yang mengalir ke Samudera Hindia.

Luas rimba mangrove seputar 1.200 hektar yang membentang sejauh 18 km.. Diberi nama Bedul, sebab di selama Segara Anakan banyak diketemukan ikan bedul yaitu ikan yang mempunyai sirip di punggungnya. Ikan ini seringkali jadikan lauk seharian oleh warga seputar.

Segara Anakan Banyuwangi

mangrove di Blok Bedul foto kompas Wisata Alam, Rimba Mangrove Blok Bedul (Amazon Indonesia)
Segara Anakan Mangrove di Blok Bedul, foto: kompas

Untuk seberangi Segara Anakan, ada alat transportasi yaitu dua perahu yang jadikan satu. Beratapkan terpal serta bangku kayu ditata rapi serta mampu menyimpan sekitar 10-15 penumpang.

Oleh warga ditempat, perahu ini diberi nama gondang gandung. Biaya perahu sebesar Rp 200.000. Itu telah terhitung perjalanan telusuri Segara Anakan sampai kembali pada tempat sebelumnya.

Tidaklah sampai 10 menit melintas dari Resort Grajagan ke arah ke seberang dermaga selama 225 mtr.

Burung bangau dengan angkuh menempati di tiang-tiang selama rimba bakau dekat sama jaring nelayan untuk mengambil ikan yang terlilit jaring nelayan. Wisata Alam Pantai Plengkung, Surganya Peselancar

Tidak hanya burung bangau, di lokasi yang terbagi dalam 27 type mangrove ini diketemukan burung elang, kera, biawak, dan pada bulan-bulan tersendiri pelancong bisa menemui burung migran dari Australia yang berkunjung di sini.

Sungai Kere

sungai kare Wisata Alam, Rimba Mangrove Blok Bedul (Amazon Indonesia)
sungai kare Mangrove di Blok Bedul, Foto: travel Kompas

Telusuri Segara Anakan yang lebar, nakhoda perahu akan ajak pelancong masuk sungai yang cukup sempit. Ini diberi nama Sungai Kere. Makin masuk ke, jalur sungai semakin mengecil serta kelihatan dangkal.

Pohon mangrove makin lebat serta hampir sentuh perahu. Air kelihatan berwarna kecokelatan tetapi bersih dari sampah.

Situasi jadi semakin hening waktu mesin perahu dimatikan. Sunyi serta sepi. Cuma suara serangga yang terdengar. Demikian alami. Resapilah betul-betul situasi sunyi ini yang mungkin susah diketemukan di lain tempat.

Di Sungai Kere pelancong akan lihat gubuk-gubuk nelayan yang ada di tepi rimba bakau. Berikut tempat beberapa nelayan beristirahat. Perahu-perahu nelayan ditambat di pinggir sungai.

Seputar 30 menit, kami ada di Sungai Kere untuk nikmati kesunyian ditengah-tengah rimba mangrove Banyuwangi. Selang beberapa saat mesin perahu dihidupkan serta kami tinggalkan Sungai Kere untuk kembali telusuri Segara Anakan serta perahu ke arah Resort Grajagan.

Sang Surya juga perlahan mulai turun di ufuk barat akhiri perjalanan kami berekreasi ke rimba Mangrove Blok Bedul… (eketawa/travel kompas)

Originally posted 2019-07-14 20:44:57.

Loading...