5+ Destinasi Wisata Alam Banyuwangi Yang Mendunia

54

Destinasi Wisata Alam Banyuwangi Yang Mendunia, Banyuwangi, kabupaten yang terdapat diujung timur pulau Jawa ini adalah penghubung antara pulau Jawa dengan pulau Bali. Tidak hanya kaya adat, kota dengan julukan The Sun Rise of Java ini kaya beberapa jenis tujuan wisata tidak kalah indah dengan wilayah lain.

Bahkan juga beberapa obyek wisata di Banyuwangi populer sampai ke arena internasional seperti, Kawah Ijen, Plengkung, serta Pulau Merah.

Belakangan ini bidang pariwisata Banyuwangi kembali mencatatkan prestasi internasional dengan menyapu penghargaan paling tinggi bagian pariwisata tingkat Asia Tenggara, yakni ASEAN Tourism Standar Award.

Penghargaan ini diberikan pada Bupati Banyuwangi, Abdullah Abdullah Azwar Anas dalam ASEAN Tourism Komunitas di Thailand.

6 Destinasi Wisata Alam Banyuwangi Yang Mendunia

1. Pantai Plengkung

banyuwangi g land e1562951034131 5+ Destinasi Wisata Alam Banyuwangi Yang Mendunia
Peselancar di Pantai Plengkung, foto: tempat wisatamu.com

Pantai Plengkung adalah salah satu pantai di Kabupaten Banyuwangi yang memiliki panorama indah peninggalan alam yang akan mampu memikat para wisatawan yang mengunjunginya.

Pantai ini memiliki pasir putih yang membentang di sepanjang garis pantai, selain itu Anda juga dapat melihat pepohonan hijau yang tumbuh di tepi pantai sehingga membuat panorama lebih eksotis.

Pantai Plengkung atau yang populer dengan nama G-Land, ialah pantai yang terdapat di lokasi Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur serta bertemu langsung dengan Samudera Hindia.

Ombak di pantai ini mendapatkan julukan spesial dari beberapa peselancar dunia, yakni “The Seven Giant Waves Wonder” yang bermakna mempunyai 7 gulungan ombak.

Pantai Plengkung adalah surga buat penggemar olahraga surfing, bahkan juga buat penggila surfing belum komplet rasa-rasanya bila tidak pernah hadir ke G-Land.

Angin terlepas pantai yang berdesir di antara bulan April serta bulan September ini menyebabkan berlangsungnya ombak terbesar dengan ketinggian sampai sampai 8 mtr.

Dengan panjang 2 km. Berikut yang membuat ombak pantai Plengkung jadi ombak terganas nomer 2 sesudah Hawaii. Wisata Alam Pantai Plengkung, Surganya Peselancar

2. Rimba Mangrove Blok Bedul (amazon Indonesia)

Rimba Mangrove Blok Bedul Amazon Indonesia 5+ Destinasi Wisata Alam Banyuwangi Yang Mendunia
Rimba Mangrove Blok Bedul (Amazon Indonesia) foto: http://blueflametour.com

Rimba Mangrove Blok Bedul, demikianlah masyarakat seputar biasa menyebutkan Mangrove Bedul ini. Rimba Mangrove Bedul ini terdapat di Desa Sumbersari, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi serta masih terhitung lokasi Taman Nasional Alas Purwo.

Sesuai namanya, obyek wisata ini adalah rimba mangrove yang masih alami dengan luas seputar 2.300 hektar yang membentang sejauh 16 km.

Simak Juga>>  Desa Unik Di Polandia Ini Hanya Melahirkan Perempuan

Mangrove Bedul ini disebutkan seperti dengan sungai Amazon di Brazil, bahkan juga dapat disebut Amazon-nya Indonesia.

Disebutkan seperti sungai Amazon disebabkan Mangrove Bedul ini membuat satu rawa air payau dengan panjang seputar 18,8 km serta lebar seputar 400 mtr..

Di kanan serta kiri rawa ini dijumpai bermacam type Mangrove atau Bakau yang tumbuh lebat serta subur. Wisata Alam, Rimba Mangrove Blok Bedul (Amazon Indonesia)

3. Pulau Merah mirip Baia Do Sancho di Brazil

pantai pulau merah 5+ Destinasi Wisata Alam Banyuwangi Yang Mendunia
pantai pulau merah, foto: pantainesia.com

Pulau Merah pada awalnya mempunyai nama Pantai Ringin Pitu. Konon, pantai ini beralih nama jadi Pulau Merah sebab warna tanah serta pasirnya yang kemerahan dari pulau setinggi 200 mtr. yang ada ditengah-tengah pantai ini.

Pulau kecil yang ada di pantai Desa Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi ini sukses menarik pelancong lewat memiliki bentuk yang mirip pegunungan yang ada ditengah-tengah pantai.

Diluar itu, kombinasi kejernihan airnya yang seperti kristal dengan pasir putihnya yang menghampar sejauh 3 km, pasti jadi nilai plus buat obyek wisata ini.

Saat air laut surut, beberapa pengunjung bisa berjalan kaki nikmati pulau kecil yang ada ditengah-tengah pantai ini.

Pantai yang akan jadikan jadi tujuan untuk berseluncur nomer 2 sesudah Pantai Plengkung ini nyatanya punyai kembaran di belahan bumi lainnya, yakni Pantai Baia Do Sancho di Brazil.

Ke-2 pantai ini disebutkan seperti sebab saling mempunyai batu besar atau pulau yang ada ditengah-tengah pantainya.

Bedanya cuma terdapat pada jumlahnya pulaunya, bila di Pulau Merah mempunyai satu pulau, karena itu ia Pantai Baia Do Sancho Brazil mempunyai 2 pulau jadi simbol dari pantai itu.

4. Taman Nasional Baluran, (Little Africa di Jawa)

taman nasional baluran 5+ Destinasi Wisata Alam Banyuwangi Yang Mendunia
taman nasional baluran salah satu obyek wisata alam banyuwangi, foto: kumparam

Ingin rasakan panasnya padang savana, tetapi tidak ingin jauh-jauh ke Afrika? Kita dapat berkunjung ke Taman Nasional Baluran yang terdapat di tepian Kabupaten Banyuwangi serta Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Taman Nasional seluas 25.000 hektar ini menyediakan situasi seperti sedang ada di padang savana di Afrika. Padang rumputnya berwarna kekuning-kuningan dengan Gunung Baluran yang berdiri kuat jadi backgroundnya.

Taman Nasional ini mempunyai 444 type tumbuhan yang salah satunya ialah tumbuhan asli serta dapat menyesuaikan dalam keadaan yang benar-benar kering, dan 155 spesies burung serta 26 type satwa salah satunya, kerbau liar, monyet, rusa, kijang, macan tutul, kancil, kucing bakau, serta banteng yang disebut simbol dari Taman Nasional ini.

Taman Nasional ini mendapatkan julukan Africa Van Java disebabkan situasi yang disuguhi betul-betul seperti ada di Afrika.

Padang rumputnya berwarna kekuning-kuningan disebabkan jarang-jarang tersirami oleh air dan pohon-pohon yang menggurgurkan daunnya sebab menyesuaikan dengan alam yang demikian panas.

Simak Juga>>  12 Fakta Gunung Gede ini Harus Diketahui Para Pendaki

5. Pantai Wedi Ireng,  (Wineglass Bay di Australia)

pantai wedi ireng obyek wisata alam Banyuwangi 5+ Destinasi Wisata Alam Banyuwangi Yang Mendunia
pantai wedi ireng obyek wisata alam Banyuwangi, foto:pantainesia.com

Pantai Wedi Ireng yang ada di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi atau searah dengan Pulau Merah ini selintas seperti dengan Wineglass Bay yang ada di Australia. Ke-2 pantai ini bila disaksikan dari atas saling berupa sabit.

Bedanya, pasir Wineglass Bay berwarna putih dengan latar pucuk granit merah. Sedang di Pantai Wedi Ireng ada 2 jenis pasir, yakni pasir halus berwarna putih serta pasir coklat yang cukup kasar.

Lalu sebagai pertanyaan ialah kenapa pantai ini disebutkan Wedi wyang bermakna pasir yang berwarna hitam sedangakan kenyataannya pasir di pantai ini berwarna putih? Jawabannya dapat kita temukan dengan menggali pasir di pantai ini. Nyatanya di balik pasirnya yang putih didalamnya menaruh butiran pasir hitam, berikut fakta kenapa pantai ini disebutkan Wedi Ireng.

6. De Jawatan, hutan ala Alice In Wonderland

De jawatan hutan wisata alam di banyuwangi 5+ Destinasi Wisata Alam Banyuwangi Yang Mendunia
De jawatan hutan wisata alam di banyuwangi, foto: ngadem.com

Bagi penggemar film Alice In Wonderland atau film The Lord of The Rings? Pasti kita tahu rimba magis dengan pohon-pohon besar yang mempunyai bentuk unik di ke-2 film iini.

Sekarang kita tidak butuh pergi jauh-jauh ke Selandia Baru untuk rasakan sensasi seolah ada di film The Lord of The Rings, kita dapat berkunjung ke Rimba Jawatan di Desa Benculuk, Kabupaten Banyuwangi.

Jawatan adalah rimba wisata dengan pohon-pohon raksasa setinggi lebih dari 10 mtr., hingga berkesan seperti pohon raksasa yang bisa bergerak setiap saat.

Rimba punya perhutani ini Banyuwangi ini terhitung dalam kelompok rimba kecil, hanya karena memilki luas seputar 3,8 hektar.

Di rimba ini, pohon Trembesi jadi perhatian favorite pelancong sebab memiliki bentuk yang unik. Pohon ini sisi atasnya mempunyai cabang yang menjular dengan acak serta di hinggapi benalu-benalu hijau, hingga kesan-kesan seperti negeri dongeng semaki kuat.

Di lebih di sejumlah pohon trembesi dibangun satu rumah pohon serta ayunan, jadi kita dapat nikmati hijaunya rimba Trembesi ini dari atas rumah pohon. Buat kita yang hoby selfie, Jawatan ialah tempat yang benar-benar pas. (eketawa/idntimes)

yukpiknik eketawer, Indonesia kaya akan wisata alam yang ngehits

Banyuwangi

Kota di Jawa Timur
Banyuwangi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Selain itu Banyuwangi adalah ibu kota kabupaten ini.
Posisinya sebagai ibu kota kabupaten menjadikan banyaknya gedung-gedung pemerintahan, cabang-cabang perusahaan, dan pusat keramaian yang berdiri di wilayah ini. Wikipedia
Desa/kelurahan: 18 kelurahan
Provinsi: Jawa Timur

Originally posted 2019-07-15 13:16:36.

Loading...