Travel

10 Tempat Wisata Alam Kuningan Wajib anda kunjungi

17

Tempat Wisata Alam Kuningan Wajib anda kunjungi, Seputar Wisata Alam di Kabupaten Kuningan Must-Visit, Kuningan adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Lokasi tepat di jalur lintas regional yang menghubungkan Cirebon dengan daerah Priangan Timur. Selain itu, akses jalan di kabupaten ini juga digunakan sebagai rute alternatif yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dengan Bandung dari selatan.

Kuningan sendiri memiliki 32 kecamatan dan 361 desa. Wilayah Kuningan memiliki kontur datar dan berbukit di wilayah barat dan selatan. Kabupaten Kuningan memiliki luas sekitar 1.178,58 km2 dan berbatasan dengan beberapa kabupaten lain,

Utara: Kabupaten Cirebon, Sebelah Timur: Kabupaten Brebes (Jawa Tengah), Sebelah Selatan: Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah), Barat Sisi: Kabupaten Majalengka.

Beberapa tempat wisata di Kuningan sudah tidak asing lagi, terutama bagi penghuni asli seperti pemandian Cibulan, air terjun Sidomba, air terjun Putri dan sebagainya. Namun masih ada beberapa lagi di antara tempat wisata di Kuningan yang belum terlalu terekspos.

Berikut 10 obyek wisata alam di Kuningan yang harus dikunjungi

1. Wisata Alam Taman Nasional Gunung Cerme

%name 10 Tempat Wisata Alam Kuningan Wajib anda kunjungi
Taman Nasional Gunung Cermai Kuningan

Taman Nasional Gunung Cermai adalah salah satu tujuan favorit bagi pecinta alam.

Di taman nasional ini ada air terjun yang tidak boleh kita lewatkan. Keindahan alamnya yang masih terjaga membuat taman nasional ini terlihat indah dan sangat menawan.

Di sini ada juga bascamp untuk mendaki Gunung Ciremai dan hamparan luas perkebunan, sehingga tempat ini sangat cocok dan wajib untuk Anda kunjungi.

 

2. Wisata Alam Situs Purbakala Cipari Kuningan

%name 10 Tempat Wisata Alam Kuningan Wajib anda kunjungi
Situs Arkeologi Cipari Kuningan

Situs Arkeologi Cipari Kuningan adalah objek wisata di Kuningan yang tidak boleh Anda lewatkan. Situs ini adalah peninggalan zaman prasejarah era megalitikum dari masyarakat kuno yang hidup di tanah Sunda utama, yang merupakan dataran yang menutupi dataran tinggi

Tempat-Tempat Menarik Sejarah Situs Arkeologi Cipari Kuningan Sumatra, Jawa, Kalimantan dan laut yang menghubungkan ketiganya adalah sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Situs ini terhitung cukup lengkap menggambarkan kehidupan di masa lalu, sehingga banyak wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini ada di antara para siswa dan bahkan sekolah dasar.

3. Wisata Alam Air Terjun Sidomba Kuningan

air terjun sidomba 10 Tempat Wisata Alam Kuningan Wajib anda kunjungi
Wisata Alam Curuk Sidomba

Untuk penamaan air terjun ini berasal dari ‘Cidomba’ yang berarti domba atau kambing karena ada banyak domba di daerah ini.

Air terjun Sidomba memiliki ketinggian hanya sekitar 3 meter dan terdapat fasilitas pendukung untuk objek wisata ini, seperti restoran, ung saung, taman bermain anak-anak dan juga binatang aneh, salah satunya adalah kambing bertanduk 3.

Di lokasi ini juga terdapat masjid dengan menara tinggi dengan total 99 anak tangga. Dari puncak menara Anda dapat menikmati pesona alam yang tak kalah indah dari tempat wisata kuningan lainnya.

 

4. Wisata Alam Taman Wisata Alam Linggarjati

%name 10 Tempat Wisata Alam Kuningan Wajib anda kunjungi
Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman wisata alam Linggarjati adalah objek wisata di Kuningan, dan nama Linggarjati sudah tidak asing lagi bagi kita, kita juga akan mengulas Linggarjati secara lebih rinci.

Di taman ini, udaranya sangat segar dan sejuk, taman ini sangat cocok untuk rekreasi dan tempat perkemahan, dengan fasilitas untuk kolam renang, kolam pemancingan, sepeda air, dan fasilitas akomodasi.

Lokasi taman wisata alam linggarjati berada di desa Linggarjati, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan. Jarak dari Kota Kuningan 14 km ke utara dan 26 km dari kota Cirebon. Luasnya 11,5 ha, dengan suasana sejuk

 

5. Wisata Alam Wadah Dharma Kuningan

%name 10 Tempat Wisata Alam Kuningan Wajib anda kunjungi
Wadah Dharma Kuningan

Waduk darma adalah tempat wisata di Kuningan, dan waduk ini telah dikembangkan menjadi objek wisata keluarga.

Sumur Tujuh Cibulan Di sini Anda bisa berkeliling waduk dengan perahu.

Udara sejuk dan pemandangan indah pasti akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Anda bisa melihat pemandangan di tepi reservoir dalam bentuk pemandangan hijau dan bukit-bukit yang menjulang tinggi. Waduk ini terletak di kabupaten Darma, 12 km dari Kota Kuningan ke Barat Daya, atau sekitar 37 km dari Kota Cirebon.

6. Wisata Alam Tujuh Baik Tujuh

%name 10 Tempat Wisata Alam Kuningan Wajib anda kunjungi
Tujuh Baik Tujuh

Tujuh sumur berada di area pemandian Cibulan seperti yang dijelaskan pada poin nomor 1 di atas.

Sumur ini dikatakan sebagai tempat patilasan Prabu Siliwangi yang digunakan untuk penyucian saat bermeditasi dan juga merupakan salah satu tempat bersejarah dalam penyebaran Islam di Kuningan melalui kegiatan Wali Songo.

Tujuh sumur berada di Desa Manis Kidul, Kec. Jalaksana, 7 Km dari kota Kuningan ke Utara, atau sekitar 28 Km dari Kota Cirebon ke Selatan.

 

7. Wisata Alam Telaga Remis Kuningan

%name 10 Tempat Wisata Alam Kuningan Wajib anda kunjungi
Telaga Remis Kuningan

Satu lagi tempat wisata alam di Kuningan yang bisa Anda kunjungi, Danau Remis. Danau kerang ini berada di kaki Gunung Ciremai. Sehingga membuat udara di sini sangat sejuk dan pemandangannya juga Asri.

Jika Anda tertarik berlibur bersama keluarga di sini, datang saja ke Desa Kaduela, Kuningan, Kabupaten Mandirancan, sekitar 37 km dari pusat kota Kuningan.

Danau ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga atau anak-anak, dengan perpaduan pesona alam pegunungan, hutan dan air. udara jernih dan sejuk.

 

8. Wisata Alam Objek wisata di Kebun Raya Kuningan

%name 10 Tempat Wisata Alam Kuningan Wajib anda kunjungi
Objek wisata di Kebun Raya Kuningan

Masih dalam bentuk wisata alam, ada satu lagi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi, yaitu kebun raya Kuningan. Anda dapat menjadikan Kebun Raya Kuningan ini sebagai tempat liburan bersama keluarga Anda.

Kebun Raya Kuningan ini terletak di Desa Padabeunghar, Kabupaten Pasawahan, dengan luas sekitar 176 ha, dengan topografi berbukit (490-870 m dpl).

Obyek wisata ini juga akan dikembangkan di masa depan sebagai wahana wisata alam dan ilmiah (ecoturism), agar dapat mengenal flora dan fauna endemik Gunung Ciremai.

 

9. Wisata Alam Palatungan Kuningan

%name 10 Tempat Wisata Alam Kuningan Wajib anda kunjungi
Palatungan Kuningan

Satu lagi tempat wisata di Kuningan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Palutungan yang berada di kawasan Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Cisantana, Kabupaten Cigugur, atau +9 km dari kota Kuningan ke arah Barat.

Palatungan Kuningan Inilah tempat terbaik untuk berkemah dan jalan-jalan, dengan dukungan lokasi yang luas, kondisi udara yang mudah dijangkau dan dingin, air jernih dan dihiasi dengan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi.

Di sekitar area perkemahan ada dua air terjun, yaitu Air Terjun Ciputri dan Curug Landung yang menghadirkan keindahan air terjun alami.

10. Wisata Alam Cilengkrang Kuningan Valley

%name 10 Tempat Wisata Alam Kuningan Wajib anda kunjungi
Cilengkrang Kuningan Valley
Lembah Cilengkrang adalah tempat wisata di Kuningan yang menawarkan keindahan alam yang indah. Bagi Anda yang suka wisata petualang, lembah ini wajib dikunjungi saat berada di Kuningan.

Wisatawan di sini akan merasakan sensasi hiking dan berkemah, dan dengan keistimewaan memiliki 2 air terjun (C. Sawer dan C. Belt), ditambah dengan kehadiran mata air panas alami, dan jika Anda beruntung Anda akan dapat melihat Elang Jawa (Spizaetus bartelsi). Terletak di sisi barat Desa Pajambon, Distrik Kramatmulya atau +13,5 km dari pusat kota Kuningan ke arah Utara.

Itulah 10 Wisata Alam Kuningan yang layak anda kunjungi sebagai darma wisata anda dan keluarga semoga eketawer bisa selalu bahagia bersama orang-orang tercinta.

Kabupaten Kuningan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kuningan. Wikipedia
Luas: 1.111 km²
Ketinggian: 768 m
Provinsi: Jawa Barat
Jumlah penduduk: 1,055 juta (2015)
Ibu kota: Kuningan

Originally posted 2019-07-12 21:21:10.

Loading...