Viral

Wow, Sudah dicetak 46 Juta Lembar Uang Dolar Australia teryata Salah Ejaan

4

%name Wow, Sudah dicetak 46 Juta Lembar Uang Dolar Australia teryata Salah EjaanApa terjadi jika Bank centrall Australia salah ejaan di mata uangnya? Pasti membuat pimpinan paling tinggi Reserve Bank of Australia (RBA/ Bank centrall Australia) malu 1/2 mati.

Ditambah lagi, uang itu telah telanjur diciptakan serta menyebar luas ke warga umum. Paling tidak sekitar 46 juta mata uang pecahan dolar Australia (AUD)50 sudah diciptakan serta menyebar luas ke warga. Khasnya , uang kertas AUD50 ini telah menyebar semenjak 18 Oktober 2018 kemarin. Serta baru didapati ada kekeliruan ejaan pada Kamis (9/5).

RBA mengedarkan pecahan AUD50 ini dengan beberapa feature keamanan tingkat tinggi. Maksudnya cuma satu: menahan pemalsuan uang. Diluar itu, ada komponen sentuhan untuk beberapa tunanetra hingga mempermudah mereka untuk membedakan pecahan mata uang.

Kekeliruan ejaan itu terdapat dibagian belakang mata uang ini. Dibagian belakang ada gambar Edith Cowan, wanita pertama Australia masuk parlemen. Edith Cowan duduk di legisltatif pada 1921-1924

Dibagian samping gambar wanita itu ada tulisan ‘responsibilty’ semestinya tercatat ‘responsibility’ (tanggung jawab).

Tentunya salah ejaan ini membuat Reserve Bank of Australia malu. Instansi keuangan ini dipandang lupa serta tidak lakukan cek and re-check sebelum uang ini diciptakan serta tersebar ke warga.

uang dolar australia salah ejaan Wow, Sudah dicetak 46 Juta Lembar Uang Dolar Australia teryata Salah Ejaan

Tulisan ‘responsibilty’ semestinya tercatat ‘responsibility’

Insiden ini didapati saat seseorang pendengar stasiun radio Triple M mengudara, Kamis (9/5) kemarin. Dia memberitahukan dia menemukan kesalahan pada ejaan pada uang AUD50 itu. Ada kekeliruan tulisan ‘responsibilty’ tidak cuma sekali, tetapi 3x.

Walau sebenarnya, mata uang AUD50 ini telah menyebar luas ke warga. Mata uang ini di Australia termasuk juga favorite dalam pemakaiannya. RBA mengaku jika separo dari mata uang diciptakan ialah AUD50.

Kekeliruan ejaan itu ada dalam cuplikan pidato pertama Edith Cowan pada parlemen Australia Barat. Cuplikan itu berbunyi, ”Ini ialah tanggung jawab besar menjadi hanya satu wanita di sini serta aku ingin mengutamakan pentingnya ada wanita lain berada di sini.”

Juru Bicara Reserve Bank of Australia dalam pengakuan emailnya seperti diambil South China Morning Post (scmp.com) Kamis (9/5) mengatakan, pihaknya mengerti terdapatnya kekeliruan ejaan di mata uang itu. “Dan akan diberbaiki pada cetakan berikutnya”.

RBA mengatakan dalam laporan tahunan terbarunya jika percetakannya sudah mengirim 227 juta uang kertas Australia pada 2017-2018. Termasuk juga seputar 184 juta uang kertas seri AUD50 baru.

Tetapi RBA tidak menyikapi berapakah uang sudah tersebar di warga. Bank central ini menampik menjawab apa akan menarik uang salah ejaan itu serta menggantinya dengan baru.

Loading...