Inspirasi

Siapa Pelopor PAUD Indonesia Sebenarnya?

0

Siapa Pelopor PAUD: Saat ini hampir semua anak balita di Indonesia mengikuti pendidikan usia dini seperti Taman Kanak Kanak atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Menurut anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Pusat, Rita Pranawati, pendidikan usia dini merupakan pondasi pendidikan yang sangat penting bagi setiap anak karena ditempuh pada usia emas (golden age).

pelopor paud indonesia Siapa Pelopor PAUD Indonesia Sebenarnya?
Anak-anak usia dini binaan Nyai Walidah dikauman

Nyai Ahmad Dahlan Pelopor PAUD di Indonesia

PAUD dibutuhkan agar anak bisa mempersiapkan diri sebelum memasuki jenjang pendidikan formal Sekolah Dasar. Pendidikan usia dini melatih anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya dan berinteraksi dengan lingkungan yang lebih luas di luar rumah. Oleh karena itu, kata Rita, materi pendidikan lebih banyak dalam bentuk aktivitas bermain dan bersosialisasi. Meskipun bukan termasuk pendidikan formal, pendidikan anak usia dini akan menjadi tempat peningkatan kemampuan kecerdasan emosi dan ketrampilan hidup dasar lainnya yang dibutuhkan anak.

Dalam pengamatan Rita, tidak semua orang tua sanggup mendampingi dan mendidik anak usia dini dengan baik karena bermacam alasan seperti soal waktu maupun karena pengetahuan dan pengalaman. Dengan pendidikan usia dini, anak mendapatkan persiapan untuk memasuki dunia yang lebih luas.

“Membicarakan pendidikan usia dini di Indonesia, kita tidak bisa melupakan peran besar Nyai Ahmad Dahlan yang sejak tahun 1919 merintis berdirinya pendidikan usia dini di Kauman, Yogyakarta. Pada saat itu, Nyai Ahmad Dahlan terinspirasi dengan konsep pendidikan froebel yang dijalankan oleh Belanda untuk anak anak balita mereka,” urai Rita.

Rita menambahkan, Nyai Ahmad Dahlan prihatin karena saat itu banyak anak anak balita pribumi yang bermain tanpa bimbingan orang tua, yang harus bekerja sebagai buruh di perusahaan batik di sekitar Kauman.

selengkapnya Siapa Pelopor Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia?

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here