Saturday, April 22, 2023

Mengenal Apa itu Fishbone Diagram dan Manfaatnya untuk Bisnis

Fishbone Diagram adalah salah satu metode untuk menganalisa kondisi sekarang dan mencari akar masalahnya. Fishbone Diagram juga dikenal sebagai diagram Ishikawa, diagram cause and effect, diagram karang, atau diagram alur tiga puluh enam. Ini merupakan versi grafis dari tugas menemukan akar masalah.

Fishbone Diagram digunakan untuk mencari akar penyebab masalah yang ada. Meihkan tempat akarnya yang berupa garis. Di sebelah kiri garis tersebut, ada kategori masalah yang bisa berupa jenis sumber daya, teknologi, peralatan, manusia, metode dan material. Di sebelah kanan garis tersebut, ada hubungan antara kedua kategori yang terkait dengan masalah yang ada. Hal ini memberikan pelajaran dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien.



Fishbone Diagram adalah metode yang berguna bagi organisasi untuk memecahkan masalah oleh sekelompok orang yang berbeda. Masalah tidak dilihat sebagai suatu patokan tetapi punya struktur yang mengarah pada perancangan jangka panjang. Saran yang terhadap masalah yang dihadapi hanya dapat dibuat setelah aspek penyebabnya ditentukan. Teknik fishbone diagram ini akan menyebabkan kerjasama yang lebih baik dan komunikasi yang lebih efektif di antara anggota tim. 

Bagi organisasi, penggunaan Fishbone Diagram akan menambah kemampuan strategis dalam menyelesaikan masalah. Online Fishbone Diagram dapat membantu anggota tim untuk saling berbagi untuk melihat dan mengintegrasikan rekomendasi setelah mendapatkan gambaran luas masalah. Hal ini dapat mengurangi frustrasi yang berpusat pada satu individu. 

Baca juga: apa itu digital marketing

Fishbone Diagram adalah metode yang berguna bagi organisasi untuk menganalisa kondisi sekarang dan mencari akar masalahnya. Hal ini dapat membantu organisasi menyelesaikan masalah secara efektif dan meningkatkan kemampuan strategis. Dengan menggunakan Fishbone Diagram, anggota tim dapat bekerja sama lebih baik sehingga semua masalah dapat diselesaikan secara efisien.

Add Comments


EmoticonEmoticon