Monday, November 7, 2016

Ini 5 Fakta Paru-paru yang Mungkin Belum Kamu Tahu








eketawa.com, Paru-paru, merupakan salah satu organ yang paling banyak jadi perhatian. Terutama karena Ibu Kota yang penuh dengan polusi dan juga asap rokok membuatnya menjadi berbercak dan tak lagi sehat. Sama seperti jantung, paru-paru juga salah satu organ yang paling banyak dirusak oleh gaya hidup yang tak sehat. 


Karena itulah, banyak kampanye-kampanye baik di dalam maupun luar negeri yang fokus untuk membantu dan menyemangati masyarakat untuk merawatnya. Tapi masalahnya, merawat, apa lagi mengobati penyakit paru-paru tidaklah mudah. Untuk itu, kenapa tidak memulainya dengan mengenal lebih jauh tentang paru-parumu? 


1. Paru-paru merupakan alat respirasi. Tapi jangan dikira respirasi itu sama dengan bernapas. Dilansir dar5i Facts Legend, bernapas melibatkan pengumpulan oksigen dan pengeluaran karbondioksida lewat hidung. Dengan kata lain, proses pernapasan merupakan sebuah proses pemecahan oksigen sehingga bisa digunakan sel-sel dalam tubuh. Nah, pernapasan ini hanya salah satu bagian dari sistem respirasi. Terlebih, pekerjaan utama dari paru-parumu sebenarnya adalah memproses oksigen itu sendiri. 


Ini 5 Fakta Paru-paru yang Mungkin Belum Kamu Tahu | via: reference.com


2. Kamu mungkin tahu, kalau eketawers normalnya memiliki 2 paru-paru. Tahukah eketawers berapa berat masing-masing? Masih dari sumber yang sama, berat paru-paru kanan kurang lebih seberat 1,3 kg dan yang kiri 0,5 kg. Mungkin tiap orang punya berat paru-paru yang berbeda, tapi umumnya, paru-paru bagian kiri lebih ringan dari yang kanan. 








Ini 5 Fakta Paru-paru yang Mungkin Belum Kamu Tahu | via: juarabiz.com


3. Bayangkan jika paru-parumu adalah sebuah kantong ajaib yang berisi oksigen. Para peneliti mengestimasikan total luas internal paru-paru pada orang dewasa sekitar 30-50 m2


Ini 5 Fakta Paru-paru yang Mungkin Belum Kamu Tahu | via: youtube.com


4. Kamu mungkin berpikir, dua ‘kantung udara’ pada tubuhmu ini bisa kembang kempis dengan sendirinya, karena terisi dengan oksigen. Padahal, kembang-kempisnya paru-paru disebabkan diafragma yang memijat atau memeras. Nah, kalau diafragma itu kehilangan fungsinya, eketawers akan kesulitan bernapas. 


Ini 5 Fakta Paru-paru yang Mungkin Belum Kamu Tahu | via: youtube.com


5. Jangan bayangkan paru-paru hanya sebatas kantung. Karena di dalamnya terdapat 300-500 juta alveoli, kantung udara kecil yang seperti sponge, yang tiap-tiapnya tak lebih tebal dari sel. Alveoli inilah tempat terjadinya karbondioksida dan oksigen saling bertukar tempat.


Ini 5 Fakta Paru-paru yang Mungkin Belum Kamu Tahu | via: youtube.com 



Unik & Lucu untuk Eketawers- sumber:bintang.com Ini 5 Fakta Paru-paru yang Mungkin Belum Kamu Tahu









Ini 5 Fakta Paru-paru yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Add Comments


EmoticonEmoticon