Monday, September 19, 2016

Sederet Komposisi yang Buktikan Sisi Jenius Ahmad Dhani






eketawa.com, Sebelum terjun ke dunia bisnis dan politik, Ahmad Dhani lebih dulu dikenal sebagai pentolan band Dewa 19. Ia juga menjadi mastermind dari Republik Cinta Management yang menaungi musisi-musisi hebat lainnya.


Kembali ke masa-masa emas di dunia musik, suami Mulan Jameela ini punya harta karun tak ternilai. Lagu-lagu yang ia ciptakan untuk Dewa 19, solo atau project lain kerap mengundang decak kagum dari para penikmat musik. Progresi chord yang tak umum dan aransemen megah jadi ciri khas musik ala Dhani.


Mendiang Mike Mohede pun menyebut sosok Ahmad Dhani sebagai seorang jenius di bidang musik. Setiap karya yang dibuatnya meninggalkan kesan tersendiri yang mungkin tak terpikir oleh musisi lain. 


Lagu-lagu apa saja yang menjadi bukti kehebatan Ahmad Dhani Prasetyo meramu musik? Intip daftarnya di bawah ini.


 


1. Kirana – Dewa 19


Dirilis pada tahun 1997, Kirana merupakan salah satu dari sedikit karya Dewa 19 yang bernuansa kelam. Dengan vokal Ari Lasso pada saat itu, lagu ini termasuk karya Dhani yang cukup ‘rumit’.


2. Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada – Chrisye feat Ahmad Dhani


Di album Senyawa, Chrisye menggaet para musisi di generasi bawahnya, termasuk Ahmad Dhani. Mereka membawakan lagu duet Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada. Lirik yang penuh bahan renungan diimbangi dengan balutan aransemen bernuansa gothic.








3. Kasidah Cinta – Dewa 19



Sebagai pencipta lagu dan komposer, Ahmad Dhani sangat piawai membuat lagu pop ballad yang tak biasa. Seperti di lagu Kasidah Cinta, di mana ia juga berperan sebagai vokalis.


4. Makhluk Tuhan Paling Seksi – Mulan Jameela


Mulan Jameela banyak membawakan lagu-lagu ciptaan Ahmad Dhani. Seperti Makhluk Tuhan Paling Seksi, yang memadukan unsur musik orkestra, India dan elektronik.  


5. Roman Picisan



Bicara tentang lagu beraransemen keren, tentunya tak lepas dari lagu Roman Picisan yang dipopulerkan Dewa 19. Lagu ini jadi salah satu masterpiece Ahmad Dhani bersama band legendarisnya itu.


6. Cemburu



Yang terakhir masih dari Dewa 19 era Once. Single catchy bertajuk Cemburu memiliki tatanan musik yang unik. Ada sediki nuansa musik Queen di situ. Tembang ini ditulis oleh Dhani bersama Once. Meski cukup jarang ditampilkan secara live, tak mengurangi popularitas lagu ini di kalangan penggemar.



Unik & Lucu untuk Eketawers- sumber:bintang.com Sederet Komposisi yang Buktikan Sisi Jenius Ahmad Dhani









Sederet Komposisi yang Buktikan Sisi Jenius Ahmad Dhani

Add Comments


EmoticonEmoticon