Friday, September 16, 2016

Heboh Mario Teguh vs Kiswinar: Seberapa Akuratkah Tes DNA?






eketawa.com, Heboh kasus Mario Teguh vs Kiswinar sepertinya telah membuat orang bertanya-tanya tentang apa itu tes DNA dan seberapa akuratkah hasil dari tes DNA tersebut. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Mario Teguh meminta Kiswinar untuk melakukan tes DNA untuk mengetahui apakah dia memang benar-benar anaknya.


Lalu apakah itu tes DNA? DNA atau Deoxyribo Nucleic Acid adalah asam nukleat yang menyimpan seluruh informasi tentang genetika. Tes DNA dipilih oleh seseorang lantaran memiliki kekuatan hukum karena dilakukan oleh para ahli, hasil tes DNA pun tidak akan pernah berubah sepanjang hidup seseorang.


Kemudian pertanyaan yang muncul adalah seberapa akuratkah tes DNA? Dr Farhat Surya yang menjabat sebagai dokter kepala staf medis di salah satu rumah sakit di Jawa Timur dalam akun Facebook pribadinya mengungkapkan keakuratan dari tes DNA.








Mario Teguh dan Ario Kiswinar


“Untuk akurasi kebenaran dari tes DNA hampir mencapai 100% akurat,” tulis Dr Farhat Surya dalam Facebook-nya, Selasa (13/9/2016). Lebih jauh ia menjelaskan adanya kesalahan bahwa kemiripan pola DNA bisa terjadi secara random (kebetulan) sangat kecil kemungkinannya, mungkin satu diantara satu juta.


Lembaga Biologi Molekul Eijkman menjelaskan hampir semua sampel biologis tubuh dapat digunakan untuk sampel tes DNA, tetapi umumnya yang paling sering digunakan adalah darah, rambut, usapan mulut pada pipi bagian dalam (buccal swab), dan kuku. Sampel tersebut kemudian disegmentasikan menggunakan enzim, dan disusun menggunakan proses yang disebut elektroforesis.



Unik & Lucu untuk Eketawers- sumber:bintang.com Heboh Mario Teguh vs Kiswinar: Seberapa Akuratkah Tes DNA?









Heboh Mario Teguh vs Kiswinar: Seberapa Akuratkah Tes DNA?

Add Comments


EmoticonEmoticon