Sunday, June 19, 2016

Ini efek kesehatanmu jika tidur dengan lampu terang atau gelap


eketawa – Saat tidur pada malam hari biasanya eketawers menyalakan lampu atau malah mematikannya? Ada orang yang memilih untuk tidur dengan lampu terang tapi banyak juga yang meyakini lebih nyaman tidur dengan suasana gelap. Selain karena alasan kenyamanan, sebenarnya ada nggak sih pengaruhnya terhadap kesehatan? Lantas mana yang lebih baik bagi kesehatan tidur dengan lampu terang atau gelap?


Dilansir eketawa dari Health, Minggu (19/6), kamar tidur harus benar-benar berada dalam kondisi tenang dan nyaman untuk tidur. Meredupkan atau mematikan lampu jadi salah satu cara untuk menciptakan kondisi tersebut. Tubuh kita diprogram untuk tidur dalam keadaan gelap sehingga dengan mematikan lampu dapat membuat ritme tubuh jadi lebih mudah untuk lekas tidur.


Selain itu, adanya cahaya dapat menghambat sekresi hormon melatonin yang secara alami diproduksi selama kita tidur. “Bahkan jika eketawers tertidur, cahaya tetap terdeteksi melalui kelopak mata dan otak sehingga tubuh gagal memproduksi melatonin karena bingung membedakan antara siang dan malam,” kata Joyce Walsleben, PhD, profesor di New York University School of Medicine.


Penelitian sebelumnya juga dijelaskan bahwa cahaya pada malam hari diperkirakan menjadi salah satu pemicu obesitas yang tak diketahui banyak orang. Para peneliti dari Leiden University Medical Centre di Belanda menemukan bahwa lampu buatan ternyata dapat mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh yang berdampak pada meningkatnya berat badan. Jadi, lebih baik semua lampu memang harus dimatikan pada saat tidur, termasuk lampu dari gadget eketawers.



(brl/ani)



Unik & Lucu untuk Eketawers- sumber:eketawa Ini efek kesehatanmu jika tidur dengan lampu terang atau gelap



Ini efek kesehatanmu jika tidur dengan lampu terang atau gelap

Add Comments


EmoticonEmoticon