Saturday, June 11, 2016

16 Kebiasaan sederhana ini jadi kunci membangun keluarga bahagia


Keluarga adalah ‘rumah’ yang paling nyaman bagi masing-masing orang. Orang-orang yang memiliki link kekerabatanlah yang paling peduli pada apa pun yang eketawers alami dalam hidup. Untuk itu, nuansa keluarga harus dibuat senyaman mungkin, agar setiap orang benar-benar merasa mendapatkan kebahagiaan yang tiada duanya.







Kebahagiaan tidak ujug-ujug hadir menyelubungi sebuah keluarga. Butuh usaha untuk membangunnya, yang dipimpin oleh kepala keluarga dan partisipasi semua anggota keluarga. Langkah awal dari semua ini adalah komunikasi yang baik.


Nah, 15 kebiasaan ini terlihat sederhana namun tak disangka merupakan kunci membangun keluarga bahagia. Apa saja sih? Lihat sendiri di bawah ini, seperti dirangkum eketawa.net dari Health.com, Sabtu (11/6).


1. Membuat misi.








Tak berbeda dengan organisasi atau perusahaan yang membuat misi sebagai cara untuk memperjelas visi, keluarga pun demikian. Misalnya untuk mengajarkan nilai-nilai pada anak-anak, membuat satu sama lain menjadi semakin dekat, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, semua anggota keluarga harus turut berperan.


2. Berlibur ke tempat bersejarah keluarga.



Tempat di mana ayah dan ibu bertemu, atau tinggal masa kecil keduanya dapat mempererat kedekatan antar anggota keluarga. “Mendatangi tempat bersejarah keluarga dapat mengeratkan hubungan,” kata ahli parenting Amy Goyer.


Bahkan lebih baik jika memungkinkan untuk menjemput nenek dan kakek untuk liburan bersama-sama. Mereka adalah sosok penting dalam keluarga.


3. Dekatkan anak-anak yang dengan kakek-nenek.



Pastikan dua generasi memiliki banyak waktu untuk saling mengunjungi dan bicara. “Koneksi antar generasi memiliki manfaat jangka panjang baik bagi kakek-nenek, orang tua, dan anak-anak,” tegas tingle.


Salah satu caranya adalah dengan membiarkan anak-anak berbincang dengan kakek-nenek mereka. Anak-anak akan menyukai kisah-kisah tentang mereka sendiri dari kakek-neneknya.


“Berbagi cerita seputar keluarga dengan cucu merupakan kebiasaan keluarga yang memberikan rasa menghubungkan antar generasi,” kata Carroll tingle, ahli keluarga dari University of Alabama.


4. Adakan pertemuan keluarga rutin.



Pertemuan keluarga dapat dijadwalkan secara rutin seperti makan bersama setiap malam minggu. Diskusi dapat seputar kegiatan minggu terakhir, jadwal yang akan datang atau masalah yang dihadapi anak di sekolah.


5. Mereka kegiatan khusus bersama.



Membangun rutin di mana semua anggota keluarga terlibat penting dilakukan. Semisal menonton film bersama, pergi ke pasar bersama atau memasak bersama. Interaksi yang kuat dapat mendekatkan satu sama lain.


6. Sering berterima kasih satu sama lain.



Ini bisa membangun perasaan menghargai satu sama lain. Misalnya ketika anak membersihkan meja makan tanpa diminta, mengepel lantai dan lain sebagainya.


Sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang menulis surat ucapan terima kasih dapat membuatnya lebih bahagia. Penelitian lain menunjukkan bahwa bersyukur pada umumnya dapat membuat kita tidak hanya bahagia, tapi juga menyehatkan.


7. Bersama-sama terlibat dalam kegiatan masyarakat.



Menjadi relawan adalah bentuk syukur dalam tindakan atau ungkapkan terima kasih dengan melakukan sesuatu yang positif untuk orang lain. Waktu yang dihabiskan dalam melayani orang lain mengajarkan nilai-nilai empati.


8. Menyisihkan waktu untuk bersama anak satu per satu.



Waktu yang dihabiskan bersama seluruh anggota keluarga adalah penting, tetapi menghabiskan waktu dengan masing-masing anak-anak secara individual tak kalah penting.


Setiap anak memiliki keunikan dan perlu arah yang berbeda satu sama lain. Orang tua dapat memilih hari-hari tertentu dalam seminggu untuk menghabiskan waktu khusus dengan masing-masing anak-anak, baik di rumah atau di luar rumah. Orang tua juga dapat menghabiskan waktu sebelum tidur dengan masing-masing anak secara terpisah.


Ternyata memang simpel kan, caranya? Cek tips selanjutnya, nomor 12 dan 13 tips yang sangat masuk akal .. KLIK NEXT


(BRL / GIB)



Unik & Lucu untuk Eketawers 16 Kebiasaan sederhana ini jadi kunci membangun keluarga bahagia sumber:kabarna









16 Kebiasaan sederhana ini jadi kunci membangun keluarga bahagia

Add Comments


EmoticonEmoticon