Tuesday, April 1, 2014

Pemilu 2014: Ada 15 Cara Mencoblos Kartu Suara yang Sah



Indonesia akan menyelenggarakan Pemilu 2014 pada tanggal 9 April 2014. 
Ada 15 Cara pemberian suara dengan cara mencoblos pada Surat Suara yang dinyatakan SAH, sebagai berikut:








Suara dinyatakan "SAH" apabila dicoblos dengan salah satu cara sebagai berikut:

(1)
Tanda coblos pada kolom yang memuat nomor urut, tanda gambar, dan nama Partai Politik, suaranya dinyatakan sah 1 (satu) suara untuk Partai Politik.

(2)
 Tanda coblos pada kolom yang memuat nomor urut dan nama calon anggota, suaranya dinyatakan sah 1 (satu) suara untuk nama calon yang bersangkutan dari Partai Politik yang mencalonkan.

(3)
 Tanda coblos pada kolom yang memuat nomor urut, tanda gambar dan nama Partai Politik, serta tanda coblos pada kolom yang memuat nomor urut dan nama calon dari Partai Politik yang bersangkutan, suaranya dinyatakan sah 1 (satu) suara untuk nama calon yang bersangkutan dari Partai Politik yang mencalonkan.

(4)
Tanda coblos pada kolom yang memuat nomor urut, tanda gambar, dan nama Partai Politik, serta tanda coblos lebih dari 1 (satu) calon pada kolom yang memuat nomor urut dan nama calon dari Partai Politik yang sama, suaranya dinyatakan sah 1 (satu) suara untuk Partai Politik.

(5)
Tanda coblos pada kolom yang memuat lebih dari 1 (satu) calon pada kolom yang memuat nomor urut dan nama calon dari Partai Politik yang sama, suaranya dinyatakan sah 1 (satu) suara untuk Calon.

(6)
Tanda coblos terletak diantara 2 calon pada kolom yang memuat nomor urut dan nama calon dari Partai Politik yang sama, suara sah 1 (satu) suara untuk Partai Politik.

(7)
Tanda coblos terletak pada GARIS kolom yang memuat nomor urut dan nama calon dari Partai Politik yang sama, suara sah 1 (satu) suara untuk Partai Politik.

(8)
 Tanda coblos terletak selain di kolom yang memuat nomor urut, tanda gambar dan nama Partai Politik dan nomor urut dan nama calon, namun masih satu tempat dengan kotak tersebut (berwarna abu-abu), suaranya sah 1 (satu) suara untuk Partai Politik.

(9)
 Tanda coblos terletak pada nomor urut calon tanpa nama, suara sah 1 (satu) suara untuk Partai Politik.

(10)
 Tanda coblos lebih dari satu pada kolom yang memuat nomor urut, tanda gambar dan nama Partai Politik, suaranya dinyatakan sah 1 (satu) suara untuk Partai Politik.

(11)
 Tanda coblos tepat pada garis di kiri atau di kanan satu kolom yang memuat nomor urut dan nama calon, suaranya dinyatakan sah 1 (satu) suara untuk Calon.

(12)
Tanda coblos pada satu kolom yang memuat nomor urut dan nama calon, serta tanda coblos pada kolom abu-abu, suaranya dinyatakan sah 1 (satu) suara untuk Calon. 

(13)
 Tanda coblos pada satu kolom yang memuat nomor urut dan tanpa nama calon yang disebabkan calon tersebut meninggal dunia atau tidak lagi memenuhi syarat, DAN tanda coblos pada satu kolom yang memuat nomor urut dan nama calon dari satu partai politik yang sama, suaranya dinyatakan sah 1 (satu) suara untuk Calon yang masih memenuhi syarat.

(14)
 Tanda coblos pada lebih dari 1 (satu) calon pada masing-masing kolom yang memuat nomor urut dan nama calon dari partai politik yang sama , suaranya dinyatakan sah 1 (satu) suara untuk Partai Politik.

(15)
 Tanda coblos pada satu kolom yang memuat nomor urut, nama dan tanda gambar partai politik yang tidak mempunyai daftar calon, suaranya dinyatakan sah 1 (satu) suara untuk Partai Politik.

====================================================
Suara dinyatakan "TIDAK SAH" apabila dicoblos dengan salah satu cara sebagai berikut:

 (1)
 Tanda coblos pada kolom yang memuat nomor urut, tanda gambar, dan nama Partai Politik, Sedangkan tanda coblos calon terletak pada partai politik yg berbeda, suaranya dinyatakan TIDAK SAH.

(2)
  Tanda coblos terletak hampir mengenai garis/diluar kolom pada kolom yang memuat nomor urut, tanda gambar, dan nama Partai Politik, suaranya dinyatakan TIDAK SAH.

(3)
Tanda coblos terletak diantara kolom Partai Politik, suaranya dinyatakan TIDAK SAH.

(4)
  Tanda coblos pada kolom yang memuat nomor urut, tanda gambar dan nama Partai Politik, DAN tanda coblos pada kolom yang memuat nomor urut dan nama calon, SERTA ada tanda coblos diluar kolom, suaranya dinyatakan TIDAK SAH.

Add Comments


EmoticonEmoticon