Tuesday, March 11, 2014

Yuk Intip Kecanggihan Bandara Changi

Bandar Udara Changi, Singapura, merupakan pusat utama transportasi udara internasional dengan lebih dari 135.000 penumpang setiap hari. Akhir pekan ini, Singapore Airshow terbuka untuk umum.

Dilansir Business Insider, Senin 17 Februari 2014, pengelola bandara ini ingin menjadikan Bandara Changi menjadi terminal bandara yang tidak membosankan. Skytrax, perusahaan yang melacak kinerja dan tarif maskapai penerbangan dan bandara, menobatkan Changi Airport sebagai bandara terbaik di dunia.

Dengan latar belakang perjalanan, penumpang rentan mengalami stres. Untuk itu, Bandara Changi didesain menjadi ruang yang terbuka, luas dengan banyak tanaman hijau, taman, akses outdoor, dan area tempat duduk yang nyaman.

Ada juga fasilitas yang menakjubkan seperti taman kupu-kupu, kolam renang, bioskop, hotel, spa, dan kamar mandi. Bandara Changi akan menjadi tempat di mana penumpang benar-benar akan menikmati tempat singgah yang panjang.

Terminal terbaru Changi, Terminal 3, dirancang oleh CPG Consultants, dan bekerja sama dengan Woodhead, Tierra Design and SOM, Bartenbach LichtLabor dan Hugh Dutton & Associates.

Sebagian besar penumpang yang datang masuk melalui Terminal 3, terbaru dan terluas di Bandara Changi. Terminal ini memiliki luas 380.000 square feetdengan langit-langit tinggi dan terbuka, sehingga penumpang akan merasa lapang.

Ada juga taman vertikal yang rimbun yang disebut "green wall". Taman ini memiliki 20 varietas tanaman berbeda, tanaman merambat, dan bunga yang tumbuh di atasnya.

Penumpang juga akan sangat mudah mendapatkan Skytrain menuju atau keluar dari bandara di setiap terminal. Salah satu fasilitas terbaik di Changi adalah adanya kolam renang outdoordengan desain nuansa Bali, Indonesia, yang terletak di Terminal 1. 

Penumpang yang akan menggunakan kolam renang ini hanya membayar sekitar US$14, sedangkan untuk tamu yang menginap di Ambassador Transit Hotel tidak dipungut biaya.

Penumpang juga bisa melihat langsung pesawat yang lepas landas dan mendarat secara langsung dari taman di sebelah kolam renang. Kolam ini juga memiliki Tiki bar sendiri, juga dilengkapi dengan pusat kebugaran dengan kamar ganti dan kamar mandi.

Setiap terminal di Bandara Changi memiliki Ambassador Transit Hotel. Penumpang dapat menyewa kamar hotel minimal enam jam, jika merasa lelah dan harus melanjutkan perjalanan panjang. Sewa kamar hotel sebesar US$76 untuk 6 jam dan dikenakan biaya per jam setelah itu.

Kamar di hotel tersebut sama seperti hotel pada umumnya yang dilengkapi dengan TV, kamar mandi, dan meja. Beberapa kamar memiliki jendela yang melihat keluar aspal.

Bandara Changi memiliki sentuhan nuansa alam, yang mendorong penumpang untuk keluar ruangan menghirup udara segar, tetapi masih tetap berada di area bandara. Ada lima kebun yang berada di dalam bandara dengan ruangan terbuka, termasuk di antaranya taman bunga Matahari.

Ada juga taman kupu-kupu yang merupakan rumah bagi kupu-kupu cantik, bunga, dan tanaman hijau yang tumbuh subur. Taman ini juga dilengkapi dengan air terjun buatan setinggi 6 meter.

Fasilitas lain, Changi menyediakan tempat charger handphone tanpa dikenakan biaya yang dilengkapi dengan kunci, jika penumpang ingin meninggalkan telepon selulernya.

Teknologi tinggi

Semua fasilitas yang ada di bandara dilengkapi teknologi tinggi, termasuk toilet. Setiap toilet memiliki sistem monitoring elektrik, dan penumpang dapat menilai kebersihan. Jika tidak puas dengan layanan yang tersedia, cukup tekan "frowny face" pada monitortouchscreen.

Kemudian, tuliskan mengapa tidak puas dengan toilet tersebut, pesan tersebut akan terkirim ke pengawas toilet dan akan langsung mengingatkan petugas toilet yang ada di toilet itu.

Bandara Changi juga memiliki beberapa restoran dan toko-toko desainer high-end, seperti Gucci, Burberry, dan Hermes. Penumpang yang lelah, bisa menonton film di bioskop, ada dua bioskop di bandara.

Seluruh fasilitas yang ada di Changi akan membantu penumpang untuk rileks dan menjadi pengalaman terbang yang mampu meminimalisasi stres.

Kursi-kursi yang ada di bandara didesain agar penumpang merasa sangat nyaman untuk tidur, membaca, atau menonton TV.  

Hmm..bagaimana tertarik untuk berkunjung kesana?

Add Comments


EmoticonEmoticon