Friday, November 11, 2011

The Musalman, Koran Dengan Cetakan Tulisan Tangan

The Musalman (bahasa Urdu: مسلمان) adalah surat kabar harian tertua berbahasa Urdu yang diterbitkan dari Chennai di India.
Ini adalah sebuah koran sore dengan empat halaman, yang semuanya ditulis dengan tangan berbentuk kaligrafi. Tulisan tangan tersebutlah yang nantinya menjadi blueprint untuk cetakan yang akan diproduksi secara masal dengan mesin cetak.


Menurut Wired dan The Times of India, The Musalman mungkin merupakan satu-satunya surat kabar yang menggunakan tulisan tangan di dunia


Sejarah The Musalman :

Koran ini didirikan oleh Syed Janab Azmathullah Sahib pada tahun 1927.
Koran ini diresmikan oleh Dr Mukhtar Ahmed Ansari, presiden sesi Madras Kongres Nasional India.
Setelah kematian Janab Syed Azmathullah's, koran disunting oleh Janab sahib Fazullah Syed, yang meninggal pada tanggal 26 April 2008, pada usia 78.


Pada tahun 2007, Fazullah telah menyatakan khawatir bahwa kaligrafi mungkin mati dengan dia, karena anak-anaknya tidak tertarik menjalankan tradisi kaligrafi. Anak Fazullah, Syed Nasarulla, telah menyatakan bahwa ia tidak memiliki ketertarikan dalam kaligrafi, dan "akan terjadi perubahan ", ketika ia mengambil alih.

PARA PENULIS:

Para ahli kaligrafi, yang dikenal sebagai katib, bekerja di sudut kecil sebuah kantor satu kamar seluas 800 kaki persegi kaki. Mereka tidak memiliki fasilitas banyak , hanya dua kipas dinding, tiga lampu dan tabung cahaya.

Pada tahun 2008, tim kaligrafi terdiri dari satu laki-laki dan dua perempuan, yang bekerja hampir tiga jam pada setiap halaman koran yang ditulis tangan.

Produk yang ditulis tangan diproses ke foto negatif dan diproduksi secara massal dengan mesin cetak.

Rahman Husseini adalah kepala katib saat ini (penulis naskah) di kertas. Ia bergabung dengan surat kabar ini sebagai akuntan, dan mengambil alih sebagai Katib, ketika kepala katib yang terdahulu kemudian meninggal pada tahun 1980. Rahman Husseni mendapatkan Rs. 2.500 sebulan. Katib lainnya termasuk Shabana dan Khurshid. Mereka dibayar Rs. 60 sehari per halaman.

Reporter utamanya adalah Chinnaswamy Balasubramaniam, yang telah bergabung dengan koran ini selama 20 tahun terakhir.

Surat kabar ini memiliki koresponden di seluruh India, termasuk New Delhi, Kolkata, dan Hyderabad.
Kantor surat kabar sering menjadi tuan rumah penyair terkenal, pemimpin agama dan royalti.

Format Penulisan:

Surat kabar ini terdiri dari empat halaman. Halaman depan untuk berita nasional dan internasional, yang kedua dan halaman ketiga adalah untuk berita lokal, dan halaman keempat adalah untuk olahraga. Beberapa ruang kosong di sudut kanan bawah dari halaman depan untuk berita terbaru.

Pada April 2008, koran tersebut dijual dengan harga 75 paise untuk salinannya, dan memiliki sekitar 22.000 pelanggan.

Add Comments


EmoticonEmoticon