Saturday, November 5, 2011

Bohlam Tertua Buatan Pesaing Thomas A. Edison

The Centennial Light adalah bohlam tertua di dunia. Bohlam ini telah menyala selama 110th sejak tahun 1901. Hingga kini bohlam tersebut masih menyala dan tidak pernah dipadamkan secara sengaja.  Sebuah CCTV  sengaja dipasang selama 24 jam untuk terus memantau nyala lampu  bohlam tersebut. 
Lampu bohlam biasannya hanya bisa bertahan menyala selama 750 hingga 1000 jam. Bahkan bohlam modern hanya mampu bertahan selama 10.000 jam. Bohlam ini terpasang  di Kantor pemadam kebakaran  Fire Station 6, di Livermore, California Utara.

The Centennial Light pernah ditawar seharga $5000 dolar AS loh! Namun tidak dijual, dikarenakan nilai sejarah dan keunikannya.  Bahkan The Centennial Light mempunyai website sendiri (http://www.centennialbulb.org) dan tercatat di wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Centennial_Light)

Mengapa The Centennial Light bisa bertahan  selama itu? Rahasiannya terletak pada cara pembuatannya. Bohlam berkekuatan 60 watt ini dibuat dengan cara yang tradisional dan hanya dinyalakan dengan daya sekitar 4 watt saja. Tetapi, tidak seorangpun tahu mengapa lampu tersebut dapat tetap menyala,” kata Lynn Owens, salah satu orang yang terlibat dalam panitia perayaan nyala bohlam ke-110 tahun.


Rekor menyala lampu bohlam ini sebenarnya tidak sempurna. Itu karena bohlam pernah mengalami beberapa gangguan awal pada tahun 1901, lalu gangguan selama seminggu penuh pada 1937 dan gangguan suplai energi secara acak hingga tahun 1970an.

Bohlam ini ternyata dibuat Adolphe Chailet. Ia pernah bersaing dengan Thomas Edison untuk menciptakan bohlam terbaik.







Dikutip dari : beritaunik

Add Comments


EmoticonEmoticon