Monday, October 17, 2011

Asal Usul Piala Oscar

Academy Award atau disebut juga piala Oscar adalah penghargaan film paling utama di Amerika Serikat. Piala tersebut sebetulnya tidak mempunyai nama hingga pada tahun 1931.
Academy Award bermula di Hollywood sekitar tahun 1927 dan merupakan suatu acara pemberian penghargaan atas kerja keras anggota Academy Motion Picture Arts and Sciences, yaitu asosiasi professional pekerja film. Kelompok ini memerlukan semacam piala untuk acara pemberian hadiah saat makan malam.

Semua yang dimulai pada saat makan malam yang dihadiri 270 anggota tersebut berubah menjadi suatu tradisi yang berskala internasional yang tak kurang dari 6000 anggota academy menghadirinya.

Dibalik nama Oscar terdapat sebuah kisah tentang seorang petani kaya yang berasal dari Texas. Keponakan perempuannya adalah seorang penjaga perpustakaan (Margaret Herrick) pada "Academy of Motion Pictures Arts and Sciences". Suatu hari ia melihat sebuah patung dan secara spontan ia mengatakan bahwa patung ksatria itu mirip dengan pamannya yang bernama Oscar.

Seorang wartawan surat kabar kebetulan mendengarnya dan kemudian menerbitkan sebuah cerita, dengan menyebutkan bahwa "karyawan-karyawan memberi julukan patung terkenal itu dengan nama "Oscar". Sejak itu nama Oscar menjadi resmi dan digunakan terus.

Pernah sekali terjadi, Oscar tidak dibuat dari logam, yaitu pada waktu Perang Dunia II. Meskipun pada waktu itu Amerika kekurangan logam, piala Oscar tetap diberikan, namun terbuat dari kayu.


Sumber : metrogaya

Add Comments


EmoticonEmoticon