Viral

5 Fakta Sang Bupati Penajam Paser Utara, Kota Yang Jadi Ibu Kota Baru Indonesia

8

Penajam Paser Utara telah ditetapkan sebagai bagian dari Ibu Kota Republik Indonesia yang baru oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin, 26 Agustus 2019.

Selain Penajam Paser Utara, Presiden Jokowi juga telah menetapkan porsi di Kabupaten Kutai Kartanegara yang terletak di Tenggarong sebagai Ibu Kota baru.

Fakta Sang Bupati Penajam Paser Utara

Selain fakta tentang dua kandidat kabupaten untuk Ibu Kota ini, sosok pemimpin daerah juga menjadi perhatian.

Pasalnya, salah satu Bupati dari daerah itu, Penajem Paser utara, adalah seorang anak muda generasi milenial, yang berusia 31 tahun.

Adalah Abdul Gafur Mas (AGM), sosok bupati yang lahir di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 7 Desember 1987. Ia menjadi pemimpin Kabupaten Penajam Paser Utara, sebuah distrik muda yang berusia 17 tahun. Resmi Ibukota Negara Pindah Ke Kalimantan

Sharpen Utara dianggap memiliki keunggulan karena merupakan tetangga bagi Balikpapan. Kota ini adalah yang terbesar di Kalimantan yang memiliki bandara dan pelabuhan laut berskala internasional.

Selain muda, sosok RUPS juga menarik perhatian. Berikutnya, fakta menarik tentang Bupati Penajem Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud, dirangkum dari Instagram-nya, @abdulgafurmasud:

Salah satu bupati termuda

Penajem paser utara1 5 Fakta Sang Bupati Penajam Paser Utara, Kota Yang Jadi Ibu Kota Baru Indonesia
Bupati Paser Penajem Utara Abdul Gafur Mas’ud (Instagram / @ abdulgafurmasud)

Selain Emil Dardak dan Mochmad Nur Arifin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek (sekarang Emil adalah Deputi Gubernur Jawa Timur dan Mochamad Nur Arifin menjadi Bupati Trenggalek muda), Abdul Gafur Mas juga bupati termuda di Indonesia.

RUPS dipilih sebagai bupati Kabupaten Penajam Paser Utara untuk periode 2018-2023 berpasangan dengan Hamdam sebagai wakil bupati.

Ia berhasil mengalahkan Drs. H. Yusran Aspar, M.Sc., yang bertugas pada periode 2003-2008 dan 2013-2018.

Punya lima anak laki-laki

RUPS adalah yang termuda dari delapan bersaudara H. Mas & Hj. Syarifah Ruwaidah Alqadri. Dia memiliki seorang istri, bernama Hj. Risna dari Jenebora, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dari pernikahan mereka, mereka dikaruniai lima putra yaitu Muhammad Varos Algaris, Muhammad Radja Faqih Algaris, Muhammad Pangeran Rafi Saddan Algaris, Muhammad Khaisar Ali Ka & bah. Mas Algaris, Muhammad Kholifa Abdul Latif Khusain Algaris.

Lulusan S2

Penajem paser utara3 5 Fakta Sang Bupati Penajam Paser Utara, Kota Yang Jadi Ibu Kota Baru Indonesia
Bupati Paser Penajem Utara Abdul Gafur Mas’ud (Instagram / @ abdulgafurmasud)

Bupati milenial ini menjalani masa kecilnya di Kampung Baru Balikpapan dan bersekolah di sekolah dasar 09 Margasari Balikpapan.

Lulusan jurusan Ekonomi dari STIE APRIN Palembang ini melanjutkan pendidikannya dengan meraih gelar magister di Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur.

Aktif di media sosial

Penajem paser utara5 5 Fakta Sang Bupati Penajam Paser Utara, Kota Yang Jadi Ibu Kota Baru Indonesia

Seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, RUPS juga merupakan pejabat pemerintah yang aktif di media sosial.

Melalui Instagram, ia sering membagikan semua aktivitas ke 42 ribu pengikut-nya. Tidak hanya saat bertugas, tetapi juga dalam aktivitas sambil bersantai dalam kehidupan sehari-hari.

Sama seperti Kang Emil yang mahir memikat generasi milenium pos-Dan di media sosial, RUPS juga sering berbagi pos-an yang cenderung milenial.

Bahkan, seperti Kang Emil yang memberi julukan “cinta” kepada istrinya, Atalia Praratya, RUPS juga sering menyebut istrinya “doi”. Kegiatannya menjadikan RUPS sebagai salah satu bupati terpopuler di media sosial.

Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan

Selain menjadi bupati, RUPS juga berfungsi sebagai Ketua Dewan Manajemen Cabang (DPC) Partai Demokrat Balikpapan.

Melalui partai bertanda belas kasihan, RUPS maju sebagai calon bupati untuk Ibu Kota negara.

Itulah lima fakta menarik tentang Bupati Paser Penajem Utara Abdul Gafur Masud. Apa yang kamu pikirkan?

Loading...