Lifestyle

5 Keluarga Tajir Melintir Asia, Dari India Hingga Indonesia

16

5 Keluarga Tajir Melintir Asia: Ada keluarga Hartono dalam daftar keluarga terkaya di Asia yang baru-baru ini dirilis oleh Bloomberg. Dengan kekayaan US $ 32,5 miliar atau sekitar Rp446 triliun, keluarga Hartono berada di posisi ke-4 sebagai keluarga terkaya di Asia.

Keluarga Hartono tidak sendirian di jajaran keluarga terkaya di Asia. Masih ada sembilan keluarga lain yang memiliki kekayaan hingga puluhan miliar dolar.

Keluarga Tajir Melintir

Meskipun orang-orang terkaya di Asia jumlahnya cukup banyak, kategorisasi yang dibuat oleh Bloomberg tidak termasuk generasi pertama seperti Jack Ma. Media dari Amerika Serikat juga tidak termasuk yang terdaftar sebagai pewaris tunggal.

Lalu siapa keluarga yang disebutkan Bloomberg sebagai keluarga terkaya di Asia? Berikut daftarnya.

1. Keluarga Ambani

Keluarga Terkaya Ambani 900x621 5 Keluarga Tajir Melintir Asia, Dari India Hingga Indonesia
Keluarga Ambani

Dhirubhai Ambani adalah sosok yang berperan dalam pendirian raksasa bisnis Reliance Industries di India. Bisnis yang ia mulai sejak 1957 memiliki cakupan luas, mulai dari energi, petrokimia, sumber daya alam, ritel, hingga telekomunikasi. Pengeluaran per Keluarga di Singapura Rp 50 Juta per Bulan, Pendapatannya Berapa?

Sejak kematian Dhirubhai Ambani pada tahun 2002, kedua anaknya, Mukesh Ambani dan Anil Ambani, telah mengendalikan Industri Reliance. Berkat bisnis keluarga ini, keluarga Ambani dapat memiliki kekayaan hingga US $ 50,4 miliar dan menjadi keluarga terkaya di Asia.

2. Keluarga Kwok

Keluarga Terkaya Kwok 900x534 5 Keluarga Tajir Melintir Asia, Dari India Hingga IndonesiaKeluarga Kwok

Kwok Tak-seng mendaftarkan Sun Hung Kai Properties di Bursa Efek Hong Kong pada tahun 1972. Sekarang perusahaan properti yang dirintisnya memiliki nilai US $ 42,06 miliar atau sekitar Rp600 triliun.

Sun Hung Kai Properties adalah perusahaan properti terbesar di Hong Kong yang menjadikan Keluarga Kwok a keluarga terkaya di Asia dengan nilai total US $ 38 miliar. Setelah kematian Kwok Tak-seng, bisnis dilanjutkan oleh ketiga anaknya, yaitu Walter, Thomas dan Raymond.

3. Keluarga Chearavanont

Keluarga Terkaya Chea 900x476 5 Keluarga Tajir Melintir Asia, Dari India Hingga Indonesia
Keluarga Chearavanont

Chia Ek Chor meninggalkan warisan bisnis yang membuat putranya Dhanin Chearavanont menjadi salah satu orang terkaya di Thailand. Dhanin Chearavanont dikenal sebagai tokoh kunci dalam perkembangan pesat Charoen Pokphand yang didirikan pada 1921.

Charoen Pokphand dikenal sebagai kelompok bisnis yang mencakup pasokan ternak dan pakan ternak, eceran dan distribusi, hingga telekomunikasi. Berkat Charoen Pokphand, Keluarga Chearavanont dapat memiliki kekayaan US $ 37,9 miliar.

4. Keluarga Hartono

Keluarga Terkaya Hartono 5 Keluarga Tajir Melintir Asia, Dari India Hingga Indonesia
Keluarga-Terkaya-Hartono

Oei Wie Gwan mendirikan bisnis rokok dengan nama Djarum pada 21 April 1951 di Kota Kudus, Jawa Tengah. Bisnis ini kemudian dilanjutkan oleh kedua putranya, Robert Budi dan Bambang Hartono dan sekarang telah berubah sebagai salah satu raksasa bisnis di Indonesia.

Grup Djarum memperluas bisnisnya ke berbagai sektor. Salah satunya adalah sektor keuangan dengan memiliki saham mayoritas di Bank Central Asia (BCA). Dengan pengembangan Grup Djarum, Keluarga Hartono bisa memiliki kekayaan hingga US $ 32,5 miliar.

5. Lee Family

Keluarga Terkaya Lee 5 Keluarga Tajir Melintir Asia, Dari India Hingga Indonesia
Keluarga-Terkaya-Lee

Di Korea Selatan ada Keluarga Lee yang merupakan keluarga terkaya di Asia. Semua kekayaan yang mencapai US $ 28,5 miliar diperoleh oleh keluarga ini berasal dari kelompok bisnis di bawah bendera Samsung.

Menariknya, Samsung pada awalnya bukan bisnis elektronik yang memproduksi smartphone seperti sekarang. Sebelumnya Samsung adalah perusahaan dagang yang mengekspor buah-buahan, sayuran dan ikan pada tahun 1938. Samsung mulai memasuki sektor elektronik pada tahun 1969.

Ya, itu lima keluarga terkaya di Asia yang memiliki kekayaan hingga puluhan miliar dolar. Sejauh ini bisnis yang dikelola keluarga berada di bawah kendali generasi kedua hingga ketiga. Jangan mengesampingkan kemungkinan, kekayaan yang dimiliki keluarga ini akan terus bertambah seiring bisnis yang mereka jalankan.

Loading...