Tech

Google #JagaPrivasimu Upaya Google amankan Data Pribadi Kita

10 panduan berinternet aman dari Google Indonesia

5

Google #JagaPrivasimu: Google meluncurkan inisiasi #JagaPrivasimu supaya warga Indonesia pemakai internet dapat lebih perduli dalam membuat perlindungan data pribadinya.

Masalahnya jumlahnya pemakai internet di Indonesia sekarang sampai angka 171 juta. Lihat tempat geografis Indonesia, angka ini menyebar di beberapa pelosok Indonesia.

Sebab tidak semua pemakai internet telah teredukasi secara baik, bersama dengan Kemkominfo, BSSN, Siberkreasi, Kreavi, ICT Watch, serta ID-IGF, Google mendatangkan inisiasi keamanan serta privacy data ini.

241434141 Google #JagaPrivasimu Upaya Google amankan Data Pribadi Kita

10 panduan berinternet aman dari Google Indonesia:

1. Hati-Hati

Pemakai internet harus berhati-hati pada pesan yang minta info pribadi serta tidak bisa bagikan data pribadi orang tanpa ada izin orang itu.

Pemakai dianjurkan tidak untuk mengklik tautan atau membalas pesan meresahkan yang minta info pribadi seperti nama komplet, nama ibu, alamat rumah, e-mail, sinyal pengenal, nomer rekening, atau nomer kartu credit.

Walau pesan itu dikirim oleh situs yang kita yakin, seperti situs bank, jangan sampai click link atau membalas pesannya.

Semestinya datangi langsung situs atau aplikasi bank itu untuk login ke akunmu. Ingat-ingatlah, situs serta service sah tidak pernah kirim pesan untuk minta kirim sandi atau info keuangan lewat e-mail.

2. Validasi Link Meresahkan

Jangan sampai click link meresahkan, sebab mungkin saja link itu berisi halaman login palsu bikinan hacker.

Karena itu, yakinkan link yang kita akses ialah situs sah yang dengan diawali HTTPS. Masalahnya situs palsu membuat pemakai dapat terjerat phishing, yaitu usaha penipuan data pribadi melalui click link.

Pemakai internet di smartphone butuh waspada serta mengambil aplikasi cuma dari sumber paling dipercaya. Untuk piranti Android, yakinkan tetap mengambil aplikasi dari Google Play Store.

Masalahnya Google mempunyai Google Play Protect yang jaga keamanan piranti dengan lakukan kontrol keamanan pada aplikasi di Google Play Store sebelum pemakai mengambil serta memasangnya.

4. Up-date Software

Yakinkan selalu untuk memakai software paling baru untuk browser, skema operasi, plugin, serta editor dokumen. Saat terima pemberitahuan untuk up-date software, kerjakan selekasnya mungkin.

5. Cermati Peniru Identitas

Bila kita terima e-mail dari satu orang yang kita mengenal tetapi isi pesannya kelihatan aneh, mungkin saja account orang itu sudah diretas.

Karena itu, jangan membalas atau mengeklik tautan apa pun yang diberi. Contohnya, pesan yang minta uang sebab kondisi genting, orang dalam e-mail akui sedang terjerat di negeri orang, serta orang dalam e-mail yang akui hp dicuri atau tidak dapat ditelepon.

Dengan account Google, pemakai dapat memperoleh info dan mengendalikan setelan privacy serta keamanan di satu tempat.

Feature ‘Dasbor’ serta ‘Aktivitas Saya’ memberi transparansi data yang disatukan dari aktivitasmu di semua service Google.

Pemakai dapat juga mengendalikan privacy dengan ‘Kontrol Aktivitas’ serta ‘Setelan Iklan’ yang sangat mungkin untuk aktifkan atau menonaktifkan pengumpulan serta pemakaian data, dan mengendalikan semua service Google.

7. Yakinkan Jaringan Internet Aman

Pemakai butuh berhati-hati waktu menggunakan WiFi publik. Jaringan ini mungkin dienkripsi hingga siapa saja yang berada di jaringan itu dapat memonitor kegiatan kita di internet.

Jika pemakai masukkan info peka, yakinkan koneksi ke situs yang didatangi itu aman. Bila situs itu aman, browser seperti Chrome akan tampilkan simbol kunci gembok berwarna abu-abu di kotak URL.

Pemakai butuh ingat, jangan sampai memakai satu sandi yang sama di account berlainan. Imbuhkan info pemulihan account untuk menolong bila pemakai keluar dari account serta butuh memperoleh akses kembali.

Chrome menyiapkan feature pengelola sandi yang menolong membuat, jaga, serta memonitor semua sandi online pemakai.

Untuk bikin password yang kuat, pakai kombinasi huruf, angka, sampai sinyal baca supaya susah ditebak oleh botnet. Pemakai butuh ganti password dengan periodik.

Jangan sampai pakai default password, jangan taruh password di sembarangan tempat, serta jauhi password yang gampang ditebak seperti tanggal lahir, nama pasangan, nama sekolah, dan sebagainya.

9. Pakai Verifikasi Dua Langkah

Amankan account dengan Verifikasi 2 Langkah. Feature ini memberikan tambahan susunan keamanan tambahan ke account pemakai. Dengan mempersiapkan Verifikasi 2 Langkah, pemakai dapat meminimalisasipeluang akses tidak resmi ke account kita dengan relevan.

10. Cek Google Safety Center

Pemakai dapat memeriksa lebih detil tentang langkah jaga privacy serta keamanan waktu berinternet dengan masuk kesini.

Loading...