Tips

Cara Membuat Vlog Di Youtube, Jadi Vlogger Itu Mudah Kok!

Mencari uang zaman sekarang ini banyak caranya. Dengan menyalurkan hobi saja, kita bisa menghasilkan uang. Misalnya dengan menjadi

3

,Cara Membuat Vlog Di Youtube: Membuat Vlog di Youtube sepertinya bukan hal yang aneh lagi di Indonesia, ada banyak YouTuber Indonesia yang dengan sengaja membuat dan mengunggah Vlog mereka ke Youtube. Tidak jarang video Vlog dari YouTuber Indonesia masuk Tren video disertai dengan video populer lainnya.

Berita tentang penghasilan tinggi Youtuber dan ketenaran yang didapatnya sangat fantastis, membuat banyak orang di Indonesia ingin memulai karirnya di Youtube dan membuat Vlog. Sayangnya di Indonesia sendiri masih ada beberapa artikel atau tutorial yang menjelaskan tentang cara membuat vlog di YouTube.

Sekarang di artikel ini, akan menjelaskan sedetail dan sejelas mungkin jawaban untuk pertanyaan Anda yang berbunyi: “Bagaimana Anda membuat vlog di YouTube dan menjadi YouTuber yang terkenal?”

241434141 Cara Membuat Vlog Di Youtube, Jadi Vlogger Itu Mudah Kok!
Cara menjadi Vlogger, foto: via grid.id

Cara Membuat Vlog Di Youtube

Bagi Anda yang memasukkan artikel ini secara tidak sengaja, dan Jangan tahu apa itu Vlog, ini penjelasannya.

Apa itu Vlog?

Vlog adalah singkatan dari Video Blog atau dapat juga diartikan sebagai Blog dalam bentuk Video. Vlog biasanya merekam aktivitas seseorang atau berisi diskusi tentang topik tertentu. Vlogs sekarang lebih idealistis dengan YouTube, travel vlogers dan MotoVlogs adalah dua topik paling populer dan sering digunakan oleh YouTuber untuk membuat blog video.

Jadi jika posting blog biasanya menjelaskan dan membahas topik tertentu melalui serangkaian tulisan, gambar dan file multimedia lainnya, sedangkan vlog menjelaskan atau mendiskusikan topik-topik tertentu melalui rekaman percakapan dan video plus file multimedia pendukung lainnya seperti musik dan gambar.

Vloger 1 Cara Membuat Vlog Di Youtube, Jadi Vlogger Itu Mudah Kok!
Cara Menjadi Vlogger Terkenal, foto: rencongpos.com

5 Langkah Mudah Membuat Vlog yang Populer

Langkah pertama , buat akun YouTube dan channel  YouTube

Modal awal untuk menjadi YouTuber adalah membuat akun dan saluran dengan nama yang unik dan menarik di Youtube.

Bagaimana?, Cara Membuat Saluran Youtube Terkenal

Tahap kedua, Bersiap untuk Membuat Vlog

Gunakan kamera yang bagus untuk merekam Vlog, minimal kamera dengan resolusi video 720p, tetapi jika Anda dapat menggunakan kamera 1080p sehingga kualitas vlog semakin maksimal.

Kamera apa yang cocok untuk vlog?

Ada yang bilang untuk membuat Vlog kita membutuhkan kamera kelas DSLR , tapi sebenarnya dengan kamera murah dan pencahayaan yang bagus, Vlog akan tetap terlihat profesional dan nyaman untuk ditonton.

Perhatikan juga kualitas audio vlog Anda, jika mikrofon internal pada kamera tidak menghasilkan suara maksimal, Anda dapat menggunakan mikrofon eksternal yang tidak terlalu mahal. Anda juga dapat menggunakan mikrofon pada Smartphone jika hasilnya lebih jelas daripada audio yang dihasilkan oleh kamera.

Vlog tentang apa yang harus saya buat?

Jawabannya tergantung pada apa yang ingin Anda capai. Jika Anda hanya ingin mengunggah vlog ke YouTube, unggah video kehidupan sehari-hari Anda dari bangun hingga tidur lagi, tetapi video Anda dijamin tidak populer, yang sebagian besar hanya menonton 2 atau 3 orang hehe.

Jika Anda ingin vlog Anda menjadi populer dan ditonton banyak orang, unggah vlog menggunakan salah satu dari 13 topik video YouTube yang disukai publik. Baca di sini: Topik Saluran Youtube Paling Populer.

Silahkan buat Vlog dengan topik yang Anda buat sendiri, tapi ingat! Jangan pernah meniru YouTuber Vlog yang terkenal, YouTuber terkenal memang sering mengunggah Vlog dengan topik yang tidak penting tetapi banyak pemirsa, ini karena audiens tidak memikirkan topik vlog, tetapi siapa yang membuat vlog.

Sekarang, jika Anda sudah memiliki kamera yang bagus, topik yang ingin Anda angkat dan peralatan pendukung lainnya, kemudian beralih ke langkah berikutnya.

Langkah ketiga, Buat Vlog pertama Anda

Misalnya, jika Anda ingin membuat vlog perjalanan, sebagai saluran YouTube baru, jangan lakukan terlalu banyak layanan busuk, karena itu akan meningkatkan rasio pentalan video kami.

Hindari itu intro atau pengantar yang terlalu panjang, misalnya, “Selamat datang di saluran Ngevlog, saluran ini adalah saluran yang secara khusus mengunggah vlog berkualitas tinggi tentang apa pun yang dapat direkam, kali ini saya ingin pergi ke Bandung dan menemukan alam yang tersembunyi cantik, … sambil meneriakkan halo, warga bandung, bagaimana kabarmu? Jangan lupa untuk berlangganan, suka berbagi, tonton video lain dan kunjungi situs web kami sehingga saya bisa menjadi kaya dan menghasilkan banyak uang ”

Sebenarnya, kita bisa membuat judul video menggunakan kalimat yang efektif sehingga orang akan tahu apa isi vlog tanpa harus dijelaskan dengan cara yang bertele-tele. Di awal video hanya buka dengan singkat “Hai aku gissa, hari ini aku ingin pergi ke Bandung dan menjelajahi keindahan alamnya” … sambil manasin mesin sepeda motor.

Ambil video sebanyak mungkin

Biasanya YouTuber menyebutnya footage, yah jika kita merekam banyak video maka kita akan memiliki banyak bahan untuk dibawa pulang dan kita edit. Setiap kali kita merekam video, kita akan membuat kesalahan atau kita merasa rekaman kita tidak benar, tidak cukup keren.

Semakin banyak rekaman yang kita miliki, semakin banyak kita dapat dengan bebas mengedit video mentah dari kamera menjadi Vlog yang siap diunggah ke YouTube.

Edit Vlog untuk membuatnya lebih sempurna

Perangkat lunak apa yang Anda gunakan? Anda dapat menggunakan beberapa perangkat lunak pengeditan video seperti Adobe Photoshop dan After Effects. Tetapi jika Anda tidak benar-benar memahami cara menggunakannya.

Langkah keempat, Unggah Vlog

Jika Anda sudah memiliki Vlog yang siap diunggah ke YouTube, segera unggah dengan optimasi khusus sehingga video Anda menjadi populer dengan cepat.

Beberapa optimasi yang dapat Anda lakukan dengan mudah meliputi:

  • Berikan judul vlog yang menarik dan terkait dengan trending topic
  • Tulis deskripsi vlog yang jelas dan panjang
  • Promosikan vlog melalui media sosial
  • Bagikan vlog melalui forum Kaskus, dan situs yang memungkinkan kami berbagi video.
  • Baca Cara Melengkapi Optimasi SEO Video Youtube Di Sini

Langkah kelima, Yang Harus Anda Lakukan Agar Saluran Anda Dapat Tumbuh

Banyak yang mengeluh setelah membaca artikel – tip dan trik untuk menjadi pemain YouTube di sini karena mereka mengatakan telah membuat saluran youtube dan mengunggah video tetapi tidak dikenal. Ternyata mereka suka instan hehe.

Baru saja mengunggah video 1 dan kemudian mengeluh bahwa pelanggan dan pendapatan tidak meningkat, karena gambar YouTuber akan mulai menjadi sukses dan diketahui secara rata-rata ketika telah aktif di Youtube selama setidaknya 6 bulan dengan 1 video baru dan asli setiap 2 minggu.

Lalu bagaimana cara membuat saluran Anda lebih cepat populer?

Satu-satunya cara untuk membuat saluran YouTube populer adalah Anda hanya dapat melakukan 2!

  1. Unggah video unik (tidak mengunggah video orang lain dan yang pertama) dengan membahas topik yang sedang dicari oleh banyak orang.
  2. Unggah video berkualitas setiap hari dan lakukan optimasi dengan maksimal

Saya telah melakukan kedua metode di atas dan hasilnya stabil, misalnya kemarin ketika gerhana matahari total terjadi di Indonesia,  secara rutin mengunggah video tentang gerhana matahari dan selama Februari hingga Maret, jumlah penayangan video di saluran tersebut.

Saya juga telah memuat ulang video orang lain pada saat peristiwa Bom Sarinah, pada saat itu saluran ini mengunggah video tentang bom Sarinah yang diperoleh dari saluran youtube lain, hasilnya sangat fantastis 1 hari mendapat 500.000 tampilan tetapi beberapa hari setelah insiden pemboman Sarinah berakhir, Saluran saya dipukul dengan mogok hak cipta dan videonya dihapus. Hal-hal seperti ini menyebabkan jumlah tampilan menurun drastis.

Saya juga sedang mengelola Saluran YouTube dengan siklus unggahan video harian , semua video yang saya buat dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan angka pendapatan, dengan tema teknologi dan hasilnya fantastis, video yang saya unggah selalu berhasil menembus angka 10.000 dilihat pada hari pertama .

Vlogger terkenal

Di arena internasional ada CaseyNeistat yang merupakan salah satu YouTuber terkenal untuk vlog-nya. Sementara di Indonesia ada beberapa YouTuber yang sering membuat Vlog, misalnya Raditya Dika dengan RVLOG

Setelah menyelesaikan artikel yang menjelaskan cara membuat vlog di YouTube, semoga artikel dari bagian 1001 bagaimana menjadi YouTuber dapat dipahami dan dapat digunakan sebagai referensi yang bermanfaat bagi Anda pengguna YouTube Indonesia yang bercita-cita tinggi.

Originally posted 2019-08-19 22:08:30.

Loading...