Tips

Apa Itu SKCK dan Fungsinya, Begini cara mengurusnya Secara online

8

cara mengurus SKCK online: Polisi terus melakukan terobosan terbaru untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, salah satu produknya adalah layanan SKCK on line. Ini tentu saja merupakan bentuk kesiapan kelembagaan POLRI dalam menghadapi kemajuan teknologi digital.

Di masa lalu, warga mungkin ingin mengajukan permohonan penerbitan SKCK untuk mengantri di kantor polisi. Tapi sekarang Anda tidak perlu lagi mengantri. Bayangkan betapa membosankannya menunggu dalam antrean, terutama selama musim pembukaan tes CPNS.

Dengan ponsel pintar atau komputer dan jaringan internet, Anda bisa mendapatkannya surat perilaku yang baik ini. Jadi apa yang harus dilakukan? bagaimana membuat SKCK on line, berapa biayanya dan di mana mendaftar?

Apa Itu SKCK

SKCK Online begini cara bikinnya Apa Itu SKCK dan Fungsinya, Begini cara mengurusnya Secara online
Ini adalah pemahaman SKCK bagi Anda yang belum mengetahuinya, (Instagram / @ skckrestabesbandung).

SKCK adalah singkatan dari Certificate of Police Records. Dari ekstensi, Anda sudah tahu bahwa surat ini secara resmi dikeluarkan oleh institusi Polri. Surat itu akan berisi catatan polisi dari setiap individu yang mengajukan sehubungan dengan tindakan kejahatan atau kejahatan.

simak Juga: 5 Alasan Kenapa Calon Suami PNS Jadi Idaman Orang Tua. Katanya Sih Jaminan Mapan dan Sejahtera~

Ini berarti bahwa jika Anda telah melakukan tindak pidana, seperti mencuri, melakukan kekerasan terhadap seseorang yang menyebabkan Anda masuk penjara, maka surat ini akan ditampilkan dengan jelas. Jika Anda tidak pernah melakukan pelanggaran, kemudian dalam surat itu tertulis bahwa Anda tidak memiliki catatan kriminal.

Saat itu untuk memilikinya mungkin hanya dilakukan dengan cara tertentu offline dengan pergi langsung ke kantor polisi terdekat. Tetapi sekarang, Kepolisian Nasional telah menyediakan fasilitas dengan meluncurkan fasilitas SKCK on line.

Sementara masa berlaku hingga 6 bulan sejak dikeluarkan. Jadi, jika sudah lewat 6 bulan dan Anda perlu surat itu lagi, maka pemegang kartu harus memperpanjang atau membuat yang baru.

Fungsi SKCK

SKCK Online begini lho cara pembuatan dan syaratnya Apa Itu SKCK dan Fungsinya, Begini cara mengurusnya Secara online
Inilah persyaratan untuk membuat SKCK online, (Instagram / @ skckrestabesbandung).

SKCK biasanya digunakan untuk melengkapi berbagai hal yang berkaitan dengan administrasi. Karena satu surat polisi ini adalah patokan tertulis dan tepercaya untuk membuktikan bahwa Anda tidak pernah melanggar hukum.

Surat ini diperlukan untuk berbagai keperluan, mulai dari melamar pekerjaan, melamar ke perguruan tinggi, melamar kredit tertentu, hingga dicalonkan sebagai pejabat publik. Yang paling sering adalah melamar pekerjaan seperti tes CPNS misalnya.

Setiap tes CPNS dibuka, lembaga pemerintah yang membuka lowongan selalu meminta setiap pendaftar untuk melengkapi persyaratan dengan SKCK.

Jadi, setiap kali tes CPNS dibuka, kantor polisi akan penuh sesak dengan pendaftar. Tetapi sekarang, Anda dapat meminimalkan antrian dengan membuat SKCK on line dari rumah misalnya.

Kewenangan kantor polisi dalam menerbitkan SKCK

SKCK Online begini tips cara membuatnya secara online Apa Itu SKCK dan Fungsinya, Begini cara mengurusnya Secara online
Berikut adalah tips hebat bagi Anda yang ingin membuat SKCK online, (Instagram / @ skckrestabesbandung).

Setiap pemohon tentu memiliki minat yang berbeda terkait dengan tujuan permintaan penerbitan SKCK. Beberapa digunakan untuk melamar pekerjaan, melamar beasiswa, persyaratan untuk menjadi pejabat desa atau pemerintah dan lainnya.

Ternyata, setiap kantor polisi memiliki otoritas yang berbeda dalam mengeluarkannya. Kewenangan dibagi antara Markas Besar, Kepolisian Daerah, Polres dan Polsek berdasarkan kebutuhan pemohon.

Berikut ini, kami akan menjelaskan perbedaan kewenangan antara Mabes Polri, Kepolisian Daerah, dan Kepolisian Daerah, dan Sektor Kepolisian yang dikutip dari situs web resmi SKCK Kepolisian Nasional.

Markas Besar Kepolisian

  • Untuk persyaratan lanjutan sebagai Calon dan Wakil Presiden
  • Untuk persyaratan sebagai kandidat untuk kandidat legislatif, yudikatif, dan eksekutif
  • Untuk penerbitan VISA
  • Untuk izin tinggal permanen di luar negeri
  • Untuk persyaratan naturalisasi kewarganegaraan
  • Untuk mengadopsi anak adopsi untuk warga negara asing
  • Untuk melanjutkan studi ke luar negeri

Polda

  • Untuk tujuan melamar pekerjaan
  • Untuk membuat paspor atau VISA
  • Untuk kondisi bekerja di luar negeri
  • Menjadi notaris
  • Untuk persyaratan nominasi pejabat pemerintah
  • Untuk melanjutkan persyaratan pendidikan
  • Untuk pencalonan anggota legislatif provinsi
  • Untuk maju ke Pemilihan Kepala Daerah tingkat provinsi

Pos polisi

  • Untuk pencalonan anggota dewan tingkat kabupaten / kota
  • Melamar pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil (PNS)
  • Untuk persyaratan untuk melamar masuk ke polisi / militer
  • Untuk pencalonan pejabat publik lokal
  • Untuk memiliki senjata
  • Melamar pekerjaan
  • Menominasikan kepala daerah di kabupaten / kota

Pos polisi

  • Melamar pekerjaan
  • Untuk persyaratan maju menjadi kepala desa
  • Untuk persyaratan menjadi sekretaris desa
  • Untuk kebutuhan untuk mengubah alamat
  • Untuk melanjutkan studi

Anda perlu memperhatikan perbedaan wewenang di atas ketika Anda ingin mengirimkan pendaftaran SKCK secara online, terutama jika daftar ada di situs web https://skck.polri.go.id/. Melalui situs tersebut, Anda akan ditanya tujuan pembuatan dan ke mana kantor polisi yang ingin Anda tuju. Misalnya, jika Anda ingin membuat SKCK untuk pencalonan seorang kepala desa, tidak mungkin membuatnya di Markas Besar Kepolisian Nasional.

Persyaratan untuk membuat SKCK on line

SKCK Online buat WNI dan WNA berbeda syaratnya lho Apa Itu SKCK dan Fungsinya, Begini cara mengurusnya Secara online
Persyaratan untuk orang asing dan warga negara berbeda ketika Anda membuat SKCK online, (Instagram / @ skckrestabesbandung).

Bukan hanya satu offline, untuk membuat SKCK melalui sarana on line Anda juga harus memenuhi sejumlah persyaratan dokumen yang harus dipenuhi. Perbedaannya, jika dibuat sesuai offline mungkin Anda harus mengirimkannya salinan dalam bentuk cetak, tapi jika on line Persyaratan SKCK harus dalam scan dan diunggah ke formulir pendaftaran.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk warga negara Indonesia

  • Salinan KTP
  • Salinan paspor (jika ada)
  • Salinan KK
  • Salinan akte kelahiran atau diploma
  • Salinan kartu identitas lainnya untuk mereka yang tidak memiliki kartu ID
  • Foto paspor ukuran 4 x 6 cm enam potong, berpakaian sopan dan dengan latar belakang merah

Persyaratan dokumen untuk orang asing

  • Surat lamaran dari tempat kerja
  • Salinan KTP dan akta nikah Anda jika Anda memiliki warga negara Indonesia
  • Salinan paspor
  • Salinan Kartu Izin Tinggal (KITAS / KITAP)
  • Salinan IMTA dari Kementerian Tenaga Kerja Indonesia
  • Salinan Laporan dari Polisi
  • Foto paspor ukuran 4 x 6 cm, enam lembar, latar belakang kuning, dan berpakaian sopan.

Langkah-langkah untuk membuat SKCK on line

SKCK Online begini cara bikinnya secara online Apa Itu SKCK dan Fungsinya, Begini cara mengurusnya Secara online
Inilah masalahnya jika Anda menjadikan SKCK offline, Anda tidak ingin mengantri berjam-jam, (Instagram / @ skckrestabesbandung).

Cara membuat SKCK on line cukup mudah dan praktis, karena semuanya bisa Anda daftarkan dari rumah atau di mana pun Anda berada. Tetapi ketika sudah selesai, Anda masih harus membawanya sendiri langsung ke kantor polisi.

1. kunjungi situs web resmi kantor polisi yang menyediakan layanan pembuatan SKCK on line

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah akses ke situs kantor polisi yang menyediakan layanan pembuatan on line. Biasanya, setiap Polda menyediakan layanan ini.

Misalnya, untuk wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok yang masih dalam yurisdiksi Polda Metro Jaya, mereka dapat mengakses skck.polri.go.id.

2. Isi formulir dan unggah dokumen

Setelah memasuki halaman situs web, cukup isi bentuk pendaftaran. Biasanya Anda diminta mengisi data pribadi, data keluarga, tujuan penyerahan dengan karakteristik fisik.

Lalu, setelah itu jangan lupa untuk mengunggah dokumen yang telah menjadi persyaratannya. Mulai dari salinan kartu ID, salinan kartu keluarga, hingga foto paspor dengan latar belakang merah.

3. Lakukan pembayaran melalui BRI

Setelah semua formulir telah diisi dan dokumen-dokumen penting diunggah, Anda akan menerima nomor BRI akun virtual. Nomor tersebut kemudian digunakan sebagai alat untuk melakukan pembayaran perbankan mobile, ATM, atau datang langsung ke teller kantor BRI terdekat.

Biaya untuk membuat SKCK dengan cara on line

SKCK Online segini lho biaya pembuatannya Apa Itu SKCK dan Fungsinya, Begini cara mengurusnya Secara online
Berapa biaya ini untuk membuat SKCK online, (Instagram / @ skckrestabesbandung).

Polisi dalam menerbitkan SKCK tidak gratis, mereka akan menerapkan tarif kepada pemohon. Penagihan tarif memiliki dasar hukum melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 1997 dan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010.

Melalui dua yayasan hukum ini, dijelaskan bahwa pengumpulan biaya penerbitan SKCK dimaksudkan untuk meningkatkan penerimaan negara bukan pajak. Biaya dibebankan untuk membuat SKCK on line adalah Rp30 ribu untuk warga negara Indonesia dan Rp60 ribu untuk orang asing.

Sebelum 2017, biaya pembuatan hanya Rp10 ribu untuk warga negara Indonesia dan Rp30 ribu untuk orang asing.

Area yang sudah menyediakan layanan manufaktur melalui on line

SKCK Online sudah tersedia di beberapa daerah Indonesia Apa Itu SKCK dan Fungsinya, Begini cara mengurusnya Secara online
Ini adalah mobil SKCK di Bandung. Tapi sekarang Anda tidak perlu mengantri lama karena sudah ada layanan online, (Instagram / @ skckrestabesbandung).

Di masa lalu, tidak semua wilayah kepolisian memiliki layanan pembuatan SKCK on line. Jadi bagi mereka yang tidak menemukan fasilitas ini, Anda harus rela mengurusnya offline di kantor polisi terdekat.

Tapi sekarang, sepertinya semuanya dapat diakses on line untuk semua wilayah di Indonesia, meskipun beberapa kantor polisi di daerah tersebut masih mengaktifkan layanan mereka secara lokal, seperti Sidoarjo dan Pontianak.

Sidoarjo

Beberapa Polres di Jawa Timur telah menyediakan layanan manufaktur SKCK melalui on line, seperti Kantor Polisi Kabupaten Sidoarjo. Jika Anda seorang penduduk di wilayah hukum Kepolisian Resor Sidoarjo, Anda dapat mengunjungi http://skckonline.polrestasidoarjo.com/.

Pontianak

Polresta Kota Pontianak juga menyediakan layanan pembuatan SKCK on line. Anda dapat mendaftar atau mendaftar di https://polrestapontianakkota.org/skck.

Di seluruh Indonesia

Seperti dijelaskan sebelumnya, Kepolisian Nasional sekarang memiliki portal yang dapat diakses oleh publik melalui ponsel atau komputer untuk mendaftarkan SKCK. Yang harus Anda lakukan adalah mengklik untuk https://skck.polri.go.id/ untuk memasukkan data diri dan mengunggah dokumen yang diperlukan.

Di sana Anda dapat memilih kantor polisi mana yang harus dikunjungi. Pemilihan kantor polisi juga harus disesuaikan dengan tujuan pembuatan dan lokasi Anda. Misalnya, jika Anda tinggal di Papua, Anda mungkin tidak memilih kantor manufaktur di Kepolisian Daerah Jawa Barat.

Kiat untuk membuat SKCK

SKCK Online begini tips jitunya saat membuatnya Apa Itu SKCK dan Fungsinya, Begini cara mengurusnya Secara online
Inilah kiat dan cara yang tepat saat membuat SKCK online, jadi Anda tidak perlu menunggu terlalu lama di kantor Polisi, (Instagram / @ skckrestabesbandung).

Ada hal-hal penting yang harus Anda perhatikan dalam aplikasi SKCK, atau apa yang dikenal sebagai surat berperilaku baik on line. Pertama, pastikan Anda memasukkan data sesuai dengan identitas Anda, jangan salah tulis nama atau alamat Anda.

Kedua, jangan lupa tentang persyaratan dokumen untuk pemindaian. Jika Anda kekurangan hanya satu dari dokumen yang disyaratkan, ajukan pendaftaran SKCK on line tidak akan diproses lebih lanjut.

Terakhir, karena ini diusulkan on line, lalu pastikan jaringan internet Anda cukup untuk mendaftar.

Itu sedikit tentang seluk beluk pembuatan SKCK on line. Meskipun pengajuan dilakukan dengan cara on line, Anda masih harus membawanya ke kantor polisi secara langsung. Setelah dibawa, jangan lupa salin langsung dalam jumlah banyak dan minta stempel legalisiran.

Originally posted 2019-08-16 10:41:38.

Loading...