Tech

Jack Ma Pensiun, Ini 10 Bisnis Alibaba yang Medunia

9

Jack Ma Pensiun, Ini 10 Bisnis Alibaba yang Medunia: Alibaba dikenal sebagai salah satu raksasa e-commerce dunia. Jika di Amerika Serikat ada Amazon, di Cina ada Alibaba. Dengan status holding company, ada beberapa perusahaan yang diketahui memiliki status Alibaba.

Wajar jika Alibaba bertanggung jawab atas banyak perusahaan. Perusahaan, yang dipelopori oleh miliarder Jack Ma, telah menunjukkan perkembangan yang signifikan sejak didirikan pada tahun 1999. Kabarnya, bisnisnya telah beroperasi di lebih dari 100 negara.

Simak Juga: 6 Fakta Wirda Mansur, di Usia 18 Tahun Udah Jadi Direktur Perusahaan

Alih-alih hanya berfokus pada bisnis jual beli, bisnis Alibaba telah mencakup banyak sektor. Mulai dari media, platform pembayaran, film, hingga kesehatan. Semua bisnis ini dioperasikan oleh perusahaan yang berbeda yang didirikan sebagai perusahaan Alibaba.

Menarik untuk ditinjau, berikut adalah perusahaan-perusahaan Alibaba, beberapa di antaranya telah menjalankan bisnis mereka secara global, seperti dikutip dari Investopedia.

1. Lazada

perusahaan alibaba lazada Jack Ma Pensiun, Ini 10 Bisnis Alibaba yang Medunia
Lazada (Shutterstock)

Pada Juni 2016, Lazada menjadi satu Perusahaan Alibaba. Dana US $ 1 miliar disuntikkan oleh Alibaba Group ke platform e-commerce, yang berkantor pusat di Singapura.

Alibaba Group kemudian menyuntikkan lebih banyak dana pada 2017 senilai US $ 1 miliar. Injeksi dana ini membuat Alibaba memiliki 83 persen saham Lazada. Kemudian salurkan lebih banyak dana US $ 2 miliar ke Lazada Group SA pada Maret 2018.

Lazada sejauh ini memperluas bisnisnya ke banyak negara di Asia Tenggara. Mulai dari Vietnam, Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, hingga Thailand.

2. Pos Pagi China Selatan

perusahaan alibaba south china morning post Jack Ma Pensiun, Ini 10 Bisnis Alibaba yang Medunia
South China Morning Post. (Shutterstock)

Pada 5 April 2016, South China Morning Post resmi menjadi perusahaan Alibaba. Media berita yang dipelopori oleh Tse Tsan-tai pada 6 November 1903 pada awalnya dimiliki oleh “Raja Media” Rupert Murdoch. Kemudian mengakuisisi “Raja Real Estate Malaysia” Robert Kuok pada tahun 1993.

Hingga akhirnya kepemilikan berangsur-angsur pindah ke Alibaba Group. Alibaba mulai melakukan pembelian pada Desember 2015 dengan dana sekitar US $ 264 juta. Sekarang South China Morning Post telah beralih ke media digital yang dapat diakses secara bebas oleh siapa pun.

3. AutoNavi

perusahaan alibaba autonavi Jack Ma Pensiun, Ini 10 Bisnis Alibaba yang Medunia
Autonavi. (amap.com)

Perusahaan ini dikenal sebagai penyedia peta dan navigasi dari China. Pada 2014, AutoNavi secara resmi memegang status perusahaan Alibaba.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2001 telah menjadi penyedia pemetaan data untuk Google sejak tahun 2006. AutoNavi juga menjadi penyedia pemetaan data untuk Apple. Sejauh ini aplikasi AutoNavi telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna.

4. Taobao

perusahaan alibaba taobao Jack Ma Pensiun, Ini 10 Bisnis Alibaba yang Medunia
Taobao (Shutterstock)

Perusahaan ini telah menjadi dari awal Perusahaan Alibaba. Taobao diluncurkan pada Mei 2003 sebagai situs web belanja online di Cina. Taobao menyediakan fasilitas belanja konsumen-ke-konsumen (C2C).

Meskipun menyediakan layanan berbahasa Mandarin, Taobao rupanya juga menerima transaksi dari negara lain. Pada 2017, Taobao mencatat volume transaksi hingga 3 triliun yuan.

5. Alipay

perusahaan alibaba alipay Jack Ma Pensiun, Ini 10 Bisnis Alibaba yang Medunia
Alipay (Shutterstock)

Begitu juga dengan perusahaan ini yang telah menjadi perusahaan Alibaba sejak awal. Alipay didirikan sebagai platform pembayaran online sejak 2004 oleh Jack Ma.

Pengguna Alipay telah mencapai lebih dari 400 juta. Faktanya, pada 2013, Alipay telah menggeser posisi PayPal sebagai platform pembayaran online terbesar di dunia. Alipay mengklaim telah terhubung ke 65 lembaga keuangan, seperti MasterCard dan Visa.

6. Kelompok Gambar Alibaba

perusahaan alibaba pictures Jack Ma Pensiun, Ini 10 Bisnis Alibaba yang Medunia
Gambar Alibaba. (Youtube)

Sebelumnya, perusahaan film ini bernama ChinaVision Media. Namun, pada 2014, namanya diubah menjadi Alibaba Pictures Group. Sekitar 60 persen saham dipegang oleh Alibaba Group, yang dibeli seharga US $ 804 juta.

Nilai perusahaan Alibaba pada 2015 mencapai US $ 9,6 miliar. Meskipun dominan di industri film Tiongkok, Alibaba Pictures Group melaporkan kerugian US $ 83,7 juta pada November 2017.

7. Aliwangwang dan Laiwang

perusahaan alibaba aliwangwang laiwang Jack Ma Pensiun, Ini 10 Bisnis Alibaba yang Medunia
Aliwangwang dan Laiwang. (wangwang.taobao.com)

Alibaba Group pada tahun 2004 memperkenalkan layanan pesan instan untuk memfasilitasi interaksi antara penjual dan pelanggan di Taobao online. Kabarnya, Aliwangwang adalah platform pesan instan terbesar kedua di Cina.

Pada 2013, layanan pesan lain diluncurkan oleh Alibaba dengan nama Laiwang. Aplikasi ini hadir sebagai pesaing untuk aplikasi Tencent dan WeChat.

8. Teknologi Informasi Kesehatan Ali

perusahaan alibaba ali health information technology Jack Ma Pensiun, Ini 10 Bisnis Alibaba yang Medunia
Alihealth (alihealth.cn)

Alibaba Group juga memelopori perusahaan di bidang kesehatan yang disebut Teknologi Informasi Kesehatan Ali. Perusahaan mulai beroperasi sejak 2014.

Alibaba dikenal serius menggarap bisnis kesehatan dengan mengembangkan platform perawatan kesehatan. Tidak tanggung-tanggung, Alibaba menghabiskan dana sebesar US $ 448,3 juta.

Ya, itu beberapa perusahaan Alibaba yang tergabung dalam Grup Alibaba. Dari apa yang sekarang, adalah mungkin bahwa perusahaan-perusahaan yang berafiliasi dengan Alibaba akan meningkat sejalan dengan ekspansi besar-besaran bisnis oleh perusahaan Cina. Tinggal menunggu berita terbaru.

Loading...