Tips

Syarat Menjadi Pramugari Pesawat Terbang, Ini Yang Harus Disiapkan

902

Syarat Menjadi Pramugari: Pramugara dan pramugari merupakan pegawai dari jasa angkutan yang bertuagas melayani penumpang. Tugas utamanya adalah melayani penumpang selama dalam perjalanan dan menjaga keselamatan penumpang, agar penumpang nyaman dan aman.

Pramugari dan Pramugara akan kita temui jika kita menggunakan jasa angkutan umum, pesawat, kapal dan kereta API.

Berapakah upah pramugari Pesawat?

Ini mungkin pada perusahaan penerbangan, Gaji pramugari junior sudah di angka Rp 4 juta sampai Rp 5 juta. Dapat direncanakan deh jika saat ini berapakah. UMR saja naik terus setiap tahun.

Nominal itu hanya upah inti, belum terhitung tunjangan.

Dari beberapa sumber disebut jika upah pramugari saat ini bahkan juga dapat sampai beberapa puluh juta Rupiah. Jumlahnya itu meliputi upah inti serta gaji sekali terbang (umumnya setiap pramugari biasa terbang tiga sampai 4x dalam satu minggu). Selanjutnya, mereka dapat sarana yang lain dari maskapai tempatnya kerja.

Pramugari Batik Air Syarat Menjadi Pramugari Pesawat Terbang, Ini Yang Harus Disiapkan
Syarat menjadi pramugari lion air, foto: 

5 Syarat Menjadi Pramugari

Pramugari itu multi-skill sekali deh! (garuda-indonesia) dari upahnya sich jadi pramugari memang mengundang selera. Tetapi itu berbanding lurus dengan kerja dan skil yang perlu dipunyai. Apa saja, sich?

#1. Kesehatan badan baik Yang pertama-tama harus kita pastikan bahwa kita benar-benar sehat tanpa ada penyakit.

Umumnya maskapai mewajibkan tinggi tubuh tersendiri buat jadi pramugari serta pramugara mereka. Ya pengin tidak pengin, kita memang harus penuhi persyaratan ini.

Umumnya maskapai tidak membolehkan pramugari serta pramugara mereka kenakan kacamata. Itu berarti kita harus punyai pengelihatan oke. Meskipun begitu, buat yang punyai mata minus tidak apa-apa seandainya pakai softlens.

#2. Bisa berbahasa asing Minimum beberapa calon pramugari harus dapat berbahasa Inggris.

Jika contohnya belum lancar tetapi mahir di potensi lain, umumnya lembaga pendidikan buat calon pramugari atau pramugara masih terima. Dengan catatan mereka akan terima kursus serta harus jago kemudian. Tidak ada kata tidak dapat.

#3. Pengetahuan harus Luas, bukan masalah pernerbangan saja tapi juga masalah umum.

Deretan peranan harus dapat kita lakukan jika jadi awak pesawat terbang, tidak hanya mengantar makan saja. Kita harus juga kuasai mekanisme keselamatan, memberikan pertolongan pertama pada penumpang, serta layani keperluan mereka.

simak juga: 5 plus Kisah Hidup Pak Tarno Penuh Liku, Kini Sukses Beristrikan Pramugari Cantik

Itu sama saja kita jalankan bermacam karier sekaligus juga. Kita harus mungkin saja team SAR, dokter, serta pelayan sekaligus juga.

#4. Siap hadapi jam kerja yang fleksibel Agenda yang berubah-ubah buat pramugari serta pramugara sudah biasa. Nah, kita harus siap dengan agenda itu.

Dapat saja minggu ini kita bisa agenda terbang subuh. Di lain kali, kita harus terbang waktu larut malam. Pokoknya kita harus dapat bangun pagi serta bergadang.

Agenda yang fleksibel ini juga yang tuntut kita buat masih jaga mood dalam kondisi baik. Dapat amburadul semua jika mendadak kita malas sebab permasalahan personal atau merasakan sudah jemu sekali ama yang namanya terbang.

#5. Siap jauh dari keluarga Jadi pramugari bukan seperti karyawan yang dapat pulang jam lima sore tiap hari.

Sebab agenda yang tidak menentu, kita harus siap buat pergi kapan saja dari rumah. Tidak hanya itu, perjalanan cukup jauh pasti membuat kita tidak langsung bisa pulang ke rumah.

Tidak hanya motivasi upah yang tinggi, nyatanya ada hal enak yang lain yang dapat kita dapatkan dengan jadi pramugari atau pramugara. Tersebut salah satunya:

  1. Jaminan kesehatan serta fasilitas tersendiri sepanjang penerbangan
  2. Tahap karier dari mulai junior sampai senior, selanjutnya diteruskan jadi manager
  3. Dapat berjalan-jalan gratis ke beberapa wilayah dan Negara. Paling tidak kita dapat ‘menginjakkan kaki’ deh walaupun tidak lama ada di wilayah atau Negara itu.
  4. Dapat fasilitas belajar ilmu pengetahuan . Kemampuan ini mungkin saja bekal buat karier yang lain jika kita sudah tidak jadi pramugari

Tertarik dengan Gaji dan Fasilitas Pramugari

pramugari lion air Syarat Menjadi Pramugari Pesawat Terbang, Ini Yang Harus Disiapkan
Senyum Manis Pramugari Lion Air

Buat yang minat jadi pramugari atau pramugara, harus mengikuti beberapa tahapa seleksi ini:

Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Pramugari

1. Step register serta performance test Di step ini kita harus penuhi persyaratan yang memang diharuskan bagi beberapa calon pramugari serta pramugara.

Salah satunya ialah masalah tinggi serta berat tubuh. Calon pramugari atau pramugara harus juga berpenampilan menarik. Bahkan juga waktu pendidikan kelak tidak diperbolehkan punyai sisa jerawat lho! Ya minimum tidak terlihat lah.

Yang tentu di step ini kita harus mempersiapkan semua dokumen yang disuruh.

2. Step interview, psikotes, serta bahasa Inggris Jika kita sudah selamat ketentuan dokumen serta tampilan, waktunya buat step interviu, psikotes, dan tes bahasa Inggris.

Jadi, sekarang kita akan bersaing dengan beberapa calon pramugari yang lain bukan hanya berdasar tampilan saja. Di sini, kita akan hadapi dengan beberapa tes yang tuntut otakmu kerja lebih keras dari umumnya.

3. Step ground training Lulus seleksi, kita akan ditempa dalam step bernama ground training. Latihan ini akan dikerjakan seputar tiga bulan.

Di sini kita akan disuguhi beberapa materi serta sekaligus juga ujian. Jadi belajarlah dengan serius agar dapat lulus di step ini.

4. Flight training Pada akhirnya kita lulus dari step ground training serta dikatakan penuhi ketentuan buat terbang! Di step ini kita akan terjun buat coba beberapa pekerjaan dengan cara langsung.

Walau sudah punyai pengalaman terbang, kita belum pasti langsung diterima lho. Di step ini kita harus tunjukkan performance yang bagus. Dengan begitu baru kita dikatakan lulus serta siap jadi pramugari aktif.

Pasti saja, di step ini kita baru bisa uang terbang serta beberapa sarana serta agunan. Itu umumnya belum penuh.

5. Recurrent Selamat! Sekarang Anda jadi pramugari / pramugara!

Sesudah ini kita harus masih hadapi step recurrent, tetapi hanya sekali satu tahun kok. Step itu tuntut kita buat turut ujian . Jadi, yakinkan diri buat lulus ujian itu.

Jika tidak lulus, kita harus turut pendidikan serta turut ujian dari pertama. Seseorang pramugari atau pramugara harus ikhlas putus kontrak jika mereka tidak dapat tuntaskan ujian. Duh!

Walau cukup berat, jika kita memang penuhi ketentuan serta punyai tekad yang kuat, dapat deh lulus kerja di pesawat terbang. Jika lulus, upah pramugari serta pramugara yang mengundang selera itu akan menunggu kita!

Loading...