Tech

Ciri-ciri Handphone BM Yang Akan Diblokir Pemerintah

12

Ciri Handphone BM Yang Akan Diblokir Pemerintah: Pada 17 Agustus 2019 akan datang pemerintah akan memblok pemakaian hp black market atau ilegal.

Ketentuan ini dikemukakan oleh tiga kementerian sekaligus juga yakni Kementerian Perindustrian bersama dengan Kementerian Komunikasi Informatika serta Kementerian Perdagangan.

Penutupan hp black market dikerjakan melalui validasi IMEI. Peraturan ini adalah usaha pembebasan dari hp ilegal yang dipandang bikin rugi buat negara, industri, atau customer. Berdasar data Asosiasi Hp Semua Indonesia (APSI), kekuatan kerugian pajak yang muncul karena beredarnya hp BM seputar Rp 2,8 triliun per tahun.

4 Ciri Hape Black Market Yang akan diblokir Pemerintah

Diluar itu pemblokiran hp black market di Indonesia mempunyai tujuan membuat perlindungan industri hp dalam negeri serta meminimalisir pencurian data. Hp black market beredar banyak di market pada harga miring.

Tidak Ada Garansi Resmi

Karena hp ilegal, produk black market tetap tidak dibarengi garansi sah dari dari merek/produsen dalam negeri. Handphone black market adalah produk asli dari merek yang telah ada seperti iPhone, Samsung, Oppo, atau yang lain. Umumnya hp yang di jual sah mempunyai garansi sah yang bisa diklaim waktu ada kehancuran.

Hp black market sering adalah produk atau seri yang tidak di pasarkan di negeri. Ini membuat hp black market tidak mempunyai garansi sah.

Ini berati bila hp alami kehancuran, dia tidak bisa diperbaiki atau ditukar dengan garansi pada service center atau distributor sah. Bila Kita punya niat beli hp baru, yakinkan jika hp yang dibeli mempunyai garansi sah dari produsen.

Harga Lebih Murah dari Harga Pasar

Hp black market populer tambah murah dari hp yang di pasarkan pada umumnya. Pasalnya hp black market tidak lewat proses pajak terlebih dulu. Harga yang murah membuat hp black market lumayan banyak disukai.

Beberapa hp black market tidak di jual resmi didalam negeri. Maka bila ingin tahu satu hp black market ataukah tidak, Kita dapat memeriksa seri atau mode hp di situs sah distributor/produsen dalam negeri. Bila seri atau mode tidak berada di situs sah, bisa diyakinkan jika hp itu ialah ilegal.

Banyak Di Jual Online

Hp black market ramai di jual dengan online. Banyak toko online yang tawarkan hp black market dengan beberapa seri serta merk pada harga dapat dijangkau. Di market online berikut peluang dijualnya hp palsu bertambah.

Seringkali modus penipuan menghantui penjualan hp black market. Penipuan ini seperti hp rekondisi atau palsu yang ditawarkan jadi hp asli, hp tiruan, atau bahkan juga produk tidak berhasil. Praktik ini tentu saja bisa bikin rugi customer. Tetapi, tidak tutup peluang bila hp black market di jual dengan online.

Handphone Black Market Tidak Memiliki IMEI

International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah kode jati diri yang dipunyai tiap piranti hp. IMEI bisa diketemukan di bagian belakang hp, baterei, atau kotak yang mengepak hp tersebut. Tiap hp mempunyai IMEI yang berlainan.

Kementerian Komunikasi serta Informatika (Kominfo) serta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) lakukan langkah untuk penelusuran nomer Internasional Mobile Equipment Identity (IMEI). Hp black market tidak mempunyai IMEI sah serta bisa dibekukan oleh pemerintah.

simak juga: HP BM Akan Di Blokir Pemerintah, Cek Handphomu Sekarang!

Kementerian Perindustrian kumpulkan data IMEI yang didapat proses dari pendaftaran handphone, computer pegang, serta computer tablet, seperti ditata dalam Ketentuan Menteri Perindustrian RI No. 108/M-IND/PER/11/2012.

Kita bisa memeriksa ke-legalan IMEI lewat situs imei.kemenperin.go.id. Situs ini sudah sempat tidak bisa dibuka waktu lalu, tetapi sekarang Kita bisa memeriksa kesahan IMEI di sini.

Langkah Cek IMEI HP Legal

IMEI bisa diidentifikasikan dari kotak hp, sisi belakang hp, baterei, atau mungkin dengan buka gambaran hp. Kita dapat mendesak *#06# pada menu dial up serta kode IMEI akan ada pada monitor hp. IMEI dapat disaksikan di menu pengaturan> Mengenai Perangkat> Status> Info IMEI.

Langkah cek IMEI di Kemenperin

Untuk memeriksa apa IMEI hp tercatat dengan sah oleh pemerintah, Kita dapat buka imei.kemenperin.go.id. Masukan kode IMEI hp pada kolom cek IMEI. Bila IMEI tercatat maka ada tulisan “IMEI tercatat di database Kemenperin.”

Hp black market yang dibeli sebelum tanggal 17 Agustus 2019 tidak langsung dikunci. Tetapi, ketetapan atas waktu pakainya akan dipastikan selanjutnya sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Customer masih bisa beli hp di luar negeri seandainya importasinya ikuti ketetapan ketentuan perundang-undangan yg berlaku.

Loading...