10 Makanan Penurun Kolesterol Cocok Nih! Dikonsumsi Saat Idul Adha

211

Makanan Penurun Kolesterol: Idul Adha identik dengan makan makanan berlemak dan penuh kolesterol. Seperti misalnya rendang daging, opor ayam, untuk membakar daging sapi dan sate kambing.

Jika Anda makan gila, hati-hati kadar kolesterolnya bisa tinggi. Akan ada pusing, pegal-pegal, tengkuk, dan lainnya. Jadi tidak baik jika Anda bergerak. Yang lebih parah, kolesterol bisa memicu berbagai penyakit lain, seperti tekanan darah tinggi.

Kolesterol sebenarnya baik dan sebagian buruk. Sekarang yang tidak sehat memiliki lebih banyak kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat diperoleh dari makanan yang tidak sehat dan mengandung lemak jenuh. Seperti makanan gorengan, daging olahan yang tidak sehat, jeroan, santan, dan lainnya.

Jika sudah kena, Anda harus mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Tujuannya untuk mengurangi kadar kolesterol jahat. Menurutmu makanan itu apa? Berikut ini adalah ulasan seperti dikutip dari healtline.

1. Alpukat

alpukat makanan penurun kolesterol 10 Makanan Penurun Kolesterol Cocok Nih! Dikonsumsi Saat Idul Adha
Alpukat. (Pixabay)

Makanan penurun kolesterol pertama adalah alpukat. Alpukat mengandung lemak tak jenuh dan tinggi serat. Kedua bahan itu dipercaya bisa mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Tidak hanya untuk menurunkan kolesterol, alpukat juga terbukti baik untuk menurunkan berat badan. Karena setiap kali Anda makan alpukat, Anda akan merasa lebih kenyang, sehingga kecenderungan Anda untuk mengonsumsi karbohidrat akan berkurang.

Simak Juga: 5 Resep Sate Kambing Lezat dan Nikmat, Pas Buat Idul Adha

2. Kacang

kacang kacangan makanan penurun kolesterol 10 Makanan Penurun Kolesterol Cocok Nih! Dikonsumsi Saat Idul Adha
Kacang almond. (Pixabay)

Kacang juga bisa mengurangi kolesterol dengan cepat. Tapi yang utama adalah almond dan kenari. Keduanya mengandung lemak tak jenuh dan omega 3. Zat ini cocok untuk menurunkan kolesterol, mencegah tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Ikan

ikan makanan penurun kolesterol 10 Makanan Penurun Kolesterol Cocok Nih! Dikonsumsi Saat Idul Adha
Ikan salmon. (Pixabay)

Misalnya, Anda jadi gila makan sate kambing dan sapi di pagi hari, jangan lupa makan makanan penurun kolesterol di sore hari. Salah satu yang bisa Anda makan adalah ikan, terutama salmon.

Ikan, terutama salmon, mengandung omega tinggi. 3. Lebih baik jika ikan tersebut dipanggang atau dipanggang. Jika Anda memakannya dengan rajin seminggu sekali, risiko Anda terkena penyakit seperti stroke dan jantung dapat dikurangi hingga 27 persen.

4. Keluarga berry

beri makanan penurun kolesterol 10 Makanan Penurun Kolesterol Cocok Nih! Dikonsumsi Saat Idul Adha
Beri aku (Pixabay)

Dalam keluarga berry ada stroberi, blueberry, dan blackberry. Buah asam kecil ini ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol dengan cepat. Kandungan seratnya juga mampu mencegah penyakit jantung.

5. Cokelat hitam

dark chocolate makanan penurun kolesterol 10 Makanan Penurun Kolesterol Cocok Nih! Dikonsumsi Saat Idul Adha
Coklat hitam. (Pixabay)

Siapa yang menyangka bahwa dark chocolate termasuk dalam makanan penurun kolesterol? Tapi ingat, itu pasti cokelat hitam murni dan tidak ada campuran. Karena dark chocolate yang dijual di supermarket biasanya dicampur dengan gula dan susu. Alih-alih menurunkan kolesterol, justru membuat diabetes.

6. Bawang putih

bawang putih makanan penurun kolesterol 10 Makanan Penurun Kolesterol Cocok Nih! Dikonsumsi Saat Idul Adha
Bawang putih. (Pixabay)

Selama berabad-abad, bawang putih telah menjadi obat. Bawang putih mengandung senyawa alisin yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol.

7. Makanan penurun kolesterol, kedelai olahan

susu kedelai makanan penurun kolesterol 10 Makanan Penurun Kolesterol Cocok Nih! Dikonsumsi Saat Idul Adha
Susu kedelai. (Pixabay)

Ada banyak makanan olahan kedelai, mulai dari tempe, tahu, dan susu kedelai. Banyak penelitian menyebutkan bahwa kedelai olahan dapat mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

8. Teh

teh makanan penurun kolesterol 10 Makanan Penurun Kolesterol Cocok Nih! Dikonsumsi Saat Idul Adha
Teh. (Pixabay)

Teh terutama teh hijau juga bisa membantu mengurangi kolesterol. Karena ada dua senyawa yang sangat berguna dalam teh, yaitu katekin dan quercetin.

Katekin dipercaya mampu mengendalikan tekanan darah, dan membantu penyerapan kolesterol baik. Sementara itu, quercetin dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi risiko peradangan pembuluh darah.

9. Minyak zaitun

miyak zaitun makanan penurun kolesterol 10 Makanan Penurun Kolesterol Cocok Nih! Dikonsumsi Saat Idul Adha
Minyak zaitun. (Pixabay)

Sebenarnya, semua makanan bisa menjadi makanan penurun kolesterol, asalkan menggunakan minyak yang tepat untuk memasak, seperti minyak zaitun. Karena minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Anda juga bisa minum minyak zaitun langsung sebanyak 4 sendok makan atau 60 ml sehari. Jika Anda makan dengan rajin, risiko penyakit jantung Anda juga akan berkurang hingga 30 persen.

10. Makanan penurun kolesterol, sayuran

sayuran makanan penurun kolesterol 10 Makanan Penurun Kolesterol Cocok Nih! Dikonsumsi Saat Idul Adha
Sayuran (Pixabay)

Sayuran di sini terutama mengandung pektin tinggi. Zat ini bisa mengurangi kadar kolesterol jahat. Zat ini sebagian besar terkandung dalam terong, wortel dan kentang. Selain itu, sayuran juga termasuk makanan yang rendah kalori, sehingga baik untuk diet.

Itulah sepuluh makanan penurun kolesterol. Kolesterol merupakan sumber penyakit berbahaya, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan bahkan stroke. Jadi jika makanannya tidak terkontrol, bisa berisiko terserang penyakit berbahaya. Tidak apa-apa makan makanan kolesterol sesekali, asalkan tidak terlalu ringan dan terlalu sibuk.

Simak Juga>>  Perbedaan Gen Z, Gen X, Millenial, dan Baby Boomer. Jangan Salah Sebut Lagi, gess!
Loading...