Kisah Sukses Raeni, Anak Tukang Becak Sukses Raih Gelar Doktor di Inggris

12

Kisah Sukses Raeni, Anak Tukang Becak Sukses Raih Gelar Doktor di Inggris, Kita mungkin masih ingat kisah mahasiswa berprestasi dari Kendal, Raeni. Mempunyai kecerdasan membuat sukses lulus dari pendidikan sarjana di Kampus Negeri Semarang dengan IPK 3,96.

Yang sangat menarik ialah, ia tidak dari keluarga kaya. Sang ayah hanya seseorang pengayuh becak dan yang benar-benar bangga kepadanya.

Saat beberapa lulusan hadir dengan keluarga mereka dengan mobil, Raeni dengan bangga diantarkan oleh sang ayah memakai becak. Suara roda berputar-putar serta desahan ayahnya membuat wanita muda itu hadiri acara kelulusan universitas saat itu.

simak Juga, Setiap Manusia Memiliki Masalah Sendiri-sendiri dan Cara Masing-masing Untuk Menyelesaikannya

Jarak tempuh tidak buruk jauh tidak gentar oleh Pak Mugiyono, demi menyaksikan prosesi kelulusan putrinya. Raeni berhasil menjadi lulusan terbaik di Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Kisah ini kemudian menginspirasi banyak orang. Keterbatasan itu tidak akan dapat menghalangi tekad seseorang untuk menjadi lebih sukses. Sementara bagi mereka yang kaya akan aset, hal itu belum tentu juga menjadi jaminan di masa depan.

Baru-baru ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengunggah video wawancaranya dengan Reani di Instagram pribadinya. Dalam video itu, Sri Mulyani mencari-cari sedikit tentang kisah wanita berusia 26 tahun itu. Dan apa kisah inspirasinya?

Lulusan master di Inggris

Raeni yang sukses S3 di luar negeri Kisah Sukses Raeni, Anak Tukang Becak Sukses Raih Gelar Doktor di Inggris
Kisah sukses anak perempuan becak yang berhasil mendapatkan beasiswa S3 di luar negeri, (Instagram / raeni_raeni).

Kecerdasan dan kesederhanaan Raeni pada 2014 berhasil menarik perhatian banyak orang. Mereka semua kagum dengan ketekunannya dalam mencapai prestasi di tengah keterbatasan bahwa ayahnya hanya bekerja sebagai tukang becak.

Salah satu yang terpukul adalah Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Mengetahui bahwa Raeni lulus sebagai siswa terbaik dan tertarik melanjutkan pendidikan S2nya, SBY segera memberinya kesempatan melalui program Beasiswa Presiden.

Raeni segera melanjutkan studinya di University of Birmingham, Inggris dan berhasil lulus pada 2016.

Menjadi dosen non-PNS

Raeni juga lulusan terbaik dari Universitas Negeri Semarang Kisah Sukses Raeni, Anak Tukang Becak Sukses Raih Gelar Doktor di Inggris
Di kampus sebelumnya, ia juga lulusan terbaik, (Instagram / @ raeni_raeni).

Setelah lulus, ia kemudian kembali ke Indonesia. Raeni segera mendapat tawaran untuk melayani di almamaternya, Universitas Negeri Semarang (UNNES). Di UNNES, ia diangkat sebagai dosen non-PNS di departemen Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi.

Lihat melalui Beasiswa LPDP untuk studi PhD di Inggris

Raeni pengin menjadi anak sukses meskipun ia datang dari keluarga biasa Kisah Sukses Raeni, Anak Tukang Becak Sukses Raih Gelar Doktor di Inggris
Meski berasal dari keluarga biasa, ia ingin menjadi anak yang sukses demi orang tuanya, (Instagram / raeni_raeni).

Pada 2018, ia kembali memberi kabar bangga kepada orang tuanya. Dia berhasil menembus Beasiswa LPDP untuk melanjutkan studi S3-nya di almamaternya, University of Birmingham, Inggris.

Tinggalkan orang tua umrah dengan tabungan pribadi

Raeni juga sukses memberangkatkan kedua orantuanya ke Tanah Suci Kisah Sukses Raeni, Anak Tukang Becak Sukses Raih Gelar Doktor di Inggris
Ini seperti ketika dia pergi ke Tanah Suci bersama orang tuanya, (Instagram / @ raeni_raeni).

Rasa hormat Raeni terhadap orang tuanya tidak perlu diragukan. Tidak peduli seberapa besar keterbatasan keluarganya, rasa hormatnya kepada orang tuanya tidak pernah pudar. Buktinya, pada 2018 ia pernah berjanji akan mengirim salah satu orang tuanya ke Tanah Suci untuk berziarah.

Salah satu upayanya adalah bergabung dengan pertemuan Umrah di UNNES, dan dia beruntung mendapatkannya. Namun sayangnya uang itu hanya cukup untuk satu orang, dan ia memutuskan ayah yang pasti akan naik haji.

Namun, Raeni sangat ingin mengirim ibu bersama ayahnya, sebagai hadiah ulang tahun. Alhasil ia juga merogoh tabungannya termasuk sisa-sisa perjalanan studinya untuk mengirim orangtuanya.

Bercita-cita menjadi peneliti profesional

Raeni saat diwawancarai oleh Menkeu Sri Mulyani Kisah Sukses Raeni, Anak Tukang Becak Sukses Raih Gelar Doktor di Inggris
Ini adalah suasana Raeni saat mengobrol hangat dengan Sri Mulyani, (Instagram / @ raeni_raeni).

Dalam wawancara video dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dia mengungkapkan dua alasan mengapa dia bertekad untuk menempuh pendidikan tertinggi.

Yang pertama adalah memperbaiki kondisi ekonomi keluarga, karena selama ini ayahnya hanya seorang tukang becak yang berpenghasilan rendah dan mendapat penghasilan tambahan, terkadang sang ayah menjadi penjaga sekolah di malam hari.

Kedua, ia juga ingin menjadi peneliti profesional. Tujuannya, tentu saja, adalah untuk berkontribusi lebih bagi pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Itulah kisah Raeni yang menginspirasi, seorang wanita tangguh dan cerdas dari Kendal. Semoga cerita ini dapat mendorong Anda, terutama mereka yang berada dalam keterbatasan untuk tidak mudah menyerah pada situasi. Karena satu-satunya hal yang dapat mengubah nasib Anda adalah diri Anda sendiri, bukan orang tua Anda atau orang lain.

Simak Juga>>  Kata-Kata Galau Paling Menyentuh, Banyak Pakai Kaum Hawa
Loading...