Lengkap, Panduan SEO Youtube yang bisa Buat video Kamu viral

10

Panduan SEO Youtube, Buat eketawer yang bergulat dengan dunia internet marketing sudah pasti memahami benar besarnya dampak serta kemampuan dari situs share video Youtube. Jadi deskripsi saja, Youtube adalah satu diantara situs dengan jumlahnya pengunjung harian paling besar dibawah Google dan sosial media Facebook.

Diluar itu, situs ini sukses jadi mesin perayap paling besar ke-2 sesudah Google, dengan jumlahnya penelusuran sampai 30 juta penelusuran tiap hari! Tidak terlalu berlebih selanjutnya bila banyak IMers menyebutkan Youtube jadi satu diantara ladang mengeruk dollar yang paling mungkin.

niche youtube populer Lengkap, Panduan SEO Youtube yang bisa Buat video Kamu viral
Seo Youtube

Dari situlah selanjutnya banyak berpikir serta cari tahu seperti apa sich langkah untuk memenangi kompetisi penelusuran video di situs Youtube. Diantaranya pasti menyertakan peranan seo alias SEO.

Artikel lain: Ingin Ngetop di YouTube? Coba Lakukan 3 Trick dari Youtuber Populer Tersebut Ini

Serta hampir sama dengan tehnik yang diaplikasikan di hasil penelusuran Google, kenyataannya ada banyak trick spesial yang dapat kita gunakan untuk memperoleh tempat penelusuran di pejwan Youtube.

Pada tips kesempatan ini, kita akan pelajari beberapa point penting untuk dapat memenangi kompetisi penelusuran di halaman pertama situs Youtube. Aplikasikan beberapa point itu dengan optimal serta lihat hasilnya dalam sekian waktu ke depan.

Langsung, silahkan kita dari mulai point pertama!

simak juga, Tips Dan Trik Menjadi Youtuber Agar Menghasilkan Uang Dari Internet

Seperti yang sudah aku berikan awalnya, jika pada intinya tehnik SEO yang diaplikasikan pada Youtube tidaklah terlalu berlainan bila dibanding dengan Google. Step pertama kita harus cari kata kunci (keyword), atau bahasa kerennya kata kunci (keyword) research.

Tetapi berlainan dengan penelusuran kata kunci (keyword) untuk Google, kita harus temukan apa yang disebutkan dengan Video Kata kunci (keyword). Video Kata kunci (keyword) adalah satu kata kunci (keyword) yang bukan sekedar dicari lewat Youtube tetapi ada pada halaman pertama hasil penelusuran Google.

Untuk memudahkan, eketawer dapat lihat gambar berikut ini:

Dapat disaksikan jika kata kunci (keyword) “cutest cat” tampilkan hasil penelusuran halaman pertama Google yang dipenuhi oleh video Youtube. Kata kunci (keyword) seperti berikut yang dapat digolongkan jadi video kata kunci (keyword), sebab bukan sekedar dicari lewat Youtube, video dengan kata kunci (keyword) ini akan tampil dalam halaman pertama hasil penelusuran Google.

Pada umumnya ada banyak type dari video kata kunci (keyword) yaitu:

Dengan simpel, silakan dipikirkan bila Kita dapat temukan satu kata kunci (keyword) yang bukan sekedar dicari lewat Youtube tetapi dicari lewat Google, serta video Kita akan tampil di halaman pertama Google, pasti kekuatan memperoleh views serta engagement pasti semakin lebih besar bukan.

Langkah cari video kata kunci (keyword)

Sesudah tahu seperti apa video kata kunci (keyword) itu, lalu bagaimanakah cara menelusurinya?

Langkah yang paling mudah pasti seperti yang sudah diperlihatkan pada gambar awalnya. Kita tinggal cari beberapa kata kunci (keyword) yang terkait dengan kanal Youtube yang akan kita bangun.

Sesudah kita temukan beberapa kata kunci (keyword), kita langsung bisa menelusurinya di Google. Bila ada video Youtube yang ada pada halaman pertama hasil penelusuran Google, karena itu kata kunci (keyword) itu benar-benar pas untuk Kita bidik.

Bonus Panduan: upayakan nanti video kata kunci (keyword) itu mempunyai jumlahnya penelusuran bulanan minimal 300. Triknya pasti kita dapat lihat lewat sarana Google Kata kunci (keyword) planner atau memakai sarana kata kunci (keyword) research yang lain. Sebab angka penelusuran bulanan atau monthly search 300 memiliki kekuatan saluran trafik yang cukup sudah bagus.

Semakin besar ? Pasti makin mantab. Tetapi ingat persaingannya, guys.

Sesudah kita tahu mengenai rahasia video kata kunci (keyword), langkah selanjutnya ialah membuat video dan kanal Youtube yang menarik. Pada step ini, kita akan berupaya untuk bikin kesan-kesan yang baik di mata Youtube serta viewers lewat video dan kanal yang kita bikin.

Bila kita bicara mengenai kualitas video, mungkin banyak yang berpikir jika video yang bagus tetap dibikin dengan perlengkapan perekam yang bagus juga. Kenyataannya tidak selamanya semacam itu, bahkan juga bila kita tidak memiliki perlengkapan camera yang oke, kita masih punyai peluang dengan membuat video dengan ide screen capture alias merekam pekerjaan di monitor computer kita, atau juga bisa dengan membuat video Slideshow.

Awalnya ditegaskan jika, panduan kesempatan ini semakin banyak mengarahkan bagaimana membuat video dan kanal yang berkualitas tanpa ada memakai teknik SEO yang dilarang.

Simak Juga>>  Sah, Ketentuan untuk Bisa Dapat Uang dari YouTube Semakin Berat

Yang penting ialah, kita tahu beberapa konsentrasi penting yang jadikan tolak ukur Youtube untuk lakukan ranking video kita.

1. Unsur Peringkatan

Pertama kali, harus kita mengerti jika video di Youtube tidak kerja layaknya seperti website atau web dalam soal peringkatan. Bila di Google, ada arti back-link yang dapat dipakai untuk memastikan kualitas satu website atau web, Youtube tidak ada yang semacam itu (terkecuali meng-embbed video pada website atau situs lain).

Yang lebih dilihat sebetulnya ialah beberapa point di bawah ini:

Video retention adalah prosentase dari sebegitu beberapa orang yang lihat video kita selanjutnya lihat kembali video kita lainnya. Makin banyak orang yang kembali untuk melihat video kita, karena itu makin baik juga rangking Youtube kita. Data ini dapat kita perhatikan di dashboard account Youtube kita.

Semua komentar yang masuk pada suatu video dapat jadi pemberi tanda jika video itu memang memberi efek pada pemirsa yang pada akhirnya di letakkan Youtube pada tempat atas. Lepas dari komentar itu positif atau negatif, benar-benar aku anjurkan untuk aktif memberikan respon pada komentar yang masuk.

Tombol like yang berada di sisi bawah video, jadi penilaian penting satu video dipandang baik ataukah tidak di mata Youtube.

Benar-benar seringkali kita dengar, kanal dengan subscriber besar biasanya dapat masuk pada halaman pertama hasil penelusuran Youtube lebih gampang. Lebih bila banyak pemirsa video kita yang selanjutnya langsung subscribe sesudah melihat video kita, dampaknya semakin lebih maknyos .

Makin banyak pemirsa yang share video kita lewat sosial media atau situs popular lain, kemungkinan besar video kita dapat menyodok di papan berdasar hasil penelusuran.

2. Buat Video Di atas 5 Menit

Bila kita cermat kembali, beberapa dari video yang ada pada halaman pertama hasil penelusuran Youtube, panjangnya lebih dari 5 menit. Bahkan juga beberapa salah satunya sampai waktu lebih dari 1 jam.

Mungkin umumnya dari kita akan kesusahan bila membuat video yang begitu panjang. Tetapi angka 5 menit, adalah batas minimal yang perlu kita upayakan. Dengan teori, biasanya lebih panjang pasti lebih baik.

Tetapi, ini tanpa ada tidak pedulikan kualitas dari video kita lo ya! Sebab dapat dipikirkan, bila kita membuat suatu video yang dipaksakan begitu panjang serta kenyataannya tidak betul-betul menarik, karena itu pemirsa tidak akan enggan untuk selekasnya tinggalkan video kita atau bahkan juga mendesak tombol dislike.

3. Dandani Kanal Youtube

Ini yang sedikit diakui oleh mereka yang ingin eksis di Youtube. Biasanya mereka cuma terlalu fokus pada bagaimana membuat video saja. Tetapi ada satu rahasia , yaitu dengan membuat kanal Youtube yang kelihatan profesional, sebab nyatanya penampilan kanal yang komplet jadi alasan Youtube untuk “mengangkat” tempat video kita.

Lalu apa yang perlu dikerjakan?

Pertama kita dapat memberikan tambahan, link dengan komplet dari account sosial media atau web punya kita. Link ini akan tampil di sisi “About” dalam kanal kita.

Selanjutnya janganlah lupa, memberikan tambahan gambar dari kanal. Gambar ini mencakup simbol, dan gambar dinding yang memiliki ukuran semakin besar. Panduan tambahannya ialah, untuk makin menguatkan unsur SEO, beri nama file gambar itu dengan kata kunci (keyword) yang kita incar dalam peningkatan kanal Youtube.

Seterusnya, janganlah lupa imbuhkan gambaran mengenai kanal Kita. Dalam gambaran ini kita dapat memberikan arah pengerjaan kanal atau keterangan mengenai topik video yang banyak diangkat. Di dalamnya kita dapat juga memberikan tambahan beberapa kata yang berbentuk LSI atau turunan dari kata kunci (keyword) yang kita incar. Kita dapat memakai tools gratis seperti LSIgraph.com atau yang lain.

4. Buat Custom Thumbnails

Thumbnails dari video yang kita bikin kenyataannya memberikan dampak yang besar sekali pada perubahan dari video itu, walau tidak dengan cara langsung memengaruhi rangking Youtube, paling tidak ini benar-benar punya pengaruh pada pemirsa kita . Semakin lebih baik bila kita membuat custom Thumbnails.

Yang butuh dilihat, bikinlah custom Thumbnails yang dapat menarik keingintahuan pemirsa untuk buka video Kita. Tetapi jangan pernah memakai custom thumbnails yang menjebak, dengan gambar yang sebetulnya tidak ada hubungan benar-benar dengan isi video kita. (ditambah lagi gambar p0rn* serta sebangsanya), Ini malah akan jadi memperburuk citra kita di mata pemirsa.

Berikut ini contoh Thumbnails dari kanal vlogger Indonesia Edho Zell. Tidak hanya kreatif, thumbnails imut ini benar-benar menarik serta menyebabkan click tentu saja.

5. Buat Satu Playlist

Playlist adalah daftar beberapa video dengan topik yang sama. Serta nyatanya feature ini memberi unsur SEO yang cukup kental serta tentunya dapat kita gunakan.

Simak Juga>>  7 Langkah Jadi Youtuber yang Sukses Mulai Dari 0 Subscriber, Hasilkan Uang Cuma dari Youtube

Langkah yang termudah yaitu membuat playlist dengan judul kata kunci (keyword) yang sedang kita incar. Kemudian, kita dapat masukkan beberapa video yang kita punya.

Bonus Panduan: kita dapat imbuhkan beberapa video dari kanal lain yang memiliki topik semacam serta video itu cukup sudah popular.

Otomatis, playlist ini akan membuat video kita ada dalam daftar “related video” dari video popular yang kita masukan dalam playlist itu. Dan bukan mustahil playlist itu akan ada di hasil penelusuran Youtube, yang berarti kita akan mendapatkan penambahan views. Legit!

Pada step ini, ada banyak hal yang butuh kita lihat yaitu mencakup nama file, judul, gambaran dan tags dari video yang kita unggah.

Yang pertama mengenai nama, yakinkan nama file video yang kita unggah memiliki kandungan kata kunci (keyword) yang sedang kita bidik. Seumpama bila kita membidik kata kunci (keyword) “weight loss tips” kita dapat tuliskan nama file weight_loss_tips_video.mp4 atau mungkin dengan ekstensi video lain.

Selanjutnya yang ke-2, judul video. Banyak informasi yang bersebaran, menyebutkan jika judul video harus diawali dengan kata kunci (keyword) yang kita incar. Tetapi kadang, kadang-kadang kata kunci (keyword) itu di rasa kurang cocok bila dituliskan pada awal judul video.

Diluar itu, dari penilaian aku di sejumlah hasil penelusuran kata kunci (keyword) Youtube, banyak pula video yang masuk barisan halaman pertama, kenyataannya tidak tuliskan kata kunci (keyword) diawalnya judul videonya.

Oleh karenanya, kemungkinan yang paling baik ialah untuk masih masukkan kata kunci (keyword) dalam judul video, paling tidak dibagian awal jangan begitu dibagian akhir.

Selanjutnya tentang gambaran video, disini sebetulnya sisi yang sangat penting. Sebab gambaran video, adalah sisi dari video kita yang dapat “dibaca” oleh skema Youtube. Oleh karenanya bila kita, ingin memperoleh tempat pertama pada hasil penelusuran Youtube, usahakan untuk menulis gambaran yang bukan sekedar panjang kita komplet.

Dengan komplet, di bawah ini template dari gambaran video Youtube yang dapat Kita pakai:

Serta yang paling akhir ialah tags. Ini jadi sisi yang penting sebab tags adalah info dari video yang memastikan bagaimana Youtube menempatkan video Kita.

Bonus Panduan: Satu panduan kecil yang mungkin sedikit didapati, kita dapat manfaatkan service dari ekstensi VidIQ. Buat yang belum mengetahui dapat memerhatikan video di bawah ini (https://www.youtube.com/watch?v=0Jir6dAkff0) , pada umumnya VidIQ bisa menolong kita tahu info berkaitan satu video dan tags yang dipakai oleh video yang sudah kuasai halaman pertama untuk hasil penelusuran kata kunci (keyword) tersendiri.

Nanti kita tinggal menjiplak tags-tags itu untuk selanjutnya dimasukkan pada video kita. Plus, satu panduan , masukan nama kanal dari video popular yang ada di posisi atas itu. Manfaatnya ialah, supaya kita masuk pada pendapat video berkaitan dari video popular itu.

Sesudah mengaplikasikan seperangkat panduan yang sudah diulas di atas, selanjutnya kita langsung bisa mempromokan video untuk memperoleh views tentu saja. Dalam soal ini, kembali lagi yang ditegaskan ialah bagaimana membuat video dan kanal Youtube lewat cara 100% white hat alias sah.

Tidak dianjurkan untuk beli layanan views atau memakai beberapa cara yang terhitung black atau gray hat.

Yang pertama lewat komunitas atau sosial media

Tidak ada tempat yang lebih baik dibanding komunitas online, untuk mengenalkan video yang sudah kita bikin. Sederhananya ialah komunitas online berisi beberapa orang yang mempunyai minat yang sama pada suatu topik atau bagian tersendiri.

Bila kita memiliki satu video yang sesuai topik itu, serta memang berguna, tentu saja beberapa pemakai komunitas itu akan suka untuk lihat video Kita. Tidak itu saja, kita dapat juga membuat nama baik di mata netizen.

Diluar itu kita dapat juga memakai situs bertanya jawab seperti Yahoo Answer atau yang lebih baik ialah Quora, sebab Quora semakin banyak berisi pertanyaan serta jawabannya dapat dipercaya.

Kita dapat masukkan video kita pada jawaban dari satu pertanyaan yang terkait dengan kata kunci (keyword) yang kita incar. Atau lebih baik , bila kita langsung bisa meng-embed video itu pada jawaban kita.

Alternatif lain, kita dapat masukkan link video pada posting website pribadi kita dan e-mail signature. Be creative.

Serta yang paling manjur untuk promo video, pasti lewat situs sosial media, dapat Facebook, Twitter, Instagram, atau sosial media yang lain. Triknya juga pasti benar-benar gampang, kita dapat mempromokan langsung pada account pribadi kita, atau pada group dan halaman tersendiri, yang tentu saja masih terkait dengan topik video kita. Ingat, jangan nyepam eketawer.

Loading...