10 Spot Foto Instagramable di Kota Lama Semarang

8
10 Spot Foto Terbaik di Kota Lama Semarang 10 Spot Foto Instagramable di Kota Lama Semarang
gambar dengan instagram.com/ida_cumi

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.22, Tj. Mas, Kota Semarang Utara, Jawa Tengah 50174
Map: Klik disini
HTM: Bebas
Buka dan tutup: 24 jam
Telepon:

Karena sudah lama Belanda menjajah Indonesia, ada banyak peninggalan bersejarah yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, termasuk Semarang.

Ada sebuah daerah di kota Semarang yang dijuluki Little Netherland. Daerah itu disebut Kota Tua karena bangunan-bangunan di daerah itu bergaya lama.

1564911004 602 10 Spot Foto Terbaik di Kota Lama Semarang 10 Spot Foto Instagramable di Kota Lama Semarang
foto oleh instagram.com/ticka_pizzela

Kota Tua Semarang menawarkan bangunan bergaya arsitektur Eropa yang indah di tahun 1700-an. Bangunan-bangunan itu adalah saksi bisu sejarah kolonial Belanda.

Ada kanal air yang dibangun oleh pemerintah kolonial di sekitar kota tua. Gaya arsitektur inilah yang menjadikan Kota Tua Semarang seperti miniatur tempo Belanda.

Kota Tua Semarang adalah daerah yang terdiri dari beberapa bangunan yang dulunya merupakan pusat ekonomi kota Semarang.

Bangunan-bangunan ini sekarang menjadi daerah wisata. Ada bangunan yang berubah menjadi warung kopi, bank, restoran, museum 3D, dan lainnya.

simak  juga: 10 Tempat Sewa Elf di Semarang, Bisa juga Pakai Supir

Wisata Kota Tua Semarang adalah saksi sejarah masa lalu yang dijaga dengan baik hingga sekarang. Kondisi daerah ini pada malam hari cukup ramai terutama pada hari Sabtu dan Minggu karena acara sering diadakan di sini.

Di kompleks ini ada juga restoran terkenal ibc atau ikan bakar cianjur yang pastinya lezat.

Di sini ada beberapa informasi terkait dengan pariwisata Kota Tua secara terperinci termasuk lokasi, peta, alamat, foto, gambar, museum, lokasi, festival, hotel terdekat yang cukup terjangkau di Semarang, Jawa Tengah, restoran, lokasi prewedding, bangunan marba, dan berapa tiket masuk.

Dekat dengan Kota Tua dulu terkenal dengan pekerja seks, tetapi pada 2019 banyak dari mereka yang terkena operasi. Apakah tempat ini berhantu atau tidak, tempat foto terbaru, dan museum seni 3D terletak di sebelah tempat detailnya akan dijelaskan.

1564911004 508 10 Spot Foto Terbaik di Kota Lama Semarang 10 Spot Foto Instagramable di Kota Lama Semarang
Tempat Menarik, Foto: klikhotel.com

Suasana masa lalu yang kental membuat wisatawan berbondong-bondong datang ke sini. Jika Anda tidak tahu dan merasa sulit menemukannya, Anda dapat menggunakan Google Maps.

Di mana tempat makan murah, misalnya, adalah angkringan di sekitar Kota Lama? Banyak sekali angkringan di sekitar Jembatan Mberok atau Pasar Johar.

Anda juga dapat mengetahui gaya arsitektur, beberapa artikel, agenda acara rutin, arahan, arsitek, tempat biliar di dekatnya, cara mengambil brt di sini, bangunan, bus yang melintasi arah ini, informasi benteng, berita, dan tempat biliar.

1564911004 273 10 Spot Foto Terbaik di Kota Lama Semarang 10 Spot Foto Instagramable di Kota Lama Semarang
Destinasi Wisata Top, gambar oleh instagram.com/gabramikael

Meskipun area ini terkenal, Anda tidak perlu khawatir karena ada pos polisi dan rumah kos di dekat kompleks Kota Tua.

Ada juga informasi tentang kastil yang runtuh, batas-batas, kafe retro retro, acara kompetisi spiegel, misteri mistik di belakang cerita, cara untuk pergi dari stasiun tawang yang sebagian sedang direnovasi ke tempat bekas benteng berada dan fakta yang berhubungan dengan fotografi.

Keindahan Kota Tua Semarang

Kota Lama adalah salah satu tempat berburu foto terbaik di kota Semarang. Lokasinya yang strategis membuat tempat ini selalu ramai.

Kebanyakan orang yang datang ke sini adalah anak muda yang mencari tempat foto terbaik untuk diposkan di media sosial mereka. Itu sebabnya akan kurang seperti mengunjungi Semarang tanpa mampir ke Kota Tua.

Di kawasan kota tua ada banyak ikon terkenal kota Semarang seperti Gereja Blenduk, pabrik rokok, stasiun, dll yang memiliki gaya Eropa yang khas di masa lalu.

Saat lelah berkeliling atau berburu foto ada beberapa kafe dan restoran untuk mengurangi rasa lapar. Ada juga taman di sebelah area Gereja Blenduk yang menjadi tempat nongkrong para wisatawan sambil menikmati suasana seperti di Eropa abad ke-17.

1564911005 336 10 Spot Foto Terbaik di Kota Lama Semarang 10 Spot Foto Instagramable di Kota Lama Semaranggambar oleh instagram.com/gallery.alv

Jika Anda ingin pergi ke Kota Lama Semarang, Anda tidak perlu khawatir karena lokasi yang strategis dapat dicapai dari segala arah. Bagi yang datang dari kota Demak, Anda dapat melewati jalur terminal Terboyo hingga Jl. Raden Patah, Kota Tua.

Simak Juga>>  Destinasi Wisata Pantai Kartini di Jepara yang Indah

Jarak tempuh membutuhkan waktu sekitar 60 menit. Bagi mereka yang datang dari arah Ungaran, pilih jalan ke Banyumanik Peterongan kemudian Jl. MT Haryono terus lurus hingga Bubara Bundara. Di bundaran ini, Anda memilih Jl. Cendrawasih, Kota Tua Semarang. Jarak yang ditempuh sekitar 50 menit.

Bagi wisatawan yang datang dari barat seperti Kendal dll., Pilih rute ke Mangkang lalu lurus sampai Bundaran Kali Banteng.

Dari sini, Anda memilih jalan yang mengarah ke kota Semarang lalu memasuki Bundaran Tugu Muda langsung sampai Anda bertemu Lawang Sewu, lalu terus ke Jl. Pemuda ke Pasar Johar Semarang.

Pilih jalur kiri karena itu jalan satu arah jadi jangan salah belok dan langsung belok sampai Anda bertemu di kawasan Kota Tua. Jarak tempuh yang dibutuhkan sekitar 45 menit.

Karena lokasi Kota Tua termasuk berada di pusat kota Semarang, Anda akan menjumpai sejumlah lampu lalu lintas dan jalur satu arah yang banyak diterapkan di jalan-jalan Semarang untuk mengatasi lalu lintas sehingga cukup untuk melatih kesabaran.

Sejarah Kota Tua Semarang, Jawa Tengah

Kota Tua Semarang dibangun pada masa kolonial Belanda. Pada 15 Januari 1678 terjadi pemberontakan Trunojoyo dan Belanda memberikan kontribusi besar kepada Mataram karena mereka berhasil menggagalkannya.

Mataram menghargai layanan tersebut dengan menyerahkan Pantai Utara Jawa ke VOC. VOC membangun kota Semarang dan memulainya dengan membangun benteng Vijfhoek.

Benteng ini awalnya berfungsi sebagai rumah bagi orang-orang Belanda. Karena meningkatnya populasi Belanda akhirnya VOC memutuskan untuk membangun kantor juga. Kantor itu dulu ditempatkan di sebelah timur benteng Vijfhoek.

1564911005 261 10 Spot Foto Terbaik di Kota Lama Semarang 10 Spot Foto Instagramable di Kota Lama Semarang
Mampir di Galeri Seni Semarang, Foto: tribunnews.com

Benteng ini berfungsi sebagai pusat kegiatan militer. Bentuk benteng adalah pentagon. Benteng ini memiliki satu gerbang ke selatan dan 5 menara pengawas.

Menara ini memiliki nama sendiri seperti Amsterdam, Raamsdonk, Zeeland, Utrecht, dan Bunschoten. Pada 1731, pemerintah kolonial Belanda memindahkan penduduk Cina yang menetap di daerah sebelah kompleks perumahan Belanda.

Ini dilakukan untuk mempermudah pengawasan pemerintah kolonial terhadap warga Tiongkok. Benteng ini tidak hanya sebagai pusat untuk semua kegiatan militer tetapi juga berfungsi sebagai situs pengawasan untuk semua kegiatan warga Tiongkok.

Semua berjalan dengan baik sampai akhirnya ada acara besar & # 39; Nyanyian China & # 39; pada 1740-1743. Acara ini membuat kekuatan VOC di wilayah tersebut.

Setelah berhasil mengalahkan perlawanan, pemerintah kolonial Belanda segera membuat benteng atau benteng. Benteng dibangun di sekitar area Kota Tua.

Namun, pada tahun 1824, benteng dibongkar kembali oleh Belanda karena dianggap tidak sesuai dengan perkembangan di wilayah tersebut.

1564911005 67 10 Spot Foto Terbaik di Kota Lama Semarang 10 Spot Foto Instagramable di Kota Lama Semarang
Taman Gunting Sri di Tengah Wilayah Kota Tua, Foto: kompas.com

Pemerintah kolonial Belanda membuat nama jalan di daerah Kota Tua Semarang untuk memperingati pembangunan benteng.

Ada Westerwaalstraat, Zuiderwalstraat, Oosterwalstraat dan Noorderwalstaat (Wall Street Barat, Wall Street Selatan, Wall Street Timur, Wall Street Utara).

Sekarang nama-nama jalan ini telah berubah menjadi Jalan Mpu Tantular, Jalan Kepodang, Jalan Cendrawasih, dan Jalan Merak.

Saat itu sekitar abad 19-20, Kota Tua Semarang adalah pusat perdagangan. Untuk melindungi orang-orang dan daerah mereka, itulah sebabnya VOC membangun benteng Vijhoek.

VOC juga membuat jalan penghubung dari 3 gerbang Vijhoek untuk mempercepat jalur transportasi di daerah tersebut.

Jalan utama dinamai Heeren Straat yang sekarang Jalan Let Jen Soeprapto. Peninggalan pintu benteng yang tersisa yang masih ada sampai sekarang adalah Jembatan Berok yang dulu bernama De Zuider Por.

Dulunya daerah Kota Tua dinamai Outstadt dengan luas 31 hektar. Dari tampilan geografis, kawasan Kota Tua terlihat terpisah dari daerah sekitarnya.

Itulah alasan di balik nama panggilan ‘Little Netherland’. Daerah ini adalah saksi sejarah zaman kolonial Belanda yang memerintah selama lebih dari dua abad dan lokasinya berbatasan langsung dengan pusat ekonomi.

Di sini ada sekitar 50 bangunan vintage yang masih berdiri tegak dengan arsitektur khas Eropa. Dilihat dari bentuknya, ornamen dan detail bangunannya terlihat sangat kental bernuansa Eropa sekitar abad ke-17.

Ini bisa dilihat dari penempatan kaca berwarna, bentuk atap yang unik, bangunan bawah tanah, ukuran jendela dan pintu.

1564911005 629 10 Spot Foto Terbaik di Kota Lama Semarang 10 Spot Foto Instagramable di Kota Lama Semarang
Menavigasi Kota Tua Semarang, foto oleh instagram.com/4r1f_r

Segala sesuatu tentang Kota Tua Semarang

Di salah satu kawasan Kota Tua Semarang ada beberapa tempat yang juga menarik untuk dikunjungi.

Sebuah. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk adalah salah satu saksi sejarah di masa lalu yang menyimpan banyak kenangan. Ini adalah tujuan wajib bagi para pelancong yang datang ke Kota Tua sebagai latar belakang untuk mengambil gambar.

Simak Juga>>  Gumuk Pasir Parangkusumo, Destinasi Wisata Hits di Jogja Wisata ala Timur Tengah

Para pengunjung mengambil foto menggunakan Gereja Blenduk sebagai latar belakang. Gereja yang satu ini memiliki bentuk yang unik. Keunikan dapat dilihat dari bentuk kubah yang berbentuk & # 39; seperti kubah masjid.

1564911005 866 10 Spot Foto Terbaik di Kota Lama Semarang 10 Spot Foto Instagramable di Kota Lama Semarang
Gereja Blenduk di Kota Lama, Foto: initempatwisata.com

Nama asli gereja ini sebenarnya Nederlandsch Indische Kerk dan masih digunakan sebagai tempat ibadah hingga hari ini.

Mengapa ini disebut & # 39; Gereja Blenduk & # 39; karena sulit bagi orang Jawa untuk mengatakan nama asli mereka sehingga mereka dinamai kubah untuk membuatnya lebih mudah diingat dan diucapkan.

Keunikan lain dari gereja ini adalah warna kubah yang berwarna merah bata & # 39; dan memiliki 2 menara di depan pemasangan kubah. Tidak hanya nama Gereja Blenduk diubah, jembatan Mberok juga bukan lagi nama aslinya.

Dahulu jembatan ini bisa dibuka dan ditutup karena berfungsi sebagai penghubung dari laut ke Johar. Di seberang jalan ada gedung asuransi yang dikenal oleh penduduk setempat sebagai Gedung Jiwasraya.

Tidak jauh dari kompleks Gereja Blenduk ada restoran ikan bakar Cianjur. Ada juga Gedung Marabunta yang memiliki patung semut raksasa di atasnya.

Dahulu kala gedung ini dulunya tempat untuk spionase. Tindakan itu diatur oleh mata-mata yang cantik bernama Sun.

b. Pawang Air Polder

Tujuan menarik lainnya adalah Polder Air Tawang. Ini adalah kolam besar di depan stasiun Tawang dan memiliki banyak fungsi. Ada trotoar yang mengelilingi kolam dan banyak bangku disediakan.

Warga sekitar sering menghabiskan waktu di sini sambil menonton orang yang lewat atau hanya beristirahat sejenak. Kolam ini digunakan sebagai tempat untuk menjaga luapan air yang datang dari luar daerah.

Kolam ini juga memiliki fungsi sebagai pengendali level air atau antisipasi jika ada banjir di kawasan Kota Tua.

c. Stasiun Tawang

Stasiun Tawang adalah stasiun yang sangat tua seperti Stasiun Kota di Kota Tua Jakarta. Stasiun Tawang adalah stasiun utama di kota Semarang dengan gaya arsitektur khas Belanda.

Pasalnya, bangunan stasiun ini sudah ada sejak masa kolonial Belanda di Semarang. Sebelumnya, bangunan stasiun dibuat oleh Nederlandsche Indische Spoorweg Maatschsrij selama kurang lebih 4 tahun, dari 16 Juni 1864 hingga 10 Februari 1870.

Belum ada banyak perubahan dari stasiun ini sejak pertama kali didirikan. Stasiun Tawang adalah salah satu stasiun tertua di seluruh Indonesia.

d. Pabrik Rokok Praoe Lajar

Tempat menarik lainnya adalah & # 39; Praoe Lajar & # 39; pabrik rokok. Bagaimana mungkin pabrik rokok memiliki daya pikat bagi wisatawan yang berkunjung. Ini karena Pabrik Rokok Praoe Lajar sudah ada sejak zaman Belanda.

Pabrik rokok indie yang masih berdiri hingga hari ini adalah pencapaian terpisah di tengah ketatnya persaingan di industri rokok. Pabrik Rokok Praoe Lajar masih ada sampai sekarang walaupun Anda belum pernah merasakan bahwa iklan tersebut ada di televisi.

Pabrik Rokok Praoe Lajar terletak di Jalan Merak No.15 Tanjungmas dan masih berada di kompleks Kota Tua. Distribusi rokok memang memilih pasar menengah ke bawah.

Sesuai namanya, rokok ini memiliki julukan para nelayan karena tidak jauh dari sini terdapat juga desa nelayan. Bentuk bangunan bergaya Belanda kuno dan unik ini menjadikannya tujuan wajib saat berada di Kota Tua Semarang.

e. Persimpangan di Tengah Kota Tua

Persimpangan di tengah Kota Tua juga merupakan tempat pengambilan foto terbaik di kawasan Kota Tua. Lokasi ini tepatnya di persimpangan antara Jl. Garuda, JL. Jenderal Soeprapto, dan Jl. Glatik.

1564911006 548 10 Spot Foto Terbaik di Kota Lama Semarang 10 Spot Foto Instagramable di Kota Lama Semarang
Cafe Tempo Pertama, Foto: kompas.com

Ada bangunan tua yang tidak terawat tetapi justru inilah yang membuatnya menarik karena sangat kuno dan alami. Banyak orang melakukan sesi foto prewed di sini dan juga wilayah Kota Tua lainnya.

Ada beberapa becak yang nongkrong di daerah ini sehingga menambah ornamen fotografi tema vintage alami.

Ketika Anda datang ke sini, pasti akan ada banyak pengunjung memegang kamera profesional atau hanya menggunakan kamera ponsel yang sedang berburu foto keren, terutama di akhir pekan.

Loading...