Tips

Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang, Hanya Bermodal HP

21

Cara Menjadi youtuber di HP semakin banyak dipelajari saat ini. Youtuber adalah seseorang yang memiliki channel atau saluran di youtube dan mengisinya dengan berbagai macam video seperti vlog, tutorial dan lain sebagainya.

Profesi youtuber mulai diminati karena dinilai bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan. Banyak youtuber terkenal di Indonesia yang memiliki nilai pendapatan fantastis dari youtube seperti Atta Halilintar dan Ria Ricis. Mereka bahkan menjadikan youtuber sebagai profesi utamanya.

menjadi youtuber Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang, Hanya Bermodal HP
Cara Menjadi Youtuber Sukses dan menghasilkan uang, foto: youtube.com

Cara Menjadi Youtuber Pemula Hanya Modal HP

Kamu ingin mengikuti jejak para youtuber di atas namun tidak memiliki peralatan membuat video yang lengkap? Jangan minder. Bahkan, dengan sebuah HP saja, kamu bisa menjadi seorang youtuber dan mengalirkan pundi-pundi rupiah ke dalam rekening. Berikut ini adalah beberapa cara menjadi youtuber pemula modal HP yang bisa dipelajari dengan mudah dan bisa segera diaplikasikan, yaitu :

#1. Ide Original dan Menarik

Cara menjadi youtuber yang menghasilkan uang modal HP ialah harus kreatif. Jika memiliki kekurangan dalam peralatan untuk menghasilkan video berkualitas, maka kamu harus memiliki kelebihan dalam menciptakan ide dan konten original dan menarik. Sering-seringlah untuk melakukan riset dan penelitian agar bisa mendapatkan ide lebih cemerlang.

Ide atau gagasan merupakan hal paling penting untuk kamu miliki. Meskipun banyak di luar sana youtuber yang dibekali peralatan dan perlengkapan canggih, namun belum tentu mereka bisa menciptakan sesuatu yang kreatif. Di sinilah letak kekuatanmu.

#2. Selalu Memonitor Tren Terkini

Pastikan kamu selalu mengikuti perkembangan yang ada di sekitar. Semua tren dan ide-ide terkini yang muncul dari youtuber lainnya bisa dijadikan masukan atau mencetuskan ide tersendiri. Namun, tidak disarankan untuk menjadi pengikut tren karena hanya akan membuat channel kamu sama dengan channel lainnya.

Kamu boleh membuat konten dengan materi yang sama, akan tetapi lebih bagus jika bisa mengolahnya dengan wadah yang sedikit berbeda atau menggunakan sudut pandang lain. Dengan demikian, kamu tetap bisa mengikuti tren yang sedang booming atau populer sekaligus tetap bisa membuat konten menarik dan unik.

#3. Ciptakan Konten Bermanfaat

Banyak sekali youtuber yang bertebaran namun tidak semua benar-benar memiliki channel bermanfaat. Jika ingin channel kamu disukai dalam waktu lama, buatlah channel dengan konten berisi, berilmu dan memberikan pengetahuan baik. Channel seperti ini akan bertahan lebih lama karena materinya bermanfaat.

simak juga: Fitur Baru Youtube Ini Bisa Menaikan Pendapatan Youtuber, Lho!

Sebuah channel yang hanya mengejar keuntungan sesaat semata akan tampil asal-asalan dan tidak dikoordinir dengan baik. Mereka hanya mengikuti apa yang sedang ramai ditonton oleh masyarakat. Bahkan, jika yang sedang ramai adalah konten-konten sepele, bukan tidak mungkin mereka akan tetap menirunya. Yang ada di benak youtuber ini hanyalah bagaimana agar videonya ditonton oleh orang banyak meskipun tidak memberikan manfaat.

#4. Unggah Video dengan Konsisten

Menginginkan sebuah keberhasilan harus diimbangi dengan usaha yang dilakukan sepenuh jiwa raga. Jika kamu ingin channel youtube memiliki banyak subscriber, jangan henti-henti untuk membuat konten baru dan kreatif. Buatlah jadwal rutin untuk mengunggah sebuah video baru. Kamu bisa membuatnya seminggu sekali, sebulan sekali atau dua minggu sekali. Jika rutin melakukan update konten, channel youtube akan mendapatkan perhatian.

#5. Buatlah Tampilan Channel Lebih Profesional

Cara jadi youtuber pemula modal HP agar sukses mendapatkan uang adalah dengan membuat tampilan channel menjadi lebih profesional, berkelas dan berkualitas. Kamu bisa melakukan pengeditan dari HP secara langsung. Salah satu caranya adalah dengan membuat tampilan profil lebih menarik dan unik. Profil yang profesional akan membuat orang percaya bahwa youtubernya benar-benar berkualitas dan video yang dihasilkannya juga tidak main-main.

#6. Tingkatkan Kualitas Video

Meskipun hanya dengan bermodalkan HP, kamu bisa melakukan proses editing video. Sekarang ini, banyak sekali aplikasi gratis yang tersedia untuk mengedit foto atau video. Kamu tinggal mengunduhnya saja dari google play. Perkuat kemampuanmu dalam hal mengedit video. Meskipun hanya menggunakan kamera HP dengan fiturnya terbatas, sebuah video sederhana dengan editor handal bisa menjadi video bernilai tinggi.

Jika merasa kesulitan melakukan editing menggunakan HP, kamu juga bisa menggunakan laptop untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh kualitas video lebih baik. Hal ini harus benar-benar kamu terapkan karena kualitas video menjadi penentu lama atau tidaknya seorang penonton mau melihat video yang diupload. Semakin bagus kualitas videonya, semakin senang penonton berlama-lama menontonnya.

#7. Sering Berbagi ke Media Sosial Lain

Jangan bosan-bosan untuk berbagi atau mempromosikan channel youtube di media sosial lainnya. Cara menjadi youtuber cuma modal HP Android tidak membatasi kamu dalam melakukan pelebaran sayap marketing. Semakin sering mempromosikan channel Youtube, semakin besar kemungkinan teman-teman kamu di sosial media melihatnya dan kemudian mengunjunginya.

simak juga gaess, 5 Youtuber Paling Kaya di Indonesia, salah satunya masih anak-anak

Jangan malu untuk melakukan promosi. Ingatlah bahwa tujuan kamu adalah menghasilkan uang. Selama video tersebut memiliki konten baik dan tidak melanggar peraturan, kamu harus bangga dan tidak pernah lelah untuk berpromosi. Kamu harus bisa membuat bahasa iklan yang menarik hingga membuat orang menjadi penasaran.

#8. Kuasai Teknik Meningkatkan Jumlah Penonton

Cara menjadi youtuber dengan hanya modal HP selanjutnya adalah kamu harus menguasai teknik untuk membuat video yang bisa muncul pada halaman awal pencarian. Jika seseorang mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan konten kamu, maka video kamu akan menjawabnya dengan cara muncul di halaman utama. Tidak mudah juga untuk melakukan hal ini. Kamu harus mempelajari lebih banyak lagi ilmu dan tata cara melakukannya.

#9. Ajak Penonton untuk Share Channel Milikmu

Selain melakukan promosi di semua akun media sosial, cara menjadi youtuber di HP adalah dengan meminta penonton, teman, saudara atau keluarga untuk turut serta menyukseskan channel YouTube kamu. Caranya adalah dengan membantu, merekomendasikan dan membagikan video kamu pada kawan-kawan mereka yang lainnya. Semakin banyak orang yang membantu membagikan, semakin banyak pula kesempatan video kamu untuk ditonton.

#10. Terus Semangat dan Jangan Putus Asa

Sekarang ini, banyak sekali youtuber baru yang bermunculan. Karenanya, banyak youtuber yang mengusung tema atau ide serupa bahkan sama persis. Selain banyaknya persaingan di antara para youtuber, ketentuan atau peraturan terbaru dari Youtube tampaknya juga cukup menjadi tantangan yang besar. Kamu harus memenuhi target yang diminta oleh youtube seperti jumlah penonton dan lama video ditonton untuk bisa menghasilkan uang darinya.

Menjadi seorang youtuber tidak lagi mudah. Namun, kamu tidak perlu patah semangat. Cara menjadi youtuber di HP agar berpenghasilan banyak uang adalah dengan tidak mudah patah semangat. Bertahanlah dan terus hasilkan kreativitas baru untuk channel youtube.

Itulah beberapa pedoman dan cara menjadi youtuber di HP yang bisa diikuti. Jika mau menjalani setiap poinnya, pasti channel kamu akan menjadi terkenal dan tentunya akan mengalirkan nilai-nilai rupiah ke rekening tabungan. Jadi, jangan ragu karena keterbatasan alat ya, tetap berkreasi dengan semua kreativitas dan ide segar.

Originally posted 2019-08-02 10:51:04.

Loading...